Have an account?

YAP'S..............WELLCOME DUD...

Haiii... selamat datang di mp3abis, blog musik paling komplit... for now....hahaha, di sini anda bisa mencari informasi, download lagu, lirik lagu, cari alamat kursus musik, profil Artis, cari event, bahkan bisnis jual beli, cari sepatu, kaos, baju muslim, semuanya ada, bahkan bagi kamu yang ingin numpang mejeng atau pamer bakat bisa kamu lakukan di mp3abis, atau kamu mau beriklan it's OK, kami sudah sedikan halaman iklan baris gratis khusus buat anda, kirimkan saja data-data anda ke e-mail : mjafly@yahoo.com. atau bisa confirmasi melalui YM di pingbox yang kami sediakan, ok... selamat menikmati...

saran dan kritik akan kami terima selama demi kemajuan bersama....

mp3abis.... Ekpresikan Harimu....!!!!!! :))

GUDANG TIPS-TRIK n Info Blog

Pecas Ndahe Juni 8, 2006

Posted by blogindonesia in humor, ideas, life.
12 comments
pecas1.jpg
Tagline: tentang dunia yang makin tua dan hidup yang penuh kejutan
Blogger: Pecas Ndahe (bukan nama asli)
Alamat: http://pecasndahe.blogdrive.com
Bahasa: Indonesia
Peranti: Blog Drive
Inilah salah satu blog paling lucu yang pernah saya ketahui. Hebatnya lagi, dia berusaha untuk terus menggali topik yang aktual sembari memberi sentuhan pecas ndahenya yang ciamik. Dilengkapi dengan foto-foto pendukung yang tak kalah menariknya.

#!/Dudi/Gurnadi Juni 8, 2006

Posted by blogindonesia in blogging, computer, technology.
3 comments
dudi.jpg
Tagline: Imagination is more important than knowledge
Blogger: Dudi Gurnadi
Alamat: http://dgk.or.id
Bahasa: Indonesia
Peranti: WordPress
Posting-postingnya menunjukkan pemilik blog ini memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai dalam teknologi informasi. Sebagian besar ditulis secara teknis tapi ringkas dan padat sehingga tetap mudah dipahami oleh pembacanya.

Boy Avianto Juni 8, 2006

Posted by blogindonesia in architecture, design, personal.
add a comment
avi.jpg
Tagline: Information architect, experience design consultant, lecturer and web standards evangelist
Blogger: Boy Avianto
Alamat: http://avianto.com
Bahasa: Inggris
Peranti: -
Blog khusus mengenai arsitektur dan desain, ditulis dengan renyah dan menarik. Penting bagi pembaca blog yang ingin mencari informasi-informasi menarik mengenai dunia arsitektur. Desain dengan latar belakang warna hitamnya terlihat sangat elegan — "cita rasa" seseorang yang menekuni dunia arsitek.

[theGadget!] Juni 8, 2006

Posted by blogindonesia in blogging, computer, gadget, game, news, technology, writing.
1 comment so far
thegadget.jpg
Tagline: Percakapan dengan Masa Depan
Blogger: Budi Putra
Alamat: http://thegadget.wordpress.com
Bahasa: Indonesia
Peranti: WordPress
Blog teknologi informasi yang menyajikan beragam entry yang khas dan menarik. Pemilik Pemilik blog ini juga seorang wartawan di sebuah media nasional di Jakarta, jadi tidak heran beberapa postingnya ditulis dengan gaya berita atau reportase. Arsipnya lumayan banyak.

Didats Triadi’s Weblog Juni 8, 2006

Posted by blogindonesia in design, general, hobby, personal, work.
2 comments
didats.jpg
Tagline: Different Class, Different Version
Blogger: Didats Triadi
Alamat: http://didats.net
Bahasa: Indonesia
Peranti: _
Blog yang menawarkan sajian khusus: beragam template blog yang didesain sendiri oleh si pemilik blog ini. Selain tawaran template gratis, blog ini juga menulis berbagai topik yang gaya penuturan yang ringan. Desainnya memang enak dipandang (dan didownload...).

#direktif Juni 8, 2006

Posted by blogindonesia in editorial, reviews, technology.
add a comment
direktif.jpg
Tagline: blog — ti — organisasi kecil — pemakai di rumah
Blogger: Ikhlasul Amal
Alamat: http://direktif.web.id
Bahasa: Indonesia
Peranti: WordPress, Movable Type
Posting-posting tentang Teknologi Informasi di lingkungan pemakai di organisasi kecil dan di rumah (SOHO). Pemilik blog ini berusaha menulis sisi edukasi dari berbagai fenomena teknologi informasi. Dilengkapi dengan daftar quick-link dengan pilihan-pilihan yang menarik dan unik.

Priyadi’s Place Juni 8, 2006

Posted by blogindonesia in blogging, opensource, reviews, technology.
7 comments
priyadi.jpg
Tagline: Changing the world, one person at a time…
Blogger: Priyadi Iman Nurcahyo
Alamat: http://priyadi.net
Bahasa: Indonesia
Peranti: WordPress
Sebagian besar posting blog ini berkisar soal teknologi informasi. Posting-postingnya ditulis berdasarkan kaidah blogging yang memadai. Sepertinya pemilik blog juga ingin mengkampanyekan gerakan open source.

A. Fatih Syuhud Weblog Juni 8, 2006

Posted by blogindonesia in general, ideas, language, personal, reviews.
2 comments
fatih.jpg
Tagline: -
Blogger: A. Fatih Syuhud
Alamat: http://afsyuhud.blogspot.com/
Bahasa: Inggris
Peranti: Blogger
Blog ini adalah salah satu dari sedikit blog (dari atau karya orang) Indonesia yang disajikan dalam Bahasa Inggris. Menyajikan beragam topik yang pada intinya mencoba menjembatani Indonesia dan blogosfer Indonesia untuk dunia luar. Blog ini juga menampilkan sejumlah kiat-kiat penting dalam mengelola blog dan memiliki daftar cukup lengkap link blog-blog Indonesia.

Direktori Blog Indonesia Juni 8, 2006

Posted by blogindonesia in blogging, editorial, ideas, writing.
5 comments
Blog Direktori Blog Indonesia ini dimaksudkan untuk memuat dan membahas blog-blog Indonesia yang kini sudah semakin marak dan berkembang. Prinsipnya, setiap blog yang tercipta sangat berharga.
Dibantu dengan pemilahan-pemilahan kategori (yang bisa saja fleksibel), mudah-mudahan direktori ini memudahkan siapa pun untuk menikmati blog Indonesia alias blogosfer Indonesia.
Proyek ini sangat ambisius: ingin menampilkan seluruh blog Indonesia terbaik. Kriterianya sangat sederhana: asalkan terus diperbarui, blog manapun akan mendapatkan kesempatan untuk tampil di sini.
Blog-blog yang tampil pada posting perdana ini adalah blog yang saya dapatkan di sejumlah aggregator yang ada. Urutan tampilannya pun secara acak. Dan, tentu saja, masih banyak blog lainnya, yang saat ini sedang saya baca untuk kemudian dibahas dan ditampilkan di direktori ini.
Bagi yang punya blog yang updated, silahkan informasikan ke direktoriblogindonesia [at] yahoo dot com agar segera di-review, dibaca dan dimasukkan ke direktori ini. Kalau bisa mohon diinformasikan juga kategorinya dan peranti lunak yang dipakai (apakah Blogger, WordPress, Blog Drive dan seterusnya — terutama blog yang memiliki domain dan hosting account sendiri).
Ini memang kerja yang tak mudah. Saya akan mencoba benar-benar mengubek-ubek sebuah blog sebelum memutuskan untuk menampilkannya dalam direktori blog terbaik Indonesia ini.
Bagi saya, blog yang selalu diperbarui adalah blog terbaik: karena setiap blog berharga.
Bravo blogosfer Indonesia!

 

 

25 Blog SEO Terbaik

Bila sebelumnya membahasa blog terbaik blogging, daftar blog terbaik kali ini adalah blog yang membahas Search Engine Optimization (SEO).
Seperti diketahui, SEO merupakan salah satu faktor penting dalam mendatangkan pengunjung ke blog. Nah, blog-blog mana saja yang disebut terbaik dari sekian banyak blog SEO itu? Di bawah ini saya senaraikan 25 blog SEO terbaik. Dengan mengetahuinya, Anda bisa mengunjunginya sehingga Anda bisa lebih banyak mengetahui seluk beluk SEO.
Kriteria penilaian didasarkan kepada Google page rank, peringkat Alexa, jumlah pelanggan Blogline, dan autoritas Technorati. Masing-masing faktor bernilai 1-10, di mana 10 merupakan nilai tertinggi. Nah, tanpa harus panjang lebar, di bawah ini tabel 25 blog SEO terbaik. Untuk menghemat ruang, saya membuat singkatan: page rank (PR), bloglines (B’lines), dan technorati (Tc’rati).
Tabel 25 Blog SEO Terbaik
No
Nama Blog
PR
Alexa
B’lines
Tc’rati
Total
1
Search Engine Land
7
10
9
10
36
2
SEOBook
6
10
10
10
36
3
SEO Moz
5
10
10
10
35
4
Matt Cutts
7
10
8
10
35
5
Search Engine Watch
7
10
10
7
34
6
Search Engine Roundtable
7
10
8
8
33
7
Search Engine Journal
7
8
9
8
32
8
Online Marketing Blog
6
7
7
10
30
9
Pronet Advertising
7
7
5
10
29
10
Marketing Pilgrim
7
8
6
8
29
11
SEO Chat
6
10
4
6
26
12
Search Engine Guide
7
8
4
6
25
13
SEO Blackhat
6
8
6
5
25
14
Stuntdubl
6
6
6
6
24
15
Graywolf’s SEO
6
7
4
7
24
16
SEO by the SEA
6
4
5
5
20
17
Link Building Blog
5
5
5
4
19
18
Jim Boykin
5
6
4
4
19
19
SEOpedia
6
5
4
4
19
20
DaveN
6
5
4
4
19
21
Bruce Clay
5
7
3
3
18
22
Blue Hat SEO
4
6
3
4
17
23
Tropical SEO
5
5
3
4
17
24
SEO Refugee
5
6
1
3
15
25
Small Business SEM
5
4
3
3
15
Seperti yang saya sebutkan di atas, silakan Anda kunjungi langsung blog-blog tersebut untuk memperkarya wawasan SEO Anda. Maaf, link-nya tidak tersedia di postingan ini. Anda searching saja melalui google ya :D

Postingan Terkait

 

10 Blog Ngetop untuk Penulis 2009

Saat jalan-jalan ke salah satu blog luar negeri, saya menemukan artikel menarik mengenai 10 blog ngetop untuk penulis yang diumumkan akhir bulan lalu. Di bawah ini saya tampilkan kesepuluh blog tersebut, siapa tahu Anda belum mengetahuinya. Untuk mengetahui mekanisme penilaian dan deskripsi singkat blog-blog tersebut, silakan Anda kunjungi sumber asli tulisan ini yang saya sajikan di akhir postingan ini.
  1. Copyblogger
  2. Men With Pens
  3. Write to Done
  4. Editor Unleashed
  5. Freelance Writing Jobs
  6. Confident Writing
  7. Urban Muse
  8. WordCount
  9. Quips & Tips for Successful Writers
  10. Fuel Your Writing
Sumber tulisan: Top 10 blogs for writers 2009 winners

Postingan Terkait

10 Blogger Teknologi Terbaik di Dunia

Teknologi dalam satu dekade ini berkembang pesat. Berita dan kajian perkembangan ini tentunya menjadi perhatian banyak blogger. Tak heran, blog yang membahas teknologi bagai jamur di musim hujan. Dari sekian banyak blogger teknologi, siapa yang terbaik?
Setelah mencari dari beberapa referensi, saya akhirnya menemukan 10 blogger terbaik dunia di bidang teknologi. Di bawah ini adalah kesepuluh blogger tersebut yang disertai foto dan  profil singkatnya

No

Nama Blogger

Profil Singkat

10
Thomas Ricker
Thomas Ricker
Thomas Ricker berkontribusi besar kepada Engadget.com yang didirikan pada 2004. Kontribusinya ini menjadikan engadget sebagai salah satu blog terbaik dunia yang membahas seluk beluk gadget. Ciri khas blog ini adalah artikelnya ditulis dengan gaya lucu dan kasual, namun tidak menurunkan sisi informatifnya.
9
Om Malik
Om Malik
Om Malik disebut-sebut sebagai simbol impian Amerika modern. Besar di New Delhi dan berimigrasi ke Amerika Serikat pada 1986, Malik dengan cepat menangkap peluang bisnis internet dan pada tahun 1994 membuat beberapa website. Seiring berjalannya waktu, Malik memfokuskan diri pada bidang teknologi. Sekarang ini dia dikenal sebagai pendiri Giga Omni Media dan editor eksekutif di blog GigaOM, yang mengupas seputar Web 2.0. Blog ini dikenal sebagai salah satu blog yang berpengaruh di internet.
8
Eric Savitz
eric savitz
Eric Savitz merupakan editor majalah Barron (yang membahas informasi finansial dan perkembangan pasar) dan dikenal luas secara online dari blognya Tech Trader Daily Blog. Di blognya ini, Savitz membahas seputar teknologi dan investasi.
7
Mark Evans
mark evans
Mark Evans adalah seorang blogger Kanada, pendiri Mark Evans Tech. Selain membahas seputar teknologi di blognya tersebut, ia juga dikenal luas sebagai konsultan marketing, komunikasi, dan media sosial. Sebelumnya Evans selama puluhan tahun bekerja sebagai wartawan teknologi di National Post dan Bloomberg.

6
Kara Swisher
Kara Swisher
Kara Swisher adalah wanita yang melek teknologi. Ia menuliskannya di blognya Boom Town. Sisi menarik blog ini adalah adanya sesi Marketplace dan Wall Street (bursa saham). Sebelum dikenal sebagai blogger, Swisher merupakan wartawan bidang internet di beberapa surat kabar ternama dan berhasil menyelenggarakan beberapa konferensi seputar dunia digital. Ia juga berkali-kali mewawancarai tokoh terkenal seperti Bill Gates dan Steve Jobs.
5
Mike Masnick
mike-masnick
Mike Masnick adalah pendiri Techdirt. Blog ini mulai dikenal tahun 2005 setelah mempublikasikan artikel The Streisand Effect, yaitu istilah baru mengenai penyensoran material online. Seiring berjalannya waktu , blog yang didirikan tahun 1997 ini berkembang pesat dan menerima penghargaan Best of the Web darai Business Week dan Forbes.
4
Hendry Blodget
Henry Blodget
Hendry Blodget adalah editor Silicon Alley Insider, blog yang membahas teknologi dan tren bisnis. Kepopuleran Hendry sekarang ini ditopang oleh keakuratan prediksinya pada tahun 1990-an yang menyatakan bahwa harga saham Amazon akan mencapai US $ 400. Prediksi ini menjadi kenyataan pada tahun 2000.
3
Marshall Kirkpatrick
marshall-kirkpatrick
Marshall Kirkpatrick sebelumnya bekerja sebagai penulis di TechCrunch. Sekarang ini ia adalah wakil direktur bidang pengembangan konten di ReadWriteWeb, blog seputar teknologi yang didirikan tahun 2003. Blog ini masuk 20 blog terbaik dunia dan menjadi blog otoritas di bidang Web 2.0
2
Larry Dignan
Larry Dignan
Dignan sekarang ini adalah editor ZDnet dan TechRepublic. Ia mulai menulis sejak tahun 1995 untuk Wall Street Week dan The New York Times. Sejak membuat ZDnet, ia focus membahas isu-isu teknologi.
1
Michael Arrington
michael arrington
Nomor wahid diduduki oleh Michael Arrington. Dia adalah pendiri TechCrunch, blog yang membahas seputar teknologi dan memiliki lebih dari 3,5 juta RSS Subscriber. Berkat blognya ini, Arington dianugerahi sebagai orang paling berpengaruh di internet oleh Wired dan Forbes.
Di postingan selanjutnya, saya akan mengupas  blogger ngetop dan sukses lainnya. Jika Anda ingin artikel tersebut dikirimkan ke Anda secara otomatis, silakan berlangganan via RSS feed atau via email pada form di bawah ini.

Postingan Terkait

 

5 Blog Blogging Terbaik Indonesia

Selama sebulan ini, saya melakukan riset online tentang blog terbaik di Indonesia yang membahas topik blogging (tips konten, tips trafik, tips monetisasi, dan informasi make money blogging). Dari beberapa blog yang ditelaah, saya akhirnya memilih 5 blog terbaik.
Kriteria penilaiannya berdasarkan page rank, traffic rank Alexa, jumlah pelanggan, dan authority rank Technorati dengan total skor 40. Silakan Anda simak dan kunjungi kelima blog terbaik ini.
No
Nama Blog
PR
Alexa
Pelanggan
Authority
Total Skor
1
3
9
10
1
23
2
3
8
10
1
22
3
5
7
4
2
18
4
4
7
2
1
14
5
3
4
3
1
11
Sistem penilaiannya sebagai berikut:
Skor
PR
Alexa
Pelanggan
Authority
1
1
100rb-90rb
0-500
0-75
2
2
90rb-80rb
500-1000
75-150
3
3
80rb-70rb
1000-1500
150-225
4
4
70rb-60rb
1500-2000
225-300
5
5
60rb-50rb
2000-2500
300-375
6
6
50rb-40rb
2500-3000
375-450
7
7
40rb-30rb
3000-3500
450-525
8
8
30rb-20rb
3500-4000
525-600
9
9
20rb-10rb
4000-4500
600-675
10
10
<10rb
>4500
> 675
Sekadar catatan, authority rank Technorati menggunakan authority baru yang dikeluarkan oleh Technorati mulai 14 Oktober lalu.

Postingan Terkait

10 Blog Terbaik di Indonesia


Wah kali ini saya akan mengungkap 10 blog terbaik di Indonesia.Yang jelas blog ini sudah di seleksi dengan menggunakan parameter dari Google Page Rank, Yahoo Link Count, Bloglines RSS Subscribers, del.icio.us.Social Bookmarks, Technorati Blog Rank, dan Alexa Traffic Rank telah disusun daftar 100 blogger terbaik di Indonesia. Sepuluh blogger yang menempati ranking teratas yaitu :

1. Priyadi (http://priyadi.net/)
2. Cosa Aranda (http://cosaaranda.com/)
3. Blogombal (http://blogombal.org/)
4. Wimar Witoelar (http://www.perspektif.net/)
5. Maseko (http://maseko.com/),
6. Budi Rahardjo (http://rahard.wordpress.com/)
7. Ndoro Kakung (http://ndorokakung.com/)
8. Raditya Dika (http://radityadika.com/)
9. Jakartass (http://jakartass.blogspot.com/)
10. Gerakan Bawah Tanah (http://gbt.blogspot.com/)

MOHON MAAF APABILA TERDAPAT KESALAHAN DALAM PENULISAN NAMA DAN GELAR :D

 

 

 

Maverick Desember 13, 2006

Posted by blogindonesia in PR, communication, corporate blog, media, news, writing.
20 comments
maverick_blogindonesia.gif
Tagline: Clear Thinking Clean Execution
Blogger: Maverick Indonesia
Alamat: http://maverickid.blogspot.com/
Bahasa: Inggris
Peranti: Blogspot
Barangkali ini sebuah contoh blog korporat yang dikelola dengan baik. Maverick, konsultan PR di Jakarta, mencoba mengangkat isu-isu dalam bidang PR, media, komunikasi dalam posting-postingnya. Termasuk juga posting tentang personil-personil yang bergabung dalam perusahaan tersebut. Ini adalah satu dari sedikit corporate blog terbaik yang ada di Indonesia, bahkan termasuk salah satu blog yang patut diperhitungkan di regional Asia.

Kuncoro++ Desember 13, 2006

Posted by blogindonesia in hobby, ideas, people, personal, science.
8 comments
kuncoro_blogindonesia.gif
Tagline: reinventer la vie
Blogger: Kuncoro Wastuwibowo
Alamat: http://kun.co.ro/
Bahasa: Indonesia
Peranti: WordPress
Fokus utama blogger yang berdomisili di Bandung ini — “Lives without soul in Bandung,” begitu katanya — adalah masalah-masalah yang terkait dengan ilmu pengetahuan. Beberapa postingnya menampilkan sejumlah soal yang tak bisa segera dijawab, tapi harus dipikirkan dulu. Menarik sih. Tapi, untuk jedanya, ia juga bercerita soal musik, bahkan kopi kesukaannya. Tampaknya dia penggemar berat kopi. Tipikal blogger yang serius tapi juga bisa santai.

RomiSatriaWahono.Net Desember 13, 2006

Posted by blogindonesia in blogging, computer, ideas, people, personal.
9 comments
romisatriawahono_blogindone.gif
Tagline: -
Blogger: Romi Satria Wahono
Alamat: http://romisatriawahono.net/
Bahasa: Indonesia
Peranti: WordPress
Blogger satu ini punya reputasi akademis yang lumayan lengkap: menyelesaikan S1 dan S2 di bidang computer science di Jepang dan kini sedang menyelesaikan S3-nya di universitas yang sama. Di Indonesia aktif sebagai peneliti pada Pusat Dokumentasi Informasi Ilmiah (PDII), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pengelola situs Ilmukomputer.com — yang baru saja dikonversi menjadi blog — ini pernah dapat penghargaan dari PBB segala. Top banget, kan? Karenanya, tidak salah kalau hampir semua postingnya di blog ini menarik untuk disimak. Oh ya satu lagi, cara dia menguraikan pandangannya, mirip seorang guru yang tekun dan sabar. Jadi, lengkaplah sudah!

Kelinci Putih Juni 22, 2006

Posted by blogindonesia in activism, arts, general, hobby, ideas, music, personal, work.
14 comments
kelinciputih.jpg
Tagline: narsis mode KONSLET
Blogger: Gichie
Alamat: http://kelinciputih.wordpress.com/
Bahasa: Indonesia
Peranti: Word Press
Sebuah tipikal blog anak muda: topiknya beragam, ringan, dan "nyeni". Mulai dari lirik lagu hingga tips-tips kiriman dari rekan-rekannya. Beberapa entrinya unik dan langka. Bahasanya  "gaul" dan mengalir.

Piala Dunia 2006 Juni 22, 2006

Posted by blogindonesia in blogging, hobby, personal, sports, writing.
add a comment
jerman2006ok.jpg
Tagline: FIFA World Cup 2006
Blogger: Anonim
Alamat: http://jerman2006.wordpress.com/
Bahasa: Indonesia
Peranti: WordPress
Sebuah contoh Blog yang sudah mendekati kaidah jurnalisme mainstream: aktual. Berani memilih topik Blog insidental seperti Piala Dunia 2006 — yang berarti berumur paling panjang dua-tiga bulan — blog ini patut menjadi contoh bagaimana mengelola sebuah blog tematik dengan time-constraint yang lumayan tajam.

Sarapan Ekonomi Juni 10, 2006

Posted by blogindonesia in business, economics, language, personal, perspective, politics, work, writing.
1 comment so far
sarapan.jpg
Tagline: Tidbit of stories on Indonesian economy
Blogger: Rasyad A. Parinduri
Alamat: http://sarapanekonomi.blogspot.com/
Bahasa: Inggris
Peranti: Blogger
Ini boleh dibilang blog yang langka. Membahas masalah-masalah ekonomi Indonesia secara aktual, seolah-olah memang menjadi suguhan sarapan pagi bagi siapa saja yang ingin mengetahui ekonomi Indonesia terkini dengan perspektif-perspektif yang tajam dan bahasa yang enak.

JalanSutera.Com Juni 10, 2006

Posted by blogindonesia in activism, blogging, food and drink, hobby, ideas, personal, writing.
4 comments
jalansutera1.jpg
Tagline: Where West Meets East
Blogger:
Pujiono
Alamat:
http://jalansutera.com
Bahasa:
Indonesia
Peranti:
WordPress
Topik yang diangkat sangat beragam tetapi dibahas dengan cara yang santai dan unik. Pemilihan topiknya mengarah pada aktualitas atau peristiwa tertentu. Dilengkapi dengan quicklink yang dinamakan SideNotes.

Abe Poetra Juni 10, 2006

Posted by blogindonesia in blogging, comics, general, hobby, personal, work, writing.
5 comments
abe.jpg
Tagline: -
Blogger: Abe Poetra
Alamat: http://blog.abepoetra.com
Bahasa: Indonesia
Peranti: WordPress
Postingnya terdiri dari beragam topik, beberapa di antaranya sangat unik dan menggelikan. Inilah prototipe blogger yang mencoba mencari hal-hal yang unik yang dengan cepat mengusik orang untuk segera membacanya.

Rendy Maulana dot Com Juni 9, 2006

Posted by blogindonesia in activism, blogging, computer, gadget, personal, technology, work, writing.
4 comments
rendy.jpg
Tagline: -
Blogger: Rendy Maulana
Alamat: http://www.rendymaulana.com/
Bahasa: Indonesia
Peranti: WordPress
Blog ini mengupas beragam hal, tetapi lebih sering fokus ke masalah-masalah teknologi informasi. Tak jarang juga postingnya bercerita mengenai hal-hal yang sedang aktual terjadi atau membeberkan pengalamannya dalam bersentuhan dengan teknologi.

Blogombal Juni 9, 2006

Posted by blogindonesia in humor, personal, photo, writing.
12 comments
gombal.jpg
Tagline: Catatan Ringan Angin-anginan
Blogger: Kéré Kêmplu (bukan nama asli)
Alamat: http://gombal.blogdrive.com/
Bahasa: Indonesia
Peranti: Blog Drive
Blog ini sangat unik dan nyentrik. Sebagian besar postingnya berisi topik yang langka tapi nyata. Didukung dengan foto-foto yang aduhai pula. Ada sebuah himbauan yang dipasang di blog ini: "Anda jarang kemari akan ketinggalan. Anda rajin bertandang saya yang keteteran."



 

 

Tips Trik Blog Bagi Pemula

  1. ACCESSORIES BLOG

  2. ALERTBOX

  3. BACKGROUND BLOG

  4. FAVICON

  5. HIGHLIGHT POSTINGAN

  6. LINK EXCHANGE

  7. Membuat Link Ke Bagian Atas Halaman
  8. LINK TIPS

  9. MARQUEE TIPS

  10. Menu Pulldown

  11. POSTING HTML

  12. READMORE TIPS

  13. STATISTIK PENGUNJUNG

  14. Tabel Tips

  15. Memanfaatkan Blogger Sbg Image Hosting
  16. Membuat Postingan Selalu Berada Paling Atas
  17. Membuat Postingan Terjadual
  18. Membuat Related Post (Artikel Yg Berhubungan)
  19. Membuat Tulisan Terbalik
  20. Menampilkan Postingan Terpopuler
  21. Mengenal Fungsi Iframe
  22. Menyembunyikan Tanggal Postingan
  23. Tips Membackup Blog
  24. Tips Membuat KOtak Iklan

Tukeran Link Otomatis


Get your own LinkBox!

5 Trik Yang Saya Lakukan Untuk Melipatgandakan Pelanggan RSS Dalam 4 Bulan


Artikel ini merupakan artikel blogger tamu (guest blogger) dari Herman Yudiono. Jika Anda ingin menjadi guest blogger di Blogguebo.com, silahkan menyimak ketentuannya disini.

Pelanggan RSS merupakan salah satu parameter kesuksesan blog. Semakin banyak pelanggan RSS sebuah blog, semakin sukses blog tersebut.

Mengapa?

Pertama, tidaklah mudah untuk meyakinkan pengunjung untuk berlangganan. Kedua, tidak mudah pula untuk meyakinkan pengunjung agar tetap berlangganan. Jadi, hanya blog berkualitaslah yang banyak memiliki pelanggan.

Berangkat dari pemahaman di atas, pelanggan RSS merupakan salah satu target saya sejak aktif ngeblog pertengahan tahun lalu. Sampai Oktober tahun lalu, pelanggan RSS saya adalah 65. Sebuah permulaan yang relatif bagus, namun saya ingin lebih dari jumlah tersebut. Oleh karena itu, saya melakukan beberapa trik untuk mencapainya. Alhamdulilah sampai bulan Februari ini (4 bulan kemudian) pelanggan RSS saya berlipat ganda menjadi 160.

Walapun jumlah tersebut relatif kecil, namun bagi saya cukup berarti dan disyukuri. Oleh karenanya, dalam artikel ini saya ingin berbagi 5 trik yang saya lakukan, yang mungkin saja bermanfaat bagi Anda.

1. Menulis Artikel Yang Unik dan Bermanfaat
Sering saya bertanya kepada diri sendiri, mengapa saya berlangganan RSS Blogguebo, Problogger, dan yang lainnya? Jawabannya adalah artikel mereka unik dan bermanfaat bagi saya. Dalam pemahaman saya, artikel unik adalah artikel yang pembahasannya mendalam berdasarkan penelaahan, asli (bukan copy paste artikel orang lain), dan membumi (bukan teori semata). Ketiga faktor ini jelas bermanfaat bagi saya yang notabene adalah pemula.

Berdasarkan hal di atas, saya berupaya membuat artikel yang unik dan bermanfaat bagi pengunjung. Untuk membuat artikel unik, tak jarang saya harus melakukan riset online , membaca beragam referensi, dan pengalaman sendiri.

Sebagai contoh, beberapa bulan lalu saya melakukan riset online kecil-kecilan mengenai blog blogging terbaik Indonsia yang saya ranking berdasarkan PR, Alexa, Technorati Rank, dan pelanggan RSS. Dari puluhan blog yang saya telaah, muncullah 5 blog terbaik di mana Blogguebo adalah salah satunya.

Bagaimana membuat artikel yang bermanfaat bagi pengujung? Trik yang saya lakukan adalah dengan melakukan poling dan membuat artikel dari pertanyaan pengunjung. Dari kedua hal sederhana tersebut, saya sangat terbantu membuat artikel yang ingin diketahui pembaca blog saya.

2. Menempatkan Form Berlangganan di Tempat Yang Mudah Dilihat
Saya menggunakan form berlanggan via feed dan email. Agar pengunjung melihatnya, saya menempatkan kedua form tersebut di sidebar paling atas dan di bawah artikel. Selain itu, saya juga memodifikasi kode HTML form berlangganan sehingga sedikit berbeda dengan form berlangganan pada umumnya.

3. Memberikan Insentif E-book Gratis
Saya memberikan insentif e-book gratis bagi yang berlangganan. Karena saya belum mampu membuat e-book sendiri, insentif ini berupa e-book orang lain yang memang diijinkan untuk disebarluaskan sehingga saya tidak melanggar hak cipta. Untuk membuat link download e-book ini muncul di akhir setiap artikel feed, saya menggunakan plugin RSS footer.

4. Menjadi Blogger Tamu
Menjadi blogger tamu merupakan salah satu cara saya untuk mempromosikan diri dan memperkenalkan diri kepada khalayak blogger. Bagi saya, menjadi blogger tamu jauh lebih efektif daripada blogwalking. Faktanya, semenjak menjadi blogger tamu di Blogguebo melalui artikel 6 ciri nama domain dan perayaan pencapaian blog, pelanggan RSS saya pelan tapi pasti bertambah.

Beberapa pengunjung blog saya menyatakan bahwa mereka kurang percaya diri untuk menjadi blogger tamu. Jika Anda dalam kondisi seperti ini juga, ada baiknya Anda membaca 10 Tips Jitu Menjadi Blogger Tamu. Tips-tips ini merupakan pengalaman saya menjadi blogger tamu di Blogguebo.

5. Mengedukasi dan Mengingatkan Pengunjung
Tidak semua pengunjung blog mengerti apa itu RSS dan bagaimana cara berlangganannya. Untuk mengatasinya, saya membuat halaman khusus mengenai definisi RSS dan cara berlangganannya. Tujuannya adalah untuk mengedukasi pengunjung yang belum mengetahuinya.

Fakta menarik lain adalah hampir 75 % pengunjung blog saya yang berlangganan melalui email tidak mengaktifkan link berlangganannya sehingga mereka tidak memperoleh artikel terbaru dan insentif yang ditawarkan. Oleh sebab itu, saya membuat artikel tentang pentingnya mengkatifkan link berlangganan via email. Semenjak itu, pelanggan RSS bertambah pula.

Itulah trik-trik yang saya lakukan untuk meningkatkan pelanggan RSS.

Bagaimana dengan Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pengalaman melalui kolom komentar di blog ini.

-----------------
Herman Yudiono adalah blogger paruh waktu pemilik Blogodolar, blog yang membahas tips-tips ngeblog bagi pemula. Saat ini dia bekerja sebagai Chemist di salah satu perusahaan tambang nikel asing yang berlokasi di Sorowako, Sulawesi Selatan.

(Gambar diambil dari Womenize.net)

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
7 Cara Cerdas Meningkatkan Jumlah Pelanggan RSS
11 Tombol RSS Feed Pilihan
Apa Itu RSS?






Re-Opening: Blogguebo and Friends' Project


"Blogging is about sharing things" - Anonymous.

Saya penganut kredo diatas. Memiliki dan mengelola blog adalah soal berbagi. Berbagi cerita. Berbagi pengalaman. Berbagi ilmu. Sesederhana apapun.

Karena keinginan untuk berbagi itulah maka proyek Blogguebo and Friends' Project, mulai bulan ini, saya buka kembali. Ya, kini Anda bisa terlibat dalam Blogguebo and Friends' Project.

Apa sih Blogguebo and Friends' Project itu?

Blogguebo and Friends' Project adalah sebuah proyek sederhana yang didasari oleh keinginan untuk memberikan ruang saling berbagi secara lebih luas kepada kawan-kawan terbaik saya, Anda - para pembaca blog ini. Melalui proyek ini harapan saya nantinya akan lebih banyak blogger, tidak peduli newbie ataupun master, yang bisa berbagi pendapat, pengalaman dan ilmu kepada pembaca blog ini.

Proyek ini sudah berjalan semenjak bulan Juni 2008.Apa yang harus saya lakukan untuk terlibat dalam proyek ini?

Sederhana.

Anda cukup menjawab secara singkat sebuah pertanyaan seputar dunia
blogging and make money from blogging yang nantinya akan saya sampaikan kepada setiap partisipan proyek ini melalui email. Setelah jawaban saya terima, saya akan menampilkan jawaban Anda beserta link blog Anda dan identitas (nama asli) Anda dalam posting artikel untuk proyek ini.

Contoh pertanyaannya adalah sebagai berikut:

"Bagaimana prospek dunia blogging dan make money from blogging di Indonesia (terutama untuk blog berbahasa Indonesia)?"

Contoh tampilan jawaban di posting artikel di blog ini nantinya adalah sebagai berikut:

---------------------------------
Medhy Aginta (Pemilik Blogguebo.com):
"Yang pasti akan semakin menggairahkan. Makin banyak peluang dari program-program lokal Indonesia dan makin banyak blogger Indonesia yang melakukan aktivitas make money from blogging."
---------------------------------

Apa keuntungan Anda terlibat dalam Blogguebo and Friends Project ini?

Pertama, promosi gratis bagi blog Anda. Anda bisa berbagi kepada khalayak pembaca yang lebih banyak diluar pembaca blog Anda sendiri. Dengan ikut memberikan pendapat, pengalaman atu ilmu yang Anda miliki melalui proyek ini, Anda bisa mendapatkan expose yang lebih luas dan sekaligus bisa mempromosikan blog Anda kepada pembaca dan pelanggan RSS Feed Blogguebo (hingga hari ini setidaknya ada 901 pelanggan RSS Blogguebo). Bukan tidak mungkin, setelah membaca pendapat, pengalaman atau ilmu yang Anda miliki melalui proyek ini, pembaca blog ini akan tertarik untuk mengunjungi blog Anda. Artinya, akan meningkatkan jumlah traffic pengunjung untuk blog Anda.

Kedua, backlink gratis bagi blog Anda. Anda akan mendapatkan backlink dari blog ini (PR 3). Seperti yang kita tahu, dalam kacamata SEO (Search Engine Optimization), jumlah backlink yang berkualitas dan berasal dari blog setopik amat sangat penting untuk meningkatkan ranking SERP (Search Engine Results Page). Jadi, dengan ikut berpartisipasi dalam proyek ini, tanpa perlu bercapek-capek mencari backlink, Anda akan mendapatkan suntikan backlink berkualitas secara gratis dari blog ini.

Ketiga, networking gratis bagi blog Anda. Anda memiliki kesempatan untuk membangun networking dengan blogger-blogger lain pembaca Blogguebo yang terlibat dalam proyek ini. Seperti kita tahu, networking adalah salah satu pilar penting dalam membangun bisnis online. Tanpa jaringan, tanpa kawan dan tanpa kontak yang mempercayai Anda di dunia maya yang anonim ini, sulit sekali perjalanan untuk menuju sukses. Jadi, dengan ikut terlibat dalam proyek ini, Anda bisa mulai membangun jaringan dengan kawan-kawan blogger Indonesia yang lain.

Saya senang sekali jika Anda mau terlibat dalam proyek sederhana, Blogguebo and Friends Project ini.

Bagaimana caranya untuk terlibat?Untuk ikut terlibat, caranya amat sangat mudah. Cukup berlangganan atau menjadi anggota komunitas blog ini di MyBlogLog dan kirimkan email kosong ke alamat saya di medhy@blogguebo.com dengan subyek "Blogguebo Project". Saya akan menghubungi 10 email pertama yang masuk ke Inbox saya dan mengirimkan sebuah pertanyaan sederhana seputar dunia blogging and make money from blogging (pertanyaan bisa sama namun bisa juga berbeda dengan contoh pertanyaan diatas). Selanjutnya, saya akan menampilkan jawaban ke-10 partisipan tersebut di posting Blogguebo and Friends' Project di blog ini.

Jadi, siapa cepat dia dapat. :)

Saya menunggu partisipasi Anda.

Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.
Klik disini untuk mendaftar komunitas Blogguebo.

Jika Anda belum sempat membaca arsip artikel seri "Blogguebo and Friends' Project" di blog ini, silahkan klik link posting-posting dibawah ini:

"Blogguebo and Friends' Project Seri 1: Bagaimana Prospek Blogging and Make Money from Blogging di Indonesia?"
"Blogguebo and Friends' Project Seri 2: Apakah Anda Telah Melakukan Monetisasi Untuk Blog Anda?
"Blogguebo and Friends' Project Seri 3: Apa Topik Make Money from Blog Terpenting Untuk Dipelajari?"
"Blogguebo and Friends' Project Seri 4: Apa Kendala Terbesar Untuk Menghasilkan Uang Lewat Blog?"
"Blogguebo and Friends' Project Seri 5: Bagaimana Cara Terbaik Mempromosikan Blog Anda?"

Semoga bermanfaat. :)

(Gambar diambil dari koleksi pribadi)

Medhy Aginta Hidayat

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
10 Tips Mudah Menarik Pembaca Blog Anda
Bagaimana Mengubah Blog Biasa Menjadi Blog Seleb
7 Cara Cerdas Meningkatkan Jumlah Pelanggan RSS






Bagaimana Cara Terbaik Mempromosikan Blog? (Blogguebo and Friends' Project Seri 5)


Pengantar:
Setelah sukses dengan seri pertama hingga keempat
dan mendapatkan tanggapan sangat positif dari teman-teman blogger pembaca setia blog ini, bulan November ini Blogguebo kembali menghadirkan seri kelima "Blogguebo and Friends' Project".

Sekedar mengingatkan,
"Blogguebo and Friends' Project" adalah sebuah proyek sederhana yang didasari oleh keinginan untuk memberikan ruang saling berbagi secara lebih luas kepada kawan-kawan terbaik saya, Anda - para pembaca blog ini. Melalui proyek ini harapan saya nantinya akan lebih banyak blogger, tidak peduli newbie ataupun master, yang bisa berbagi pendapat, pengalaman dan ilmu kepada pembaca blog ini di seputar topik bisnis online, terutama tentang blogging dan make money from blog.

Tentu saja, Anda bisa
terlibat dengan proyek ini juga.

Agar tidak berpanjang lebar, lebih baik langsung saja mari kita simak pendapat teman-teman kita yang ikut berpartisipasi dalam "Blogguebo and Friends' Project 5".

Pertanyaan: "Apa yang Anda lakukan untuk mempromosikan blog Anda?"
Fahry Hadikusuma (Pemilik Fahry.com):
"1. Blogwalking ke blog orang lain, memberi komentar di artikel blog lain.

2. Pasang URL status di Yahoo Messenger.

3. Diumumkan di Twitter.
4. Pasang alamat blog di kartu nama.
5. Buat merchandise seperti kaos.
"

M. Ramdhan Adhi (Pemilik
Mradhi.com):"Saya baru efektif ngeblog Juni 2008, dengan pengetahuan yang amat minim tentang blog dan segala macam ilmu teknis yang menunjangnya. Bekal utama saya adalah keinginan untuk selalu belajar dan mencari informasi. Waktu itu hasil pencarian mengantarkan saya ke blognya Mas Agus (o-om), khususnya tentang etika dan cara promosi blog. Bagi seorang pemula yang amat cupu, saya rasakan e-book yang Mas Agus sediakan gratis itu sangat membantu. Berbekal itulah, saya mendaftarkan blog saya ke mesin pencari, ke situs-situs social bookmarks, mencantumkannya di jejaring sosial yang saya ikuti (Friendster, Facebook, Myspace) dengan sedikit modifikasi tipografi agar terlihat menonjol, mencantumkannya di email dan milis-milis. Saya juga mencantumkannya di iklan-iklan biro penulisan dan penerjemahan yang saya kelola di dunia offline (sekarang juga di-online-kan). Dan tentunya, sebagai warga blogosphere, saya berusaha sesering mungkin melakukan anjang sana, berkunjung dan memberi komentar bermakna di blog-blog kawan-kawan, termasuk di Blogguebo. :-D"

Wahyu Dewanto (Pemilik
Wahyu-d.net):
"Jawaban teratas adalah blogwalking atau meninggalkan komentar di blog lain. Namun tidak sembarang blogwalking. Saya berpendapat tinggalkan komentar pada tema yang menarik bagi kebanyakan orang dan bukan menarik bagi anda sendiri. Tinggalkan komentar yang "pintar", yang akan menggelitik orang untuk berpikir "Siapa sih orang ini, coba deh aku maen ke blognya". Anda bisa mengambil langkah kontroversial yang mungkin menyulut flame di bagian comments, atau mencoba menngambil arah atau pandangan lain dari obrolan utama para komentator tersebut. Tips unik dari saya, tinggalkan komentar pada blog yang relatif baru online. Karena para pemilik blog baru akan bersemangat jika artikel mereka dikomentari dan mungkin mereka akan menjadi pengunjung setia blog anda untuk memberikan komentar balasan di blog anda. Satu lagi, kecil kemungkinan anda memperoleh traffic dari blogwalking jika anda berkomentar di posting artikel yang telah ramai komentatornya. Namun anda bisa menyiasatinya dengan meninggalkan komentar "Pintar" seperti yang dijelaskan diatas. Kedua, lewat Social Bookmark. Cobalah untuk membuat Judul dan Prakata artikel yang akan anda publish ke Social Bookmark yang unik, bernada provokasi atau membuat penasaran para pembaca. Jadi antara artikel sebenarnya di blog dan Prakata di Social Bookmark bisa berbeda text namun isinya sama. Ada lagi cara mempromosikan blog namun cara ini belum saya lakukan namun bisa dilakukan teman-teman lainnya dan ke depannya saya juga akan melakukannya. Manfaatkan program Paid Review dengan menjadi advertiser. Manfaatkan blogger yang mempunyai kredibilitas (baca:PR dan Alexa tinggi) untuk mendatangkan pengunjung ke blog Anda."

Riza Farwan (Pemilik
Jenggo.net):
"1. Daftarkan ke mesin pencari & direktori online (toplist Google & DMOZ).
2. Menaruh link diforum-forum (dalam bentuk signature).

3. Komentar diblog lain yang memiliki tema sama.

4. Beritahu kepada teman-teman terdekat."

Atika (Pemilik
Athik.wordpress.com):"Berikut beberapa hal yang saya lakukan dalam mempromosikan blog saya:
1. Mendaftarkan blog pada search engine terutama google.

2. Mendaftarkan blog pada website direktori.

3. Bergabung dalam beberapa millis.

4. Berkunjung ke blog-blog lain sambil memberikan komentar dengan menyertakan link blog.

5. Mendaftarkan blog di iklan gratisan.

6. Berpromosi keteman-teman dari mulut kemulut.
"

Gan Zebe Amadeus (Pemilik
Ginvegas.com):
"Sebelumnya saya minta maaf jika ada yang kesalahan atau kekurangan karena saya sendiri masih benar-benar newbie dalam bidang blogging. Untuk pertanyaan di atas, kegiatan promosi yang saya lakukan secara pribadi dapat saya kelompokkan dalam 5 (lima) langkah:


Pertama: Content is The King Dalam mindset saya, promosi blog seperti membangun rumah: butuh pondasi yang kuat. Promosi sehebat apa pun dengan tools sedahsyat jika tidak didukung content yang baik pastinya akan sia-sia belaka, sama seperti garam yang tidak lagi asin: apa gunanya selain dibuang? Jadi, untuk kegiatan promosi, yang pertama-tama saya lakukan adalah menjaga content saya tetap bermutu baik dan relevan. Di sini, word of mouths-lah yang bekerja.

Kedua: Lewat directory SE, pinging, dan GRATISAN lainnya. Memang sih, zaman sekarang sudah banyak situs advertiser yang bisa mempromosikan situs kita seperti Adwords. Kendalanya, saya dan rekan-rekan blogger lainnya yang baru terjun sama sekali tidak memiliki modal yang cukup bahkan untuk membayar situs-situs tersebut. Jadi, tentunya kami memilih cara gratis seperti mendaftarkan situs kami ke directory dari Search Engine yang ada.

Ketiga: Membangun komunitas dengan peer bloggers
Saya biasanya mencari blog yang setema dan SETINGKAT dengan saya (satu peer) untuk diajak bekerja sama dengan saya untuk saling mempromosikan diri. Persahabatan virtual ini bisa dmulai dengan saling comment, saling mem-follow di Twitter, saling me-review, dan sejenisnya. Cara sederhana ini terbukti efektif untuk mempromosikan blog, lho.

Keempat: Ikutan forum, social networking, atau mailing list Kalau bisa sih yang setema dengan blog-ku. Biasanya saya bisa ketemu teman blogger di sini, chattingan lewat YM, terus bisa saling mempromosikan di blog kami seperti di cara ketiga tadi.

Kelima: Viral Marketing
Nah, yang ini dalam tahap penyelesaian dan siap "luncur" Februari 2009 nanti, GRATIS ^^. Inti dari viral Marketing adalah membuat sebuah media yang mengandung link/URL blog kita dan sesuatu itu haruslah berguna bagi orang banyak dan dapat tersebar dengan cepat (seperti virus). Contoh: tools, template, dll. Blogger kawakan seperti Mas Medhy sudah melakukannya lewat ebook dan Oom Agus melakukannya lewat Elegant Template Style-nya yang fenomenal itu. Gin Vegas sendiri akan segera menyusul. Tongkrongin saja situs saya pada Februari 2009 nanti."

Dendy S. Young (Pemilik
Jepun131.com):
"Untuk blog baru di awal saya lebih suka blogwalking, hitung2 sambil silaturahmi. Sejalan dgn blogwalking saya juga menerapkan beberapa teknik SEO untuk blog saya. Tidak mungkin selamanya saya menggantungkan blogwalking untuk mendatangkan visitor. Konon katanya visitor dari Search Engine lebih mak nyuus :)"
------------------------------------------------------------------
Jika benar-benar dilakukan dengan tepat, cara-cara promosi yang dibagikan teman-teman diatas saya yakin sangat efektif untuk mempromosikan blog Anda. Beberapa cara promosi ala guerrilla marketing juga sempat saya tulis di blog ini. Jika Anda memiliki waktu senggang, tidak ada salahnya membuka-buka kembali arsip-arsip lama artikel di blog ini.

Semoga bermanfaat. :)

Saya juga ingin berterima kasih kepada teman-teman yang telah berpartisipasi dalam "Blogguebo and Friends' Project 5" ini, karena lewat jawaban-jawaban Anda, setidaknya akan semakin banyak teman-teman blogger yang ikut belajar dan berbagi bersama mengenai seluk beluk bisnis online melalui proyek sederhana ini.

Bagaimana dengan Anda? Bagaimana Anda mempromosikan blog Anda?

Saya tunggu komentarnya. :)

Ingin terlibat dalam "Blogguebo and Friends' Project"?
Caranya amat sangat mudah. Cukup berlangganan atau menjadi anggota komunitas blog ini dan kirimkan email kosong ke alamat saya di medhy[at]blogguebo.com dengan subyek "Blogguebo Project". Saya akan menghubungi 10 email pertama yang masuk ke Inbox saya dan mengirimkan sebuah pertanyaan sederhana seputar dunia blogging and make money from blogging. Selanjutnya, saya akan menampilkan jawaban ke-10 partisipan tersebut di posting "Blogguebo and Friends' Project Seri 6" untuk bulan Desember nanti di blog ini. Siapa cepat dia dapat. :)

Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.
Klik disini untuk mendaftar komunitas Blogguebo.

Kuota 10 tempat untuk seri keenam "Blogguebo and Friends' Project" masih kosong. Silahkan mendaftar. Sebagai insentif tambahan, saya akan memberikan e-book "Make Money Online with John Chow" kepada 10 orang pengirim email pertama. Klik disini untuk mengetahui keuntungan mengikuti "Blogguebo and Friends' Project".

Ditunggu partisipasinya. :) Terima kasih banyak.

(Gambar diambil dari
PJLightHouse.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Bagaimana Prospek Blogging dan Make Money from Blogging di Indonesia? (Blogguebo and Friends' Project Seri 1)
Apakah Anda Telah Melakukan Monetisasi Untuk Blog Anda? (Blogguebo and Friends' Project Seri 2)
Apa Topik Make Money from Blog Terpenting Untuk Dipelajari? (Blogguebo and Friends' Project Seri 3)

Blogguebo Masuk Nominasi "The BOBs Deutsche Welle 2008"


Pagi tadi, setiba di kantor, saya mendapat kabar dari Mas Cosa bahwa Blogguebo masuk sebagai salah satu nominasi dalam kontes blog internasional "The Best of the Blogs (The BOBs) Deutsche Welle 2008" untuk kategori "Best Weblog Indonesian".

Syukur alhamdulillah. :)

Terus terang saya kaget. Saya sendiri malah tidak tahu kalau Blogguebo masuk nominasi. Ternyata banyak yang mendukung blog ini. Ternyata blog sederhana ini dianggap cukup pantas untuk diapresiasi. Terima kasih untuk semua yang telah menominasikan Blogguebo.com.

Ajang "The BOBs Deutsche Welle 2008" tahun ini memang agak lain dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, untuk kali yang pertama, disediakan kategori baru untuk blog terbaik berbahasa Indonesia. Dari 11 nominee blog terbaik berbahasa Indonesia, nantinya akan dipilih 1 blog terbaik berdasarkan penilaian dewan juri yang terdiri dari para jurnalis independen, media expert dan professional blogger. Perwakilan juri dari Indonesia sendiri adalah Mas Budi Putra, mantan wartawan Tempo dan blogger profesional pemilik BudiPutra.com.

Selain pemenang berdasarkan pilihan dewan juri, ajang "The BOBs Deutsche Welle 2008" juga menyediakan kategori pemenang favorit berdasarkan vote pilihan pembaca. Yang menarik, untuk para voter pun ternyata disediakan hadiah berupa sebuah handphone canggih HTC Touch Dual HSDPA yang akan diundi di akhir kontes.

Kesebelas blog yang masuk nominee "The Best of the Blogs (The BOBs) Deutsche Welle 2008" untuk kategori "Best Weblog Indonesian" adalah sebagai berikut (berdasarkan abjad):

1. Ayo Ngeblog
2. Blogguebo

3. Chaos Region
4. Dhinata.com

5. Kolom Blogger

6. Maseko's Weblog

7. Media Ide

8. Media Online Aremania

9. RomiSatriaWahono.net

10. Share Our Knowledge

11. Thinkrooms
Untuk semua nominee, tak lupa saya juga menyampaikan ucapan selamat. Semoga dengan keterlibatan blog-blog berbahasa Indonesia di ajang "The BOBs 2008" ini, dunia blogosfer nasional semakin maju dan berkembang.

Untuk semua pembaca Blogguebo yang telah memberikan vote, dengan tulus saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih.


Thanks for your votes, guys!

Dan untuk Anda yang menganggap blog ini cukup layak untuk mendapat apresiasi dan ingin menyumbangkan vote, silahkan klik link dibawah ini untuk memberikan vote:

Klik disini untuk vote Blogguebo

Untuk memberikan vote, cukup beri centang pada lingkaran disebelah link Blogguebo pada halaman "Best Weblog Indonesian", isikan nama serta email Anda di bagian bawah halaman, centang "I've read the fine print", tulis ulang kode nomor anti-spam dan klik tombol "Send".

Sekali lagi terima kasih banyak atas dukungannya. Kalau Blogguebo menang, kita makan-makan. Jadi, jangan lupa vote ya. :)

Update:
Barusan dapat email resmi dari Mas Yuniman Farid, perwakilan panitia "The BOBs Deutsche Welle 2008" untuk kategori "Best Weblog Indonesian", yang mengabarkan masuknya Blogguebo sebagai salah satu nominee ajang kompetisi blog internasional ini.

(Gambar diambil dari TheBobs.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Seri Promosi Blog: Tips Membuat Kontes Yang Sukses Untuk Blog Anda
7 Cara Cerdas Meningkatkan Jumlah Pelanggan RSS
10 Tips Menarik Lebih Banyak Komentar di Blog Anda

10 Cara Mudah Mempromosikan Blog Melalui Facebook


Siapa yang tak kenal Facebook?

Ya, nyaris setiap pengguna internet saat ini telah mengenal dan akrab dengan Facebook. Situs social networking terpopuler yang lahir sejak tahun 2004 ini kini kabarnya beranggotakan kurang lebih 60 juta orang dengan setidaknya 200.000 anggota baru setiap harinya.

Selain sebagai media komunikasi antar teman secara online, keberadaan situs social networking semacam Facebook sejatinya juga bisa menjadi salah satu sarana mempromosikan profil blogger dan blog yang dimilikinya secara optimal. Sayangnya, belum banyak blogger yang memanfaatkan kekuatan social networking yang dimiliki Facebook, untuk mempromosikan blognya secara optimal (dan yang penting: GRATIS).

Lalu bagaimana sebenarnya cara mempromosikan blog melalui Facebook?

Posting artikel kali ini akan mencoba memaparkan 10 cara mudah tentang bagaimana tips-tips mempromosikan blog Anda melalui Facebook. Saya pribadi telah menerapkan ke-10 cara tersebut dan hasilnya tidak bisa dibilang mengecewakan.

Berikut adalah ke-10 cara mempromosikan blog melalui Facebook.

10 Cara Mudah Mempromosikan Blog Dengan Facebook

1. Promosikan Blog Anda di Halaman Profil Facebook Anda
Posisi halaman Profil yang berada di bagian pojok kiri atas dashboard Facebook merupakan salah satu nilai lebih yang sangat strategis untuk mempromosikan blog Anda. Setiap orang yang masuk ke halaman Facebook Anda, bisa dipastikan akan melihat bagian Profil terlebih dahulu. Karena itu, pastikanlah Anda telah mencantumkan informasi tentang blog dan alamat blog Anda di halaman Profil.

2. Cantumkan Alamat Blog Anda di Halaman Info Facebook Anda
Selain di halaman Profil, Anda bisa mempromosikan blog Anda melalui halaman Informasi Kontak. Cantumkanlah alamat URL blog Anda di halaman Informasi Kontak dan atur agar kotak Informasi Anda tampil tepat dibawah halaman Profil. Keuntungan mencantumkan alamat URL blog di halaman Informasi Kontak adalah sifatnya yang clickable sehingga pembaca halaman Facebook Anda bisa langsung mengklik alamat blog Anda.

3. Manfaatkan Fitur Status Facebook untuk Update Aktivitas Blogging Anda
Fitur Status nyaris merupakan fitur paling penting dan paling banyak digunakan oleh anggota Facebook. Alih-alih hanya meng-update aktivitas rutin harian, tidak ada salahnya jika Anda juga meng-update aktivitas Anda di dunia blogging. Misalnya: posting terbaru yang Anda tulis di blog Anda. Jangan lupa untuk SELALU mencantumkan shortened link yang menuju ke halaman posting artikel di blog Anda sehingga memudahkan pembaca Status Anda untuk mengunjungi blog Anda.

4. Manfaatkan Fitur Catatan Facebook untuk Informasi Blog Anda
Salah satu fitur penting Facebook yang sangat efektif sebagai sarana promosi blog Anda adalah fitur Catatan (Notes). Dengan membuat halaman Catatan, Anda bisa menulis catatan pribadi berkaitan dengan aktivitas blogging ataupun info seputar blog Anda. Selain menulis catatan sendiri, Anda juga bisa meng-import RSS Feed blog Anda sebagai posting otomatis di halaman Catatan Facebook. Dengan cara ini, setiap kali Anda memposting artikel di blog Anda, maka artikel tersebut akan tampil juga di halaman Catatan Facebook Anda.

5. Manfaatkan Aplikasi Facebook Untuk Blogger
Sayang sekali jika Anda tidak memanfaatkan fitur Aplikasi Facebook, terutama yang berhubungan dengan aktivitas blogging. Untuk keperluan mempromosikan blog Anda, setidaknya 3 Aplikasi Facebook saya rekomendasikan untuk Anda gunakan: Simplaris Blogcast, NetworkedBlogs dan Blog RSS Reader. Jangan lupa untuk menampilkan ketiga Aplikasi ini sedekat mungkin dengan bagian Profil di sebelah kiri atas halaman Facebook Anda. Dengan memanfaatkan ketiga Aplikasi ini, pembaca halaman Facebook Anda bisa mengunjungi blog Anda, memberikan komentar, thumb up maupun menjadi followers blog Anda.

6. Buat Group Facebook Anda Sendiri
Sudahkah Anda memiliki Group Facebook Anda sendiri? Jika belum, sekaranglah saatnya untuk membuat. Dengan membuat Group Anda sendiri, Anda bisa membangun komunitas khusus mengenai topik atau minat tertentu yang berkaitan dengan niche blog Anda. Melalui fitur Group, Anda juga bisa menjalin komunikasi lebih terarah dan intim dengan pembaca blog Anda. Saya membuat group "Blogguebo Friends" dengan memanfaatkan fitur ini.

7. Undang Teman Untuk Bergabung Dengan Group Anda
Ya, jangan lupa undang teman-teman Anda untuk menjadi anggota Group Anda dan mulailah membangun profil Group Facebook Anda sendiri. Facebook memberikan pilihan mengundang calon anggota Group Anda dengan meng-import data email pribadi yang Anda miliki. Semakin kreatif Anda mengelola Group Anda, maka akan semakin banyak pula anggota Group Anda.

8. Bergabunglah Dengan Group Yang Anda Minati
Selain membuat Group sendiri, Anda juga bisa bergabung dengan group yang sudah ada dan sesuai dengan topik niche blog Anda. Jangan lupa mencantumkan nama dan alamat blog Anda sebagai signature keanggotaan Anda di setiap Group yang Anda ikuti. Meskipun demikian, jangan menjadi spammer. Jadilah anggota Group yang aktif berbagi dan mentaati etiket berkomunikasi secara online melalui Group Facebook.

9. Buat Halaman Facebook (Facebook Page) untuk Blog Anda
Belum banyak blogger yang memanfaatkan Halaman Facebook (Facebook Page) untuk mempromosikan blognya. Padahal, Halaman Facebook sejatinya diciptakan secara spesifik untuk keperluan promosi. Karena itu, jika Anda belum memiliki Halaman Facebook untuk blog Anda, segeralah membuatnya. Toh gratis kok. Dengan memiliki Halaman Facebook khusus untuk blog Anda, Anda bisa lebih terfokus untuk mempromosikan blog Anda kepada pembaca halaman Facebook Anda. Saya sendiri membuat halaman "Blogguebo.com" menggunakan fitur Halaman Facebook.

10. Selalu Balas Komentar dan Pesan Facebook untuk Anda
Sama halnya dengan blog, Facebook adalah media interaktif. Artinya, setiap pengguna Facebook sejatinya mengharapkan interaksi dan respon ketika mereka memberikan komentar ataupun pesan. Jadi, ringkas kata: cobalah untuk selalu membalas komentar dan pesan apapun yang masuk ke akun Facebook Anda. Sikap interaktif Anda pada gilirannya akan menjadi modal kepercayaan pembaca halaman Facebook Anda jika mereka kemudian mengunjungi blog Anda.

-------------------------------------------------

Dengan melakukan ke-10 tips sederhana diatas, insyaallah upaya mempromosikan blog Anda melalui Facebook akan menuai hasil yang optimal. Saya pun merasakannya kok. :)

Bagaimana menurut Anda? Sudahkah Anda mencoba mempromosikan blog Anda melalui Facebook secara gratis?

Ngomong-ngomong, saya akan senang sekali jika Anda mau menambahkan saya sebagai teman Anda di Facebook. Silahkan klik badge Facebook di sebelah kiri untuk menambahkan saya sebagai teman Anda di Facebook. Thanks a bunch, guys!

Catatan:
Jangan lewatkan artikel eksklusif tentang strategi SMO (Social Media Optimization) untuk memanfaatkan kekuatan situs-situs social media bagi blog Anda, yang akan segera hadir di blog ini. Silahkan berlangganan RSS Feed Blogguebo.com melalui RSS Reader ataupun email secara gratis jika Anda tidak ingin terlewat artikel bagus ini.

(Gambar diambil dari LifeinThenhs.files.wordpress.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Mencari Social Bookmarking Indonesia?
Widget Baru MyBlogLog Untuk Blog Anda
"Twitter Love-In" Untuk Anda

Sudahkah Anda Memiliki 3 E-book GRATIS Yang Saya Tulis?


"Apakah Anda sedang mencari-cari jawaban tentang bagaimana sebenarnya cara menghasilkan uang melalui blog?"

"Apakah Anda capek mencari sumber informasi terpercaya tentang how to make money from blogging, di tengah banyaknya tawaran sales letter panjang yang begitu menggoda?"

"Apakah Anda ingin tahu bukti-bukti HIDUP para blogger yang benar-benar telah berhasil meraup dollar melalui blog dan masih terus mendulang dollar dengan jumlah yang spektakuler dari blog mereka?"

"Apakah Anda merasa frustasi dengan semua usaha make money from blog yang telah Anda lakukan, karena ternyata semuanya tetap TIDAK menghasilkan uang seperti yang Anda inginkan?"

Saya tidak akan memaksa Anda untuk menjawab. Saya hanya ingin Anda jujur pada diri sendiri. Dan jika jawaban Anda adalah, "YA", barangkali saya bisa sedikit membantu Anda.

Anda mau?

Silahkan download 3 e-book yang telah saya tulis (secara GRATIS) dibawah ini:

1. Pilar CTPM: Kunci Monetisasi BlogDi dalam e-book ekslusif ini Anda akan menemukan jawaban kenapa sebagian besar orang yang memiliki blog, dan ingin mendulang uang melalui blog mereka, GAGAL menghasilkan uang sama sekali dari blog mereka. Dengan Pilar CTPM yang terdiri dari content, traffic, pre-selling dan monetization, Anda akan menemukan tahap-tahap yang BENAR mengenai bagaimana menghasilkan uang melalui blog Anda secara spektakuler.

Download gratis sekarang!
2. Wawancara Eksklusif Bersama Blogger-Blogger SuksesDi dalam e-book ini Anda akan mendapat jawaban secara transparan, jujur dan BENAR dari blogger-blogger profesional yang benar-benar telah dan terus meraup uang melalui blog mereka. Nama-nama terkenal seperti Darren Rowse, Jeremy "Shoemoney" Schoemaker dan Yaro Starak turut berbagi secara eksklusif untuk Anda. Secara khusus, di dalam e-book ini Anda juga akan menemukan motivasi besar mengapa mengelola blog dalam bahasa Indonesia pun memiliki peluang menghasilkan uang yang tak kalah potensialnya dengan blog berbahasa Inggris.

Download gratis sekarang!
3. Kamus Istilah BloggerRobert T. Kiyosaki: "Pahami kosakata bisnis yang Anda tekuni jika Anda ingin benar-benar sukses di dalamnya." E-book ini SATU-SATUNYA sumber informasi terpercaya dalam bahasa Indonesia tentang istilah-istilah blogging yang WAJIB Anda ketahui dan pahami. Tidak peduli Anda blogger pemula atau blogger profesional, memiliki kamus maya ini akan sangat berharga jika Anda benar-banar serius ingin menekuni dunia blogging dan mendulang uang melalui blog Anda.

Download gratis sekarang!
Jangan menunggu lagi. Take action now!

Nantikan e-book-e-book eksklusif berikutnya yang HANYA bisa Anda dapatkan dengan cara berlangganan artikel-artikel dari blog ini secara gratis.

Berlangganan GRATIS sekarang!P.S: Saya memberikan hak kepada Anda untuk membagikan kembali ke-3 e-book diatas sebagai materi "E-book Gratis" bagi setiap pembaca blog Anda. Anda bisa memanfaatkannya, sekali lagi dengan gratis, untuk menarik lebih banyak pengunjung ke blog Anda tanpa harus bersusah payah menulis sebuah e-book apapun. Semoga bermanfaat. :)
(Gambar diambil dari YourSuccess.com)
Medhy Aginta
Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
E-book: Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog
E-book: Wawancara Eksklusif Bersama Blogger-Blogger Sukses
E-book: Kamus Istilah Blogge

Wibiya: Widget Interaktif Multi-Fungsi Yang WAJIB Dimiliki Setiap Blogger


Sejak beberapa hari yang lalu saya mendapatkan banyak pertanyaan dari sejumlah pembaca blog ini.

Pertanyaannya nyaris sama: "Mas Medhy, widget di bagian bawah Blogguebo.com itu pakai apa ya?

Ya, sejak beberapa hari yang lalu memang saya mencoba menggunakan sebuah widget interaktif multi-fungsi di blog ini. Jika Anda mengunjungi blog ini (artinya tidak membacanya via RSS), Anda pasti akan menemukan sebuah widget unik berupa toolbar di bagian bawah blog ini.

Widget apakah itu?

Namanya Wibiya. Wibiya adalah widget interaktif multi-fungsi berupa toolbar yang bisa dengan mudah digunakan untuk blog berplatform WordPress, Blogspot dan TypePad. Di dalam widget Wibiya, Anda bisa menemukan 11 fitur bagus yang akan membantu Anda meningkatkan interaksi dengan pengunjung blog Anda. Dan semuanya tentu saja GRATIS.

Apa saja fitur Wibiya yang bisa Anda manfaatkan?

1. Posts Navigator (Artikel Terkini dan Artikel Acak)
Dengan fitur ini pembaca blog Anda bisa menyimak kembali artikel-artikel yang telah Anda tulis, baik secara runtut ataupun acak. Hasilnya, jumlah page views blog Anda pasti akan meningkat.

2. Community via Facebook (Komunitas Facebook)
Membangun komunitas kini semakin mudah dengan fitur bagus menggunakan Facebook yang diberikan oleh Wibiya. Selain mempermudah cara membangun komunitas, fitur ini juga memampukan Anda untuk mengirim pesan kepada anggota komunitas Anda.

3. Twitter Widget (Widget Twitter)
Ingin meningkatkan jumlah followers Twitter Anda? Cukup gunakan Wibiya dan Anda telah memberi kemudahan kepada para pengunjung blog Anda untuk mengikuti Anda di Twitter.

4. RSS Subscribers Bar (Tombol Berlangganan RSS)
Fitur penting ini nyaris selalu ada di setiap widget interaktif. Dengan memanfaatkan Wibiya, setiap pengunjung blog Anda bisa berlangganan artikel-artikel blog Anda secara gratis melalui RSS Feed.

5. Sharing Bar (Tombol Berbagi Konten)
Ingin mempromosikan blog Anda? Dengan fitur Sharing Bar ini pembaca blog Anda tidak akan lagi kesulitan untuk mengirimkan artikel Anda ke situs-situs social bookmarking semacam Digg, Delicious ataupun StumbleUpon. Semakin banyak yang "menyebarkan" artikel Anda, maka semakin tersebar juga kabar mengenai blog Anda.

6. Blog Searches (Kotak Pencari)
Widget Wibiya dilengkapi dengan fitur penting kotak pencari yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung blog Anda untuk mencari kata kunci tertentu, baik yang ada di halaman pencari Google maupun di blog Anda sendiri.

7. Translation Bar (Tombol Penerjemah)
Fungsi fitur ini mudah ditebak: memampukan penerjemahan artikel Anda ke dalam bahasa yang lain. Dengan menggunakan Wibiya, pengunjung blog Anda bisa menerjemahkan artikel di blog Anda hingga ke 20 bahasa.

8. Photo Gallery (Galeri Foto)
Ingin berbagi cerita melalui foto? Jangan khawatir. Dengan fitur ini Anda bisa menampilkan foto-foto pribadi ataupun keluarga di blog Anda.

9. Live Notifications (Kabar Berita)
Fitur ini unik dan inovatif. Dengan fitur Live Notifications, Anda bisa menulis pesan singkat 140 karakter yang bisa dibaca oleh para pembaca Anda dengan meng-klik ikon bergambar "orang" di bagian kanan widget Wibiya. Anda juga menyisipkan link dalam pesan yang Anda tulis.

10. Facebook Fan Page (Penggemar Facebook)
Siapa yang tidak kenal Facebook? Siapa yang tidak punya akun Facebook? Dengan fitur ini, Anda bisa memaksimalkan manfaat Facebook untuk membangun jaringan dengan para pengunjung blog Anda.

11. Games (HeyZap) (Permainan)
Jika Anda ingin memanjakan pengunjung blog Anda dengan sesuatu yang berbeda, tidak ada salahnya memanfaatkan fitur Game dari Wibiya. Game yang didukung oleh HeyZap ini pasti akan membuat pengunjung blog Anda betah berlama-lama di blog Anda.

---------------------------------------------------

Selain multi-fungsi, widget Wibiya juga bisa dikustomisasi. Misalnya, Anda bisa memilih fitur apa saja yang akan Anda tampilkan di widget Wibiya di blog Anda. Atau, warna toolbar Wibiya yang bisa Anda sesuaikan dengan tema background blog Anda, mulai Pure White hingga Red Touch. Atau logo widget yang bisa Anda ganti dengan logo blog Anda sendiri (seperti widget Wibiya di blog ini). Atau Anda bisa menggunakan kotak pesan untuk mengirimkan pesan massal kepada anggota komunitas Anda.

Selain bermanfaat bagi pengunjung blog, widget Wibiya juga bermanfaat bagi pemilik blog. Pasalnya, Wibiya juga menyediakan toolbar statistic yang memberikan informasi lengkap mengenai data pengguna widget Wibiya. Misalnya, berapa banyak pengunjung yang telah menggunakan kotak pencari, berapa pengunjung yang telah membaca artikel acak, berapa pengunjung yang telah berlangganan RSS Feed, berapa jumlah anggota komunitas Facebook (yang mendaftar via Wibiya) hingga berapa jumlah pengikut Twitter yang bergabung melalui Wibiya.

Asyiknya lagi, widget Wibiya sudah mendukung bahasa Indonesia. Artinya, pengunjung blog Anda yang kesulitan berbahasa Inggris tidak akan mengalami masalah untuk memanfaatkan Wibiya. Selain bahasa Indonesia, Wibiya juga memberikan layanan dalam 20 bahasa yang lain, yaitu: Spanyol, Perancis, China, Jerman, Italia, Jepang, Portugis, Rusia, Turki, Yunani, Belanda, Arab, Polandia, Rumania, Bulgaria dan Bengali.

Sayangnya, setidaknya hingga hari ini, tidak semua blogger bisa memanfaatkan layanan Wibiya. Hanya blogger-blogger tertentu yang telah mengajukan invitation dan diterima oleh pihak Wibiya yang bisa memasang widget Wibiya. Namun toh tidak ada salahnya mencoba. Anda bisa mengisi form invitation di halaman homepage Wibiya, mengirimkannya, dan jika Anda dianggap memenuhi syarat, Anda bisa memasang widget Wibiya di blog Anda.

Tertarik mencoba menggunakan Wibiya?

Silahkan, selamat mencoba. :)

Jika Anda tidak ingin tertinggal informasi mengenai widget dan tools terbaru untuk blog Anda, silahkan berlangganan RSS Feed Blogguebo.com melalui email.

Sekedar ingin berbagi.

Semoga bermanfaat.

(Gambar diambil dari Wibiya.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Lijit: Mesin Pencari Untuk Blog Anda
Entrecard: Pilihan Lain Mempromosikan Blog Anda
Spottt: Saudara Kandung Entrecard?






Seri Wawancara: Wawancara Eksklusif Bersama Yaro Starak


"Blogging adalah sesuatu yang mudah tidak peduli apapun bahasa yang Anda gunakan, yang sulit adalah berusaha tetap setia di dunia blogging secara terus menerus dalam jangka waktu lama"
(Yaro Starak, dalam wawancara Blogguebo 2008)
Pengantar:
Seperti yang sudah saya janjikan sebelumnya, mulai hari ini Blogguebo akan menyajikan seri wawancara eksklusif bersama sejumlah blogger profesional, baik dari dalam maupun luar negeri,
seputar dunia blogging, blogging business dan make money from blogging, terutama untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris. Seri wawancara ini seluruhnya dilakukan melalui email dan hasilnya ditampilkan apa adanya, tanpa ada yang dikurangi ataupun ditambah.

Untuk seri pertama kali ini, wawancara dilakukan bersama Yaro Starak, seorang profesional blogger asal Australia yang sudah tidak asing lagi di dunia blogosphere. Jika Anda belum mengenal Yaro, barangkali ada baiknya sedikit saya bagikan profilnya.

Yaro Starak adalah salah satu pelaku bisnis online yang sukses menggunakan media blog sebagai sarana penghasil uang. Mulai membangun bisnis online sejak duduk di bangku kuliah (dengan membuat situs game sederhana), hingga mampu menjual situs komersial yang dibuatnya - BetterEdit.com - Yaro saat ini berpenghasilan kurang lebih $78,000 per tahun atau setara Rp. 735.000.000 per tahun (sebagai peringkat ke-31 Blogger Berpenghasilan Terbesar 2007,
versi Paula Mooney).

Pemilik situs Entrepreneurs-Journey.com ini juga membangun "sekolah" mentoring online BlogMasterMind (barangkali Anda salah satu muridnya?), yang merupakan program tutorial bisnis berdasarkan pengalaman pribadinya selama membangun bisnis online. Proyek terbaru Yaro saat ini adalah membangun situs BlogTrafficSchool, yang sedang dipersiapkan peluncuran perdananya. Selain aktif sebagai blogger, Yaro juga dikenal sebagai pembicara seminar dan workshop bisnis online, terutama di negara asalnya, Australia. Silahkan kunjungi Entrepreneurs-Journey.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Yaro Starak.

Untuk selanjutnya, silahkan disimak dan dipelajari wawancara berikut. :)

Semoga bermanfaat.

--------------------------------------------------
(T): Tanya
(J): Jawab

(T): What do you think of non-English blogs in general?
(Bagaimana pendapat Anda tentang blog-blog yang tidak berbahasa Inggris secara umum?)

(J): It's hard for me to judge since I don't speak any other languages, but my general assumption is that there are more gaps in non-English markets and thus a huge opportunity to build a popular blog.
(Sulit bagi saya untuk menilainya karena saya tidak berbicara selain bahasa Inggris, tapi asumsi umum saya adalah ada lebih banyak celah di pasar non-bahasa Inggris dan sebenarnya merupakan kesempatan yang sangat besar untuk membangun sebuah blog yang populer)

Just take a look at what is working in the English market and see if it would apply just as well in another language market.
(Mungkin bisa dengan mengamati apa yang terjadi di pasar berbahasa Inggris dan mencoba apakah hal itu bisa diterapkan di pasar berbahasa yang lain)

(T): Do you think non-English blogs have good prospect in the online business realm?
(Apakah menurut Anda blog-blog yang tidak berbahasa Inggris memiliki prospek yang bagus di dunia bisnis online?)

(J): For sure – in fact probably better due to reduced competition and a younger market. If I had a passion for a topic, I'd look at the English market, see who are the leaders, then replicate what they did in another language.
(Tentu - barangkali malah lebih bagus karena kompetisi yang masih longgar dan pasar yang baru bertumbuh. Jika saya punya minat besar mengenai sebuah topik, saya akan mengamati pasar berbahasa Inggris, melihat siapa pemimpinnya, dan kemudian meniru apa yang mereka lakukan dengan bahasa lain)

For example – is there a Pay Per Click expert in Japan? How about an SEO guru in German? Just learn the skills, then get out there and help others in your native, non-English language.
(Sebagai contoh - apakah ada pakar Pay Per Click di Jepang? Bagaimana dengan guru SEO di Jerman? Intinya pelajari kecakapan tersebut, segera keluar dan bantulah mereka yang lain dengan bahasa Anda sendiri, bahasa selain Inggris)

(T): What are the most advantages of non-English blogs compared with English blogs in the online business realm?
(Apa keuntungan paling besar dari blog-blog yang tidak berbahasa Inggris bila dibandingkan dengan blog-blog berbahasa Inggris di dunia bisnis online?)

(J): The biggest advantage non-English bloggers have, at least in some areas, is a clear path to success. Let's say there's no blogger who covers blogging for money in French. If I spoke and wrote French perfectly, I would go read the English blogs, learn all I could about professional blogging and then teach others via my French blog.
(Keuntungan terbesar yang dimiliki blogger-blogger yang menulis dengan bahasa selain Inggris adalah, setidaknya di beberapa aspek, adanya jalan yang jelas menuju sukses. Katakanlah, tidak ada blogger yang menulis soal blogging for money dalam bahasa Perancis. Jika saya berbicara dan menulis dalam bahasa Perancis dengan sempurna, saya akan membaca blog-blog berbahasa Inggris, belajar semua yang saya bisa tentang dunia blogging secara profesional dan kemudian mengajarkannya kepada yang lain melalui blog berbahasa Perancis saya.

You don't have to reinvent the wheel – just follow proven successful formulas.
(Anda tidak perlu menemukan kembali rodanya - cukup ikuti rumus sukses yang sudah terbukti tersebut)

(T): What are the obstacles or constraints?
(Apa kesulitan atau hambatannya?)

(J): Market size is an issue. Certain languages and cultures just won't support the same markets that English does (and vice versa). You can't assume that a niche will directly translate from English to another language. Maybe people in that country don't go online looking for the information, or maybe the industry is at a different stage of evolution.
(Cakupan pasar adalah satu masalah. Ada beberapa bahasa dan budaya yang tidak mendukung pasar yang sama dengan pasar berbahasa Inggris (demikian pula sebaliknya). Anda tidak bisa mengasumsikan bahwa satu niche akan bisa diterjemahkan secara langsung dari bahasa Inggris ke bahasa lain. Barangkali orang di negara tersebut tidak biasa pergi online untuk mencari informasi, atau barangkali industri online di negara tersebut berada pada tahapan perkembangan yang berbeda)

Research and testing are the only ways to really know for sure, so don't make any assumptions until you actually try something.
(Riset dan uji coba adalah satu-satunya cara untuk mengetahuinya secara pasti, karena itu jangan membuat asumsi apapun sampai Anda benar-benar mencoba sesuatu)

(T): What opportunities are mostly suit for non-English blogs?
(Peluang apa yang paling cocok untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?)

(J): That's difficult to say. You could look at trends – for example the rising industries in China and India as opportunities, or maybe just nuances within a culture that only people from that culture understand.
(Sulit untuk menjawabnya. Anda bisa melihat trend yang sedang berkembang - misalnya perkembangan industri di China dan India sebagai peluang, atau barangkali hanya sekedar nuansa budaya dimana hanya orang-orang di dalam budaya itulah yang bisa memahaminya)

(T): What theme mostly fit for non-English blogs?
(Tema apa yang paling sesuai untuk blog-blog non-berbahasa Inggris?)

(J): I'm not sure what you mean – are you referring to blog theme designs? If that is the case, then the same themes that work well for English blogs will work well for other language blogs.
(Saya agak tidak jelas dengan apa yang Anda maksudkan - apakah maksud Anda tema desain blog? Jika itu maksudnya, maka tema-tema yang sama dan bisa diterima untuk blog-blog berbahasa Inggris juga akan berlaku untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris)
(sorry, untuk poin ini pertanyaannya yang memang kurang jelas, bukan Yaro yang salah. :), Medhy)

(T): While most online ads are in English, what are the non-English blogs have to do to get the cake?
(Sementara kebanyakan iklan online dalam bahasa Inggris, apa yang harus dilakukan blog-blog yang tidak berbahasa Inggris untuk mendapatkan kue iklan?)

(J): Seek sponsors from your countries. Businesses in countries that speak other languages spend money on advertising too. If you blog in Spanish, then seek out Spanish sponsors.
(Carilah sponsor/pemasang iklan dari negara Anda. Bisnis di negara-negara yang tidak berbahasa Inggris pasti juga membelanjakan uang mereka untuk beriklan. Jika Anda membuat blog dalam bahasa Spanyol, maka carilah sponsor/pemasang iklan dari Spanyol)

(T): Among these programs: Google Adsense and PPC Ads, Affiliate Programs, Paid to Click, Paid to Review, Independent Ads, Others - which one will give more opportunity for non-English blogs?
(Diantara program-program ini: Google Adsense dan PPC Ads, Affiliate Programs, Paid to Click, Paid to Review, Independent Ads, Lainnya - mana yang akan memberikan peluang lebih besar bagi blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?)

(J): I can't really comment on this beyond what I know about writing an English blog. Affiliate marketing is the best for me, but there is no standard. Other bloggers get better results with AdSense. Non-English blogs follow the same rules – to make the most money test different methods and use a combination that results in maximum profits.
(Saya tidak bisa berkomentar diluar apa yang saya tahu tentang menulis blog dalam bahasa Inggris. Program affiliasi adalah yang terbaik buat saya, namun tidak ada standarnya. Blogger yang lain mendapatkan hasil yang lebih baik dengan Adsense. Blog-blog yang tidak berbahasa Inggris juga sama - untuk menghasilkan uang yang terbanyak, uji cobalah berbagai metode dan gunakan kombinasi yang menghasilkan keuntungan maksimal)

(T): Do you think non-English speaker bloggers should push themselves to write post in English?
(Apakah menurut Anda blogger yang tidak berbahasa Inggris harus memaksakan diri mereka untuk menulis blog dalam bahasa Inggris?)

(J): Definitely not. I've had a few students who have English as a second language who choose to write in English and they struggle as a result. I ask them why they don't write a blog in their native language and they say it's because there is no audience for blogs in their country.
(Sama sekali tidak. Saya punya beberapa murid dengan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka yang memilih menulis dalam bahasa Inggris dan akibatnya mereka harus bersusah payah untuk melakukannya. Saya tanya mereka kenapa tidak menulis dalam bahasa ibu mereka dan mereka bilang karena tidak ada pembaca blog mereka di negara mereka)

I can understand that might be the case for some industries, but I believe many non-English bloggers are missing the boat to possibly become leaders in their home country. Just because an industry is small now, if you enter early, become the best blogger in your country, then enjoy the rewards later when the market grows. That's not an opportunity you have in some English speaking industries because markets are established.
(Saya bisa mengerti bahwa barangkali hal itu memang terjadi untuk beberapa industri, namun saya percaya banyak blogger yang tidak berbahasa Inggris akan ketinggalan perahu untuk menjadi pemimpin di negara mereka. Justru karena industri online saat ini masih kecil, jika Anda masuk lebih dulu, menjadi blogger terbaik di negara Anda, selanjutnya nikmatilah hasilnya ketika pasar mulai tumbuh. Peluang seperti itu tidak bisa Anda dapatkan di sejumlah industri berbahasa Inggris karena pasarnya sudah mapan)

(T): Do you have or may consider running any new project specifically address for non-English blogs?
(Apakah Anda memiliki atau mungkin sedang mempertimbangkan proyek baru yang secara khusus ditujukan untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?)

(J): Not likely. I've often thought of having my work translated, and a few motivated individuals have taken my ebook and newsletters and translated them into other languages, but my focus will remain on writing in English.
(Kayaknya tidak. Saya sering berpikir untuk menterjemahkan tulisan-tulisan saya, dan beberapa orang telah menterjemahkan e-book dan newsletter saya ke dalam bahasa lain, tapi fokus saya akan tetap menulis dalam bahasa Inggris)

(T): What's your advice for non-English speaker bloggers in order to keep survive in the online business realm?
(Apa saran Anda untuk blogger-blogger yang tidak berbahasa Inggris agar bisa tetap bertahan di dunia bisnis online?)

(J): Just keep at it – don't stop trying to help people and build online assets. It takes time, but you can get there if you find what you are passionate about and translate that into output for other people to benefit from.
(Terus berjuang - jangan berhenti mencoba membantu orang lain dan membangun aset online. Itu semua butuh waktu, namun Anda bisa sampai kesana jika Anda menemukan apa yang benar-benar Anda sukai dan menterjemahkannya menjadi sesuatu yang bisa memberi manfaat bagi orang lain)

If you know how to write well in a non-English language, then take advantage of the skill you have and start putting content online. Blogging is easy no matter what language you write it, what's difficult is sticking to it for the long haul.
(Jika Anda tahu bagaimana menulis dengan baik dalam bahasa selain Inggris, maka ambil manfaat kecakapan Anda tersebut dan mulailah menulis secara online. Blogging adalah sesuatu yang mudah tidak peduli apapun bahasa yang Anda gunakan, yang sulit adalah berusaha tetap setia di dunia blogging secara terus menerus dalam jangka waktu lama)

Good luck!
(Semoga sukses!)

Yaro
----------------------------------------------------------

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari apa yang disampaikan Yaro Starak. Salah satunya adalah tetap adanya peluang bagi blog-blog berbahasa Indonesia untuk menjadi pemain utama di pasar negeri sendiri. Mumpung industri bisnis online baru bertumbuh di Indonesia. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah ketabahan dan kesetiaan untuk terus mencintai dunia bisnis online (khususnya blogging). Banyak blogger yang penuh semangat di satu dua bulan pertama, namun kemudian loyo dan mundur teratur dari dunia bisnis online karena mendapati betapa uang yang diimpikan tak kunjung datang. :)

Bagaimana menurut Anda? Saya tunggu pendapat Anda di kolom Komentar. :)

(Gambar diambil dari situs Entrepreneurs-Journey.com)

Medhy Aginta Hidayat
Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Catatan:Seri berikutnya akan menampilkan wawancara eksklusif bersama John Cow, pemilik situs JohnCow.com yang terpilih menjadi Best Blog Name 2007 (versi Performancing Blog Awards) karena mengimitasi nama situs asli JohnChow.com yang menghilang dari search engine karena terkena penalti Google. Jika Anda penggemar John Chow dan John Cow (seperti saya, hehehe) atau tidak ingin terlewat seri wawancara ini, silahkan berlangganan Blogguebo. Klik disini atau klik ikon RSS Feed di pojok kanan atas blog ini untuk berlangganan. Thanks for keep staying here with me. :)Tulisan yang relevan dengan posting ini:
Monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-Write
Klik Klik Klik Dapat Duit?
Memulai Bisnis Online?






Seri Wawancara: Wawancara Eksklusif Bersama Jeremy "Shoemoney" Schoemaker


"Tekuni. Buat diri Anda menjadi orang yang memiliki otoritas dan bangun kelompok pembaca Anda" (Jeremy "Shoemoney" Schoemaker dalam wawancara Blogguebo 2008)Pengantar:
Sejak beberapa hari yang lalu Blogguebo menyajikan seri wawancara eksklusif bersama sejumlah blogger profesional, baik dari dalam maupun luar negeri, seputar dunia blogging, blogging business dan make money from blogging, terutama untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris. Seri wawancara ini seluruhnya dilakukan melalui email dan hasilnya ditampilkan apa adanya, tanpa ada yang dikurangi ataupun ditambah.

Untuk seri ketiga kali ini, wawancara dilakukan bersama Jeremy Schoemaker, blogger asal Amerika Serikat dan pemilik situs Shoemoney.com yang tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Jeremy adalah salah satu tokoh make money from blogging yang dikenal dengan situs Shoemoney.com, publisher Google Adsense dengan cek senilai $132,995 atau setara Rp.1.332.305.847 dan memiliki penghasilan $120,000 per tahun atau setara Rp. 1.132.440.269 per tahun (
sebagai peringkat ke-24 Blogger Berpenghasilan Terbesar 2007, versi Paula Mooney).

Jeremy mulai menjalankan bisnis online dengan membuat sebuah situs game sederhana untuk Macintosh pada saat masih duduk di bangku kuliah. Pengalaman berharga ini kemudian membawanya ke jenjang yang lebih tinggi dengan mendirikan perusahaan dotcom, ShoeMoney Media Group. Beberapa produk ShoeMoney Media Group diantaranya adalah Auction Ads (yang sekarang merger dengan ShoppingAds), Below a Buck (sebuah situs lelang produk-produk berharga dibawah satu dollar) dan Elite Retreat (seminar online business).

Silahkan kunjungi Shoemoney.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Jeremy Schoemaker.

Untuk selanjutnya, silahkan disimak dan dipelajari wawancara berikut. :)

Semoga bermanfaat.

--------------------------------------------
(T): Tanya
(J): Jawab

(T): What do you think of non-English blogs in general?
(Bagaimana pendapat Anda tentang blog-blog yang tidak berbahasa Inggris secara umum?)

(J): I only know English (some may say I don't even know that ;) ) but looking at the amount of trackbacks I get from non-english blogs which seem to be very content rich, I think they are doing really well.
(Saya cuma tahu bahasa Inggris (beberapa orang mungkin malah bilang saya juga nggak tahu bahasa Inggris :)), tapi melihat banyaknya link balik yang saya dapatkan dari blog-blog yang tidak berbahasa Inggris yang terlihat sangat kaya isi, saya kira mereka telah melakukan sesuatu dengan sangat baik)

(T): Do you think non-English blogs have good prospect in the online business realm?
(Apakah menurut Anda blog-blog yang tidak berbahasa Inggris memiliki prospek yang bagus di dunia bisnis online?)

(J): Without a doubt. Right now is a great time for non-english blogs to establish themselves in the space. The reason now is so important is because there is not that many global advertisers yet so there is not much motivation for your competition to be the authority. Its kind of like how it was a long time ago for english speaking blogs when people did it out of passion and not out of profit. Then when advertisers came around they were established. I think this will happen with many non-english blogs as well.
(Tidak diragukan lagi. Saat ini adalah saat yang sangat baik bagi blog-blog yang tidak berbahasa Inggris untuk mengukuhkan diri di dunia bisnis online. Alasan kenapa saat ini begitu penting adalah karena belum adanya terlalu banyak pengiklan global sehingga tidak terlalu besar pula motivasi bagi persaingan untuk menjadi orang yang memiliki otoritas. Ini seperti saat beberapa tahun yang lalu bagi blog-blog berbahasa Inggris ketika orang membuat blog lebih karena kecintaan dan bukan karena uang. Dan ketika para pengiklan datang mereka sudah mapan. Saya kira hal ini juga akan terjadi pada banyak blog yang tidak berbahasa Inggris)

(T): What are the most advantages of non-English blogs compared with English blogs in the online business realm?
(Apa keuntungan paling besar dari blog-blog yang tidak berbahasa Inggris bila dibandingkan dengan blog-blog berbahasa Inggris di dunia bisnis online?)

(J): Mostly the fact that its such a untaped resource. The English market is very saturated in almost any profitable niche.
(Terutama pada kenyataan bahwa ini seperti sumber daya yang belum dimanfaatkan. Pasar berbahasa Inggris sudah sangat jenuh di hampir semua niche yang menguntungkan)

(T): What are the obstacles or constraints?
(Apa kesulitan atau hambatannya?)

(J): I think the obstacles and constraints are pretty standard english or non-english. One of the great things bout todays world is it really does not matter where you are located. Especially for a blog. If you are connecting with people eventually you will build readership (in whatever language). Money will eventually follow.
(Saya kira rintangan dan hambatan adalah sesuatu yang standar baik bagi blog berbahasa Inggris ataupun yang tidak berbahasa Inggris. Satu hal yang sangat luar biasa mengenai kondisi dunia kita saat ini adalah bahwa tidak terlalu menjadi soal dimana Anda berada. Terutama untuk blog. Jika Anda berhubungan dengan banyak orang, perlahan-lahan Anda akan membangun jumlah kelompok pembaca yang besar (dalam bahasa apapun). Uang akan dengan sendirinya mengikuti)

(T): What opportunities are mostly suit for non-English blogs?
(Peluang apa yang paling cocok untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?)

(J): eBay has affiliate programs for over 15 countries. You are also starting to see non-english dating sites popup all over the world. I think the dating and mobile industry will be big up and coming inches in non-english speaking areas.
(eBay memiliki program affiliasi untuk lebih dari 15 negara. Anda juga bisa mulai melihat situs-situs kencan yang tidak berbahasa Inggris di banyak negara. Saya kira industri perkencanan dan industri telepon selular akan semakin besar dan semakin banyak di kawasan-kawasan yang tidak berbahasa Inggris)

(T): What theme mostly fit for non-English blogs?
(Tema apa yang paling sesuai untuk blog-blog non-berbahasa Inggris?)

(J): I would venture technology and industry news. Politics seems to be a hotbed but I just do not see that being very profitable.
(Saya kira teknologi baru dan berita-berita industri. Politik sepertinya bisa menjadi sesuatu yang populer tapi saya tidak melihat akan memberikan banyak keuntungan)

(T): While most online ads are in English, what are the non-English blogs have to do to get the cake?
(Sementara kebanyakan iklan online dalam bahasa Inggris, apa yang harus dilakukan blog-blog yang tidak berbahasa Inggris untuk mendapatkan kue iklan?)

(J): I think non-english blogs have a nice advantage that they can learn from where english only bloggers have failed. Also they can pretty easily also have translated versions of their website into English. I think a lot of English blogs will be translating their content more as the non-english bloggers enter the market.
(Saya kira blog-blog yang tidak berbahasa Inggris punya keuntungan yang bagus bahwa mereka bisa belajar dari kegagalan blogger-blogger berbahasa Inggris. Mereka juga bisa agak lebih mudah menerjemahkan situs mereka ke dalam bahasa Inggris. Saya kira banyak blog berbahasa Inggris nanti akan menerjemahkan isi situs mereka ke bahasa lain ketika semakin banyak blogger yang tidak berbahasa Inggris masuk ke pasar bisnis online)

(T): Among these programs: Google Adsense and PPC Ads, Affiliate Programs, Paid to Click, Paid to Review, Independent Ads, Others - which one will give more opportunity for non-English blogs?
(Diantara program-program ini: Google Adsense dan PPC Ads, Affiliate Programs, Paid to Click, Paid to Review, Independent Ads, Lainnya - mana yang akan memberikan peluang lebih besar bagi blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?)

(J): I would say using something like the Rubicon Project would be key. They will automatically geo target (show ads based on ip) for your customers. This means a person coming from Mexico will only see offers they can use... maybe people from the US only see Adsense. It will full optimize your global campaign.
(Saya akan bilang menggunakan sesuatu seperti Rubicon Project adalah kuncinya. Mereka akan secara otomatis melakukan geo target (menampilkan iklan berdasarkan kode IP) bagi konsumen Anda. Ini artinya sesorang yang datang dari Meksiko hanya akan melihat penawaran iklan yang ditujukan bagi mereka, barangkali orang-orang dari Amerika Serikat hanya akan melihat iklan Adsense yang tampil. Ini akan memaksimalkan upaya kampanye global Anda)

(T): Do you think non-English speaker bloggers should push themselves to write post in English?
(Apakah menurut Anda blogger yang tidak berbahasa Inggris harus memaksakan diri mereka untuk menulis blog dalam bahasa Inggris?)

(J): I think if the site wants to move more into a "news" site and has the budget for it then yes. If its a blog and its a subject the author is passionate about then I would just write in non-english and see where it goes. Its defiantly something that should be tested.
(Saya kira jika situs tersebut ingin beranjak lebih kepada sebuah situs "berita" dan memiliki anggaran untuk itu, maka jawabannya iya. Jika itu adalah blog dan temanya adalah apa yang diminati oleh penulisnya maka saya akan menuliskannya dalam bahasa selain Inggris dan melihat kemana ia akan menuju. Ini sesuatu yang menantang untuk diuji coba)

(T): Do you have or may consider running any new project specifically address for non-English blogs?
(Apakah Anda memiliki atau mungkin sedang mempertimbangkan proyek baru yang secara khusus ditujukan untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?)

(J): Not specifically for blogs. I have had several people offer to translate my content in other languages but at this point I just do not think its worth it.
(Tidak secara khusus untuk blog. Ada beberapa orang yang menawarkan untuk menerjemahkan isi blog saya ke dalam bahasa lain, tapi untuk saat ini saya cuma berpikir hal itu belum terlalu penting)

(T): What's your advice for non-English speaker bloggers in order to keep survive in the online business realm?
(Apa saran Anda untuk blogger-blogger yang tidak berbahasa Inggris agar bisa tetap bertahan di dunia bisnis online?)

(J): Stay at it. Establish your self as an authority and build readership.
(Tekuni. Buat diri Anda menjadi orang yang memiliki otoritas dan bangun kelompok pembaca Anda)

(T): One word about blogging in 2008?
(Satu kata soal blogging di tahun 2008?)

(J): Political
(Politik)
(Barangkali karena tahun 2008 ini adalah momentum Pemilu Presiden Amerika Serikat, red. - Medhy)

Thank you!
(Terima kasih)

Jeremy
-----------------------------------

Satu benang merah yang bisa kita tarik hingga bagian ketiga seri wawancara ini adalah pentingnya fokus, ketekunan, persistensi untuk terus menggeluti dunia blogging. Yaro Starak, John Cow maupun Jeremy Schoemaker - dengan caranya masing-masing - telah menunjukkan kepada kita kekuatan karakter ini. Seberapa kuat Anda bertahan?

Bagaimana menurut Anda? Saya tunggu pendapat Anda di kolom komentar. :)

(Gambar diambil dari situs Shoemoney.com)

Medhy Aginta Hidayat

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Catatan:
Seri berikutnya akan menampilkan wawancara eksklusif bersama Skellie Wag, blogger profesional wanita asal Australia pemilik situs Skelliewag.org dan Anywired.com. Skellie juga dikenal sebagai penulis tamu blog-blog terkenal seperti ProBlogger.net, Daily Blog Tips dan CopyBlogger. Jika Anda ingin tahu pandangan Skellie tentang dunia blogging atau sekedar tidak ingin terlewat seri wawancara ini, silahkan berlangganan Blogguebo. Klik disini atau klik ikon RSS Feed di pojok kanan atas blog ini untuk berlangganan. Sekali lagi, thanks for keep staying here with me. :)

Tulisan yang relevan dengan posting ini:
Wawancara Eksklusif Bersama Yaro Starak
Wawancara Eksklusif Bersama John Cow
Monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-Write






Seri Wawancara: Wawancara Eksklusif Bersama Darren Rowse


"Berusahalah sekuat tenaga untuk menulis konten yang berkualitas dan terus lakukan dalam jangka waktu lama." (Darren Rowse dalam wawancara Blogguebo 2008)


Pengantar:

Beberapa bulan yang lalu Blogguebo.com menyajikan seri wawancara eksklusif bersama sejumlah blogger profesional, baik dari dalam maupun luar negeri, seputar dunia blogging, blogging business dan make money from blogging, terutama untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris.

Seri wawancara eksklusif ini sebenarnya sudah berakhir pada seri ketujuh, dengan wawancara bersama Mas Jacky Supit, pemilik JackBook.com. Niatnya seri wawancara tersebut tidak akan saya lanjutkan. Namun ketika akhirnya (ya, akhirnya!) saya berhasil mewawancarai Darren Rowse, rasanya sayang sekali jika seri wawancara ini harus kita tutup begitu saja. Sayang rasanya kalau wawancara bersama Darren Rowse ini tidak saya bagikan juga untuk Anda. Jadi, akhirnya, inilah wawancara kedelapan dari seri wawancara eksklusif Blogguebo.com.

Untuk seri kedelapan kali ini, wawancara dilakukan bersama Darren Rowse, blogger asal Australia dan pemilik situs ProBlogger.net yang tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Darren Rowse adalah salah satu tokoh make money from blogging yang kini juga dikenal dengan bukunya, ProBlogger: Secrets for Blogging Your Way to a Six-Figure Income (baca juga resensi buku ini di blog ini).

Silahkan kunjungi ProBlogger.net untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Darren Rowse.

Agar tidak terlalu berpanjang lebar, silahkan langsung disimak wawancara bersama Darren Rowse, 'guru' para blogger dunia yang ternyata enam tahun yang lalu menikmati bulan madunya di Bali ini. :)

Semoga bermanfaat.

--------------------------------------------
(T): Tanya
(J): Jawab

(T): What do you think of non-English blogs in general?
(Bagaimana pendapat Anda tentang blog-blog yang tidak berbahasa Inggris secara umum?)

(J): I love the fact that blogging communities exist in different language groups around the world. Unfortunately I don't have any other language other than English so can't really participate in any of them - but think it's great to see bloggers blogging in their native tongue.
(Saya senang dengan kenyataan bahwa komunitas blogging ada di berbagai kelompok bahasa di seluruh dunia. Sayangnya, saya tidak bisa berbahasa lain kecuali bahasa Inggris sehingga saya tidak bisa banyak berpartisipasi di dalamnya - namun saya kira adalah sesuatu yang luar biasa melihat blogger menulis blog dalam bahasa ibu mereka sendiri)

(T): Do you think non-English blogs have good prospect in the online business realm?
(Apakah menurut Anda blog-blog yang tidak berbahasa Inggris memiliki prospek yang bagus di dunia bisnis online?)

(J): Yes - there are some real advantages to doing it in your own language (see next question).
(Ya - ada sejumlah keuntungan nyata menulis blog dalam bahasa Anda sendiri - lihat jawaban pertanyaan selanjutnya)

(T): What are the most advantages of non-English blogs compared with English blogs in the online business realm?
(Apa keuntungan paling besar dari blog-blog yang tidak berbahasa Inggris bila dibandingkan dengan blog-blog berbahasa Inggris di dunia bisnis online?)

(J): There are a number: 1. if you blog in your first language you are more at ease, relaxed and proficient in communicating. You'll do a lot better at attracting an audience and getting respect of readers. 2. less competition - the English blogging space is very crowded but in talking to a few friends who blog in other languages they tell me that they've been able to become the number 1 blog in their niche for that language.
(Ada beberapa keuntungan: 1. Jika Anda menulis blog dalam bahasa Anda sendiri, Anda akan merasa lebih mudah, lebih rileks dan lebih bagus dalam berkomunikasi. Anda akan bisa menarik pembaca dengan lebih baik dan mendapatkan penghargaan dari pembaca blog Anda. 2. Lebih sedikit kompetisi - ranah blogging berbahasa Inggris sangatlah ramai, namun ketika saya berbicara dengan beberapa teman yang menulis blog dalam bahasa lain, mereka mengatakan bahwa mereka bisa menjadi nomor 1 di niche yang mereka tekuni di dalam bahasa mereka)

(T): What are the obstacles or constraints?
(Apa kesulitan atau hambatannya?)

(J): One obstacle can be the number of people searching the web for information in some languages as compared to those searching in English. The 'market' for content online is big in English so the size of audience possible in some other languages could be more limited. However if you can be first to the topic and rank #1 it can still be profitable.
(Salah satu hambatannya adalah jumlah orang yang mencari informasi melalui internet dalam bahasa lain lebih sedikit jika dibandingkan dengan mereka yang mencari informasi dalam bahasa Inggris. 'Pasar' konten online sangat besar dalam bahasa Inggris sehingga jumlah pembaca yang ada untuk bahasa lain menjadi terbatas. Namun demikian, jika Anda bisa menjadi yang pertama untuk topik yang Anda pilih dan mendapat ranking 1 di mesin pencari, hal itu bisa menjadi suatu keuntungan)

(T): What opportunities are mostly suit for non-English blogs?
(Peluang apa yang paling cocok untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?)

(J): They are limitless. Blog on a topic that you're passionate about - that's always been my approach to selecting a topic.
(Tidak terbatas. Ngebloglah mengenai satu topik yang benar-benar Anda sukai - itulah satu-satunya pendekatan saya dalam memilih topik)

(T): What theme mostly fit for non-English blogs?
(Tema apa yang paling sesuai untuk blog-blog non-berbahasa Inggris?)

(J): ? (Barangkali karena bagi Darren tidak ada bedanya tema untuk blog berbahasa Inggris ataupun bahasa lain, Medhy)

(T): While most online ads are in English, what are the non-English blogs have to do to get the cake?
(Sementara kebanyakan iklan online dalam bahasa Inggris, apa yang harus dilakukan blog-blog yang tidak berbahasa Inggris untuk mendapatkan kue iklan?)

(J): This can be a challenge. There seem to be less options in some languages than others. AdSense seems to be one ad network that is growing it's non English ad offerings so that could be a start. Otherwise look for CPM ad networks that serve ads to international traffic. Another solution would be to approach local advertisers directly and ask them to sponsor your blog. I also would look for affiliate programs in your language. Lastly - why not make your own product to sell on your blog?
(Ini bisa menjadi satu tantangan tersendiri. Nampaknya ada lebih sedikit pilihan dalam beberapa bahasa dibanding bahasa yang lain. Adsense barangkali adalah salah satu jaringan periklanan yang kini semakin mengembangkan pilihan untuk publisher non-Inggris dan ini bisa menjadi titik mulai yang baik. Kalau tidak, coba pertimbangkan jaringan periklanan berbasis CPM yang melayani traffic internasional. Solusi yang lain barangkali dengan mendekati pemasang iklan loka secara langsung dan minta mereka untuk mensponsori blog Anda. Saya juga akan menyarankan untuk mencoba program affiliasi dalam bahasa Anda. Terakhir - kenapa tidak membuat produk Anda sendiri dan menjualnya di blog Anda?)

(T): Among these programs: Google Adsense and PPC Ads, Affiliate Programs, Paid to Click, Paid to Review, Independent Ads, Others - which one will give more opportunity for non-English blogs?
(Diantara program-program ini: Google Adsense dan PPC Ads, Affiliate Programs, Paid to Click, Paid to Review, Independent Ads, Lainnya - mana yang akan memberikan peluang lebih besar bagi blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?)

(J): It'll really vary from topic to topic - the same is true for English blogs. Some convert much better with AdSense than affiliate programs while for others it is the other way around.
(Ini sangat berbeda-beda dari satu topik ke topik lainnya - hal yang sama berlaku untuk blog berbahasa Inggris. Beberapa blogger mendapatkan hasil yang lebih bagus dengan Adsense ketimbang dengan program affiliasi sementara yang lain sebaliknya)

(T): Do you think non-English speaker bloggers should push themselves to write post in English?
(Apakah menurut Anda blogger yang tidak berbahasa Inggris harus memaksakan diri mereka untuk menulis blog dalam bahasa Inggris?)

(J): It depends upon their ability in writing English and the amount of time that they have to write more than one blog. If you have a good grasp of English I don't see why not - but personally would not give up on my non English blog to do it.
(Hal itu tergantung kepada kemampuan mereka untuk menulis dalam bahasa Inggris dan waktu yang mereka miliki untuk mengelola lebih dari satu blog. Jika Anda punya dasar bahasa Inggris yang baik, kenapa tidak mencobanya - namun secara pribadi saya tidak akan meninggalkan blog dengan bahasa ibu saya)

(T): What are the most advantages of social media/social networking/social bookmarking for non-English blogs?
(Apa manfaat terbesar situs social media/social networking/social bookmarking bagi blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?)

(J): Social media is all about networking for me and is a great way to find others with similar passions, interests and demographics to you - these people could be potential readers for your blog so it's a good place to promote yourself.
(Situs social media bagi saya adalah sepenuhnya tentang membangun jaringan dan ia merupakan cara yang bagus untuk menemukan orang lain dengan hasrat, kegemaran dan lokasi yang sama dengan Anda - orang-orang ini bisa menjadi potensi pembaca blog Anda, sehingga situs social media bisa menjadi tempat yang bagus untuk mempromosikan diri Anda)

(T): Do you have or may consider running any new project specifically address for non-English blogs?
(Apakah Anda memiliki atau mungkin sedang mempertimbangkan proyek baru yang secara khusus ditujukan untuk blog-blog yang tidak berbahasa Inggris?)

(J): I have toyed with the idea of translating my blogs into other languages but this will not happen for a while.
(Saya sering bermain-main dengan ide untuk menerjemahkan blog-blog saya ke dalam bahasa lain namun sepertinya tidak akan terwujud dalam waktu dekat ini)

(T): What's your advice for non-English speaker bloggers in order to keep survive in the online business realm?
(Apa saran Anda untuk blogger-blogger yang tidak berbahasa Inggris agar bisa tetap bertahan di dunia bisnis online?)

(J): Work hard at creating quality content and stick at it for the long haul.
(Berusahalah sekuat tenaga untuk menulis konten yang berkualitas dan terus lakukan dalam jangka waktu lama)

(T): One word about blogging in 2008?
(Satu kata soal blogging di tahun 2008?)

(J): Enjoy!
(Nikmati!)


Darren Rowse
-----------------------------------

Menulis konten yang bermanfaat dan persistensi dalam menekuni dunia blogging for money adalah dua poin penting yang patut kita garisbawahi dari wawancara eksklusif bersama Darren Rowse ini. Mendapatkan uang melalui blogging bukanlah usaha dalam semalam, melainkan dibutuhkan kerja keras, waktu yang panjang dan kesabaran. Darren Rowse sudah membuktikan hal itu. Bagaimana dengan Anda?

Saya tunggu pendapat Anda di kolom komentar. :)

(Gambar diambil dari situs ProBlogger.net)

Medhy Aginta Hidayat

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Jika Anda belum sempat membaca kedelapan seri wawancara eksklusif ini secara keseluruhan, jangan khawatir. E-book kompilasi seri wawancara eksklusif ini tidak lama lagi akan bisa Anda dapatkan di blog ini secara gratis. Dengan memiliki e-book seri wawancara eksklusif ini, Anda bisa membacanya secara utuh, dimanapun dan kapanpun, tanpa harus terkoneksi dengan internet atau harus mengunjungi blog ini. Tunggu tanggal mainnya ya. :)


Dan jika Anda ingin tahu bagaimana kisah dibalik pembuatan seri wawancara eksklusif ini, silahkan baca artikel "Behind The Interview Series: Tips Membuat Seri Wawancara Sebagai Pillar Article". Thanks a bunch. :)

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Wawancara Eksklusif Bersama Jeremy "Shoemoney" Schoemaker
Wawancara Eksklusif Bersama Yaro Starak
Wawancara Eksklusif Bersama John Cow

Senin, Desember 10, 2007


Monetisasi Blog Anda: (4) Program Paid-to-Socialize

(4) Program Paid-to-Socialize
Bagaimana jika Anda tidak memiliki blog atau situs? Jangan khawatir, Anda masih memiliki alternatif model monetisasi untuk mendulang uang melalui internet. Yang pertama melalui program Paid-to-Click (PTC), atau gampangnya dibayar untuk meng-klik iklan. Ulasan program ini bisa Anda baca disini. Yang kedua, dan akan diulas dibawah ini, adalah melalui program Paid-to-Socialize.

Merujuk namanya, melalui program paid-to-socialize Anda bisa mendulang uang dengan cara menjadi anggota situs-situs social media atau social networking tertentu yang memberikan insentif komisi untuk sejumlah tindakan yang Anda lakukan. Kelebihan program ini dibanding yang lain adalah Anda tidak perlu harus memiliki blog atau situs.

Berikut adalah ulasan sejumlah program social media dan social networking yang bisa Anda pertimbangkan. Jika Anda tertarik, silahkan bergabung. Jangan khawatir, Anda tidak harus menjadi referral saya. :) Mohon diperhatikan ada tanda "Ref", jika link tersebut adalah link referral saya.


Yuwie
Yuwie (Ref) adalah situs jaringan sosial (semacam Friendster) yang membayar aktivitas bersosialisasi online Anda. Yuwie membayar Anda untuk mem-posting tulisan, memberi komentar, mengunggah (upload) foto, chatting, mengunjungi akun Yuwie yang lain, dan mengajak teman Anda untuk bergabung dengan Yuwie. Jika Anda akrab dengan Friendster atau MySpace, Anda tidak akan asing dengan fitur-fitur Yuwie. Klik disini untuk membaca review Yuwie di situs Squidoo.

Dada.net
Dada.net adalah sebuah situs jaringan sosial dengan program pembagian komisi yang akan membayar Anda untuk mengajak teman Anda bergabung dan menarik trafik pengunjung.

Cruxy
Cruxy adalah situs sosial media inovatif khususnya bagi para seniman (musisi, pembuat film pendek, penyanyi) yang ingin mempromosikan produk digital mereka. Dengan memanfaatkan Cruxy Social Player, para seniman bisa menjual produk digital mereka di situs Cruxy.

BitWine
BitWine akan membayar Anda untuk memberi saran dan menjawab pertanyaan pengunjung BitWine, sesuai pilihan minat dan keahlian Anda. Anda cukup mendaftar, mengunduh BitWine Taskbar dan memilih cara pembayaran bagi calon klien Anda.

Ether
Ether memberi peluang kepada Anda untuk mendapatkan uang dari keahlian Anda dengan memberikan saran dan jawaban pertanyaan pengunjung Ether melalui email ataupun telepon. Anda bisa menentukan sendiri tarif layanan Anda.

JustAnswer
JustAnswer hampir mirip dengan Ether dan BitWine. Tugas Anda adalah memberikan saran dan jawaban pertanyaan klien JustAnswer melalui daftar pertanyaan yang tersedia dan Anda akan dibayar untuk setiap jawaban Anda.

MetaCafe
MetaCafe adalah situs berbasis video sharing yang memberi kesempatan kepada Anda untuk mengunggah (upload) video karya Anda dan Anda akan dibayar berdasarkan seberapa sering video Anda ditonton oleh pengunjung MetaCafe.

ChaCha
ChaCha adalah mesin pencari yang memanfaatkan jaringan anggotanya untuk menemukan hasil pencarian secara online. Anda bisa bergabung menjadi anggota ChaCha dan mulai mendapatkan penghasilan dengan memberikan jawaban atas pertanyaan pencarian klien ChaCha.

AssociatedContent
AssociatedContent adalah jaringan social media yang memungkinkan setiap orang untuk mempublikasikan content mereka melalui situs-situs partner AssociatedContent dan mendapatkan imbalan berdasarkan seberapa banyak content tersebut diunduh pengunjung.

MyLot
MyLot mirip dengan Yuwie. MyLot akan membayar Anda untuk mem-posting tulisan, memberi komentar ataupun menggunakan jaringan sosial MyLot untuk keperluan lain.

KnowBrainers
KnowBrainers membayar Anda untuk menjawab pertanyaan anggota komunitas sosial KnowBrainers berdasarkan topik hiburan, sejarah, otomotif, kesehatan, panduan how to, hukum dan lain-lain.

Demikian seri ulasan model-model monetisasi blog yang barangkali bisa Anda pertimbangkan. Jika Anda memiliki informasi tentang program lain yang belum sempat diulas disini, silahkan menambahkan di kolom komentar. Jika Anda tertarik untuk bergabung, silahkan mendaftar melalui link yang ada dalam posting ini (catatan: link dengan tanda "Ref" adalah link referral saya).

Selamat mencoba! Selamat berbagi!

(Gambar diambil dari situs BitWine)

Medhy Aginta Hidayat
Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan yang relevan dengan posting ini:
Monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-Write
"Klik Klik Klik Dapat Duit?"
Harga Sebuah Ide: (1) Million Dollar Homepage




 

Monetisasi Blog Anda: (3) Program Paid-to-Affiliate


(3) Program Paid-to-Affiliate

Selain program paid-to-write dan paid-to-advertise, model monetisasi lain yang populer adalah Program Affiliasi atau biasa disebut juga sebagai Associates Program. Merujuk namanya, melalui program ini Anda bisa mendulang uang dengan cara menjadi affiliasi (anggota program affiliate) dan "menjual" produk atau layanan pihak ketiga kepada pengunjung blog atau situs Anda.

Jika pengunjung blog atau situs Anda melakukan transaksi pembelian, maka Anda akan mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu. Salah satu contoh terpopuler sekaligus pionir program affiliasi adalah Amazon Associates.

Berikut adalah ulasan sejumlah program affiliasi yang bisa Anda pertimbangkan. Sebelum memutuskan untuk mendaftar, sebaiknya pelajari terlebih dahulu program bersangkutan. Jika Anda tertarik, silahkan bergabung. Sebagai catatan, tidak ada link referral saya dalam ulasan ini.

Amazon Associates
Amazon Associates memberi kesempatan kepada Anda untuk menjadi affiliate dan mempromosikan produk dan layanan Amazon.com di blog atau situs Anda. Produk Amazon.com terentang mulai dari buku, games, e-book, furnitur hingga MP3.

ClickBank
ClickBank adalah "pasar" produk digital online (e-book) terbesar dimana Anda bisa mempromosikan ribuan produk digital populer setiap hari. Dengan menjadi affiliate ClickBank, Anda bisa menghubungkan tema content blog atau situs Anda dengan produk e-book ClickBank, dan mendapatkan keuntungan berlipat.

Commission Junction
Commission Junction memberi kesempatan kepada Anda untuk memaksimalkan blog atau situs Anda dengan menjadi affiliate dan "menjual" produk-produk CJ di blog atau situs Anda. Dengan rentang produk yang sangat beragam, Anda bisa memilih sendiri produk yang ingin Anda promosikan.

LinkShare
LinkShare adalah salah satu program affiliate yang menggunakan teknologi non cookie-based, sehingga menghindarkan Anda dari resiko kerugian akibat kesalahan tracking cookies. Anda bisa menghubungkan link produk LinkShare dengan posting di blog Anda dan mendapatkan imbalan jika pengunjung membeli produk yang Anda promosikan.

Affiliate Fuel
Affiliate Fuel adalah salah satu jaringan affiliasi terbesar di dunia. Affiliate Fuel memberi kesempatan kepada Anda untuk memonetisasi blog atau situs Anda dengan "menjual" produk atau layanan pihak ketiga di blog atau situs Anda.

LinkConnector
LinkConnector merupakan salah satu jaringan affiliasi yang bisa Anda pertimbangkan untuk memonetisasi blog atau situs Anda. Pilihlah produk LinkConnector yang sesuai dengan tema blog atau situs Anda.

Forex-Affiliate
Forx-Affiliate adalah salah satu program affiliasi Forex terbesar saat ini. Jika Anda tertarik untuk memonetisasi blog atau situs Anda dengan produk industri Forex, program Forex-Affiliate perlu Anda pertimbangkan.

IncentaClick Affiliate Network
IncentaClick Affiliate Network memberi kesempatan kepada Anda untuk memaksimalkan blog atau situs Anda dengan menjadi affiliate dan "menjual" produk-produk CJ di blog atau situs Anda. Dengan rentang produk yang sangat beragam, Anda bisa memilih sendiri produk yang ingin Anda promosikan.

AdPlosion
AdPlosion memberi kesempatan kepada Anda untuk menjadi affiliate AdPlosion dengan mempromosikan produk, menghasilkan lead atau mendapatkan klik dari pengunjung blog atau situs Anda. Anda juga bisa mengikuti program insentif per poin sebagai alternatif tambahan komisi Anda.

AffiliateFuture
AffiliateFuture memberi kesempatan kepada Anda untuk menjadi affiliate dan mempromosikan produk dan layanan AffiliateFuture di blog atau situs Anda. AffiliateFuture membayar setiap bulan untuk lead atau penjualan yang Anda hasilkan dari blog atau situs Anda.

ThinkAction
ThinkAction merupakan salah satu program affiliasi yang barangkali bisa Anda pertimbangkan. Dengan menjadi affiliate ThinkAction dan menghubungkan produk ThinkAction dengan link blog
atau situs Anda, Anda bisa mendulang uang dari blog atau situs Anda.

ClixGalore
ClixGalore adalah sebuah jaringan affiliasi dengan kurang lebih 7500 pengiklan produk yang bisa Anda pilih sendiri linknya sesuai tema blog atau situs Anda.

RocketProfit
RocketProfit adalah sebuah jaringan affiliasi dengan kurang lebih 5000 pengiklan produk. RocketProfit memberikan pembayaran melalui cek dengan nilai pembayaran minimum $25.

Sekali lagi, sebelum Anda memutuskan untuk bergabung, sebaiknya pelajari terlebih dahulu Terms and Conditions program bersangkutan. Ada baiknya juga Anda menyempatkan diri membaca bagian Frequently Asked Questions (FAQ) di situs bersangkutan.

Selamat mencoba!

Seri tulisan berikutnya akan mengulas program-program social media dan social networking berbayar. Jadi, sekali lagi, jangan lewatkan! :)
E-book Affiliasi GRATIS:
Oh ya, kebetulan saya memiliki e-book sangat bagus tentang affiliasi, "The Affiliate Masters Courses: Become a High-Earning Affiliate Champion". Jika Anda tertarik membaca e-book setebal 193 halaman karya Ken Evoy ini, caranya mudah. Cukup berlangganan Blogguebo disini dan kirimkan email kosong ke alamat email saya: medhy.aginta@gmail.com, dengan subjek "Berlangganan Blogguebo - AMC". Saya akan mengirimkan e-book tersebut secara GRATIS untuk Anda. Jangan khawatir, email Anda aman. I hate spams too.


(Gambar diambil dari situs ClickBank)

Medhy Aginta Hidayat
Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan yang relevan dengan posting ini:
Monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-Write
Monetisasi Blog Anda: (2) Program Paid-to-Advertise
"Klik Klik Klik Dapat Duit?"

 

Monetisasi Blog Anda: (2) Program Paid-to-Advertise




(2) Program Paid-to-Advertise
Selain program paid-to-write, salah satu pilihan monetisasi bisnis online yang paling populer adalah program paid-to-advertise. Merujuk namanya, melalui program ini Anda akan dibayar dengan cara menampilkan iklan dari penyedia layanan paid-to-advertise di blog atau situs Anda. Iklan-iklan ini bisa berupa iklan teks ataupun grafis (banner ads). Salah satu contoh paling populer dari program paid-to-advertise adalah Google Adsense.

Berikut adalah ulasan sejumlah program paid-to-advertise yang bisa Anda pertimbangkan. Harap diperhatikan, sebagian besar program paid-to-advertise mensyaratkan hanya blog atau situs berbahasa Inggris yang bisa bergabung menjadi publisher (penampil iklan).

Jika Anda tertarik, silahkan bergabung. Jangan khawatir, Anda tidak harus bergabung menjadi
referral saya. Mohon diperhatikan ada tanda "Ref", jika link tersebut adalah link referral saya.


Google Adsense
Google Adsense memungkinkan Anda mendulang uang dari iklan-iklan kontekstual yang Anda tampilkan di blog atau situs Anda. Merujuk namanya, jenis iklan kontekstual Google Adsense akan menyesuaikan dengan content blog atau situs Anda. Anda dibayar berdasarkan perhitungan iklan yang di-klik oleh pengunjung blog atau situs Anda. Jika ingin bergabung, silahkan klik button link "Generate Revenue from Your Site with Google Adsense" (Ref) di sidebar sebelah kiri blog ini.

WidgetBucks
WidgetBucks (Ref) merupakan program widget ads yang menggabungkan PPC dan CPM (berdasarkan impresi iklan). Tampilan iklannya cukup menarik berdasarkan pilihan kategori yang Anda inginkan (bisa juga secara kontekstual). Jika iklan Anda diklik oleh pengunjung yang tinggal di negara-negara Amerika Utara, maka perhitungan dilakukan berdasarkan pay per click, namun jika pengunjung tersebut tinggal di luar negara-negara Amerika Utara, maka perhitungan dilakukan berdasarkan impresi iklan atau CPM. Silahkan klik banner WidgetBucks di sidebar sebelah kiri blog ini untuk bergabung.

Text-Link-Ads
Text-Link-Ads atau TLA memberi kesempatan kepada Anda untuk menjual iklan teks di dalam blog atau situs Anda. Anda bisa menentukan sendiri jenis iklan yang ingin Anda pasang di blog atau situs Anda. TLA menggunakan sistem penetapan harga iklan berdasarkan trafik, tema dan popularitas blog atau situs Anda. Semakin besar trafik dan semakin populer blog Anda, harga iklan pun semakin tinggi.

Chitika
Chitika (Ref) memberikan kesempatan kepada pemilik blog atau situs untuk menampilkan iklan sesuai dengan tema blog atau situs mereka. Salah satu pilihan iklan Chitika adalah Chitika eMinimals, yang akan menampilkan produk-produk dan shopping basket secara kontekstual di blog atau situs Anda. Silahkan klik banner Chitika di sidebar sebelah kiri blog ini untuk bergabung.

Clicksor
Clicksor menyediakan pilihan iklan kontekstual yang cukup bervariasi - semisal teks link, banner, pop-under ads, dan kotak pencari - untuk blog atau situs Anda. Anda bisa memilih jenis iklan yang Anda inginkan dan mendapatkan imbalan jika iklan Anda di-klik oleh pengunjung blog atau situs Anda.

Yahoo Publisher Network
Yahoo Publisher Network adalah program paid-to-advertise sejenis Google Adsense yang diluncurkan oleh Yahoo Inc. Melalui YPN, Anda bisa menampilkan iklan yang sesuai dengan content blog atau situs Anda dan akan mendapatkan imbalan jika iklan tersebut di-klik oleh pengunjung blog atau situs Anda.

Bidvertiser
Bidvertiser (Ref) membayar setiap iklan yang di-klik oleh pengunjung blog atau situs Anda berdasarkan harga bidding (lelang) termahal yang ditawarkan oleh pengiklan. Bidvertiser membayar Anda melalui akun PayPal atau cek secara bulanan dengan nilai minimum pembayaran $10.

YesAdvertising
YesAdvertising (Ref) menyediakan pilihan iklan yang cukup menarik dan bervariasi. Pembayaran dilakukan setiap dua minggu sekali melalui cek atau PayPal. YesAdvertising menerima trafik dan pendaftaran dari negara manapun.

AdBrite
AdBrite (Ref) adalah salah satu program paid-to-advertise yang memungkinkan Anda untuk menerima atau menolak iklan yang ingin Anda tampilkan di blog atau situs Anda. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari tampilnya iklan yang tidak sesuai dengan isi blog atau merupakan kompetitor iklan yang sudah ada di blog Anda.

TTZ Media
TTZ Media adalah program pay-per-click yang memberikan kesempatan kepada pemilik blog atau situs untuk menampilkan iklan sesuai pilihan Anda sendiri. Jika blog Anda berbasis produk atau online shopping mall, TTZ Media layak Anda pertimbangkan sebagai pilihan monetisasi blog Anda.

AzoogleAds
AzoogleAds memungkinkan pemilik blog atau situs menampilkan iklan suatu produk atau layanan di blog atau situs mereka dan dibayar jika iklan tersebut di-klik oleh pengunjung.

BlogAds
BlogAds adalah salah satu program paid-to-advertise yang memungkinkan Anda memonetisasi blog atau situs Anda. Jika Anda ingin bergabung, Anda harus melalui sponsor yang sudah terlebih dahulu bergabung dengan jaringan BlogAds.

LinkWorth
LinkWorth merupakan penyedia layanan program paid-to-advertise dengan iklan berupa iklan teks, baik in-content ads maupun rotating ads, yang memungkinkan Anda memasang iklan di batang posting blog atau situs Anda.

MediaFed
MediaFed secara khusus memanfaatkan RSS Feed untuk menampilkan iklan melalui RSS Feed blog atau situs Anda.

Q-Ads
Q-Ads memberikan pilihan kepada publisher untuk menentukan sendiri keyword iklan yang ingin Anda tampilkan di blog atau situs Anda. Selain melalui blog atau situs Anda, layanan Q-Ads juga memungkinkan Anda menampilkan iklan melalui RSS Feed.

Tribal Fusion
Tribal Fusion merupakan salah satu program paid-to-advertise yang mensyaratkan blog atau situs Anda memiliki pengunjung minimal 2000 per hari, dengan target pembaca yang terfokus, dan selalu up-to-date untuk bisa menjadi publisher.

Pheedo
Pheedo adalah program paid-to-advertise yang memberi pilihan kepada pemilik blog atau situs untuk memanfaatkan RSS Feed untuk menampilkan iklan dan mendapatkan imbalan dari iklan-iklan tersebut.

PeakClick
PeakClick adalah program paid-to-advertise yang memungkinkan Anda menampilkan link iklan PeakClick dan mendapatkan 70% nilai penjualan iklan. Pembayaran dilakukan dengan Euro, namun juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan pembayaran dalam USD.

TargetPoint
TargetPoint menyediakan iklan teks dan grafis yang relevan dengan content blog atau situs Anda.

RevenuePilot
RevenuePilot memberikan skema Pay For Performance (PFP) dan Pay Per Click (PPC) untuk memaksimalkan pendapatan melalui iklan yang Anda tampilkan di dalam blog atau situs Anda.

ROIRocket
ROIRocket merupakan jaringan paid-to-advertise dengan skema Pay-Per-Action yang akan memberikan pembayaran hanya jika pengunjung blog atau situs Anda melakukan pembelian suatu produk atau jasa dari iklan yang tampil di blog atau situs Anda.

IndustryBrains
IndustryBrains menyediakan pilihan iklan kontekstual berupa iklan teks dan banner yang bisa Anda tampilkan di blog atau situs Anda.

OneMonkey
OneMonkey adalah salah satu pilihan program paid-to-advertise yang memungkinkan Anda menampilkan iklan teks di blog atau situs Anda. Pembayaran diberikan apabila iklan tersebut di-klik oleh pengunjung blog atau situs Anda.

Jika Anda belum melakukan monetisasi blog atau situs Anda, tidak ada salahnya mencoba program-program paid-to-advertise diatas. Namun sebelum bergabung, ada baiknya Anda pelajari terlebih dahulu dengan seksama Terms and Conditions masing-masing program agar terhindar dari hal-hal yang mungkin merugikan Anda.

Selamat mencoba!

Seri tulisan berikutnya akan mengulas program-program affiliasi. Sekali lagi, jangan lewatkan! :)

(Gambar diambil dari Yahoo Publisher Network)

Medhy Aginta Hidayat
Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan yang relevan dengan posting ini:
Monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-Write
"Klik Klik Klik Dapat Duit?"
Harga Sebuah Ide: (1) Million Dollar Homepage






Monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-Review


Pengantar:
Monetisasi blog bukan cuma lewat Google Adsense. Jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk membangun sebuah bisnis online dari blog Anda, ada baiknya serba sedikit mengenali program-program monetisasi apa saja yang bisa Anda ikuti. Sekedar ingin berbagi, mulai hari ini dan selama beberapa hari ke depan, Blogguebo akan menampilkan seri ulasan pendek tentang program-program monetisasi bisnis online.

Seri pertama kali ini akan mengulas program-program Paid-to-Review. Jangan lewatkan jika Anda benar-benar serius ingin membangun bisnis online Anda. :)

(1) Program Paid-to-Review
Jika Anda suka dan jago menulis (dalam bahasa Inggris), salah satu pilihan bisnis online yang bisa Anda pertimbangkan adalah program paid-to-review. Seperti namanya, melalui program ini Anda dibayar untuk menulis review, opini atau sekedar menyinggung suatu link produk yang diiklankan dalam tulisan di blog atau situs Anda.

Berikut adalah ulasan sejumlah program paid-to-review yang bisa Anda pertimbangkan. Jika Anda tertarik, silahkan bergabung. Jangan khawatir, sama sekali tidak ada link referral saya dalam seri tulisan ini (jika toh ada, perhatikan ada tanda "Ref" disana).

PayPerPost
PayPerPost akan membayar tulisan di blog atau situs Anda. Tugas Anda adalah menulis review atau opini tentang suatu produk, dan jika tulisan Anda disetujui oleh PayPerPost, Anda akan dibayar untuk tulisan Anda.

Smorty
Smorty akan membayar Anda untuk menulis tentang suatu produk, layanan atau situs tertentu di blog Anda. Smorty membayar secara mingguan. Anda bebas menulis topik yang Anda sukai. Anda juga bisa memposting di beberapa blog atau situs yang Anda miliki.

Blogsvertise
Blogsvertise akan membayar Anda untuk menciptakan BUZZ. Tugas Anda adalah menyinggung suatu produk, layanan atau situs tertentu dalam tulisan di blog Anda sehingga pembaca blog atau situs Anda mengenal produk atau layanan tersebut. Blogsvertise membayar per posting tulisan Anda melalui akun PayPal.

Review Me
Review Me akan membayar Anda untuk mereview produk atau layanan tertentu di blog atau situs Anda. Anda sendiri yang menentukan topik apa yang Anda review. Review membayar $20 hingga $200 untuk setiap review yang Anda tulis di blog atau situs Anda.

Blogitive
Blogitive memberi peluang Anda untuk menulis opini tentang produk yang baru dirilis oleh perusahaan tertentu. Anda dibayar melalui akun PayPal Anda secara mingguan untuk setiap posting tulisan yang Anda buat.

BloggerWave
BloggerWave adalah salah satu pilihan menarik untuk menghasilkan uang dengan membuat blog (secara gratis) dan menuliskan opini Anda tentang suatu topik tertentu.

InBlogAds
InBlogAds akan membayar setiap tulisan review atau opini yang ditugaskan kepada Anda. Anda bisa memilih topik yang Anda sukai.

BuyBlogReviews
BuyBlogReviews adalah situs layanan review advertising yang memberi kesempatan kepada Anda untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dengan cara menulis review situs atau produk klien BuyBlogReviews. Selain itu BuyBlogReviews juga memberikan program affiliasi sehingga semakin banyak referral yang bergabung dengan Anda semakin besar komisi yang Anda dapat.

BlogToProfit
BlogToProfit menghubungkan Anda dengan pemasang iklan yang ingin memanfaatkan blog Anda. Melalui BlogToProfit tugas Anda adalah "memasang" iklan di tulisan yang Anda buat. Karena menyatu dengan posting tulisan Anda, ada ruang tak terbatas untuk mendapatkan keuntungan melalui program ini.

451 Press
451 Press adalah tempat yang tepat bagi Anda yang berbakat menulis. 451 Press akan membayar tulisan-tulisan berkualitas sebagai content jaringan blog 451 Press.Digital Journal
Digital Journal akan membayar Anda untuk berbagi opini, memberi voting untuk suatu artikel tertentu, terlibat diskusi dan menulis artikel sebagai citizen journalist.

Creative Weblogging
Creative Weblogging akan membayar Anda untuk menjadi penulis lepas jaringan135 blog Creative Weblogging yang tersedia dalam 5 bahasa. Namun saat ini belum men-support bahasa Indonesia.

BlogBurner
BlogBurner memberi pilihan kepada Anda untuk menulis tentang suatu topik dan BlogBurner yang akan memasarkan tulisan Anda.

Squidoo
Squidoo akan membayar Anda untuk menulis suatu topik di blog atau situs Anda. Anda juga memiliki pilihan untuk mendonasikan pendapatan Anda secara otomatis.

About.com
About.com adalah jaringan situs penyedia solusi praktis masalah-masalah sehari-hari. Jika Anda memiliki keahlian tertentu, ingin membagikannya kepada orang lain dan suka menulis, Anda bisa menjadi penulis About.com dan mendapatkan penghasilan melalui tips-tips atau informasi yang Anda berikan.

DayTipper
DayTipper akan membayar Anda untuk menulis tips-tips orisinal, unik dan bermanfaat senilai $3 per tips.

CreamAid
CreamAid adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk bertemu dengan sesama blogger dengan minat yang sama dan mendapatkan uang melaluinya. Yang Anda lakukan adalah memasang widget CREAMaid Conversation dalam posting Anda. Jika terpilih, tulisan Anda akan disindikasikan ke seluruh jaringan CreamAid dan Anda akan mendapatkan royalti tulisan Anda.

Helium
Helium adalah sebuah komunitas penulis yang memberi kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi penulis lepas untuk menulis topik yang Anda sukai bagi jaringan situs pemasang iklan Helium.

SponsoredReviews
SponsoredReviews adalah situs layanan review advertising yang memberi kesempatan kepada Anda untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dengan cara menulis review situs atau produk klien SponsoredReviews. Kelebihan SponsoredReview dibanding yang lain adalah Anda bisa menentukan sendiri nilai bidding komisi review Anda. Selain itu SponsoredReviews juga memberikan program affiliasi sehingga semakin banyak referral yang bergabung dengan Anda semakin besar komisi yang Anda dapat.


Mashable
Masable akan membayar penulis-penulis lepas yang berminat terhadap topik-topik situs sosial dan Web 2.0. Jika Anda menyukai topik-topik ini dan suka menulis, program ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda.

Jika Anda memang menyukai dunia tulis-menulis, dan bisa (sedikit) berbahasa Inggris, tidak ada salahnya membuat diversifikasi online sources of income melalui program-program paid-to-review diatas. Semakin banyak keranjang, semakin banyak peluang mengamankan "telur" yang Anda miliki. :)

Seri tulisan berikutnya akan mengulas program-program Paid-to-Advertise, semacam Google Adsense. Sekali lagi, jangan lewatkan! :)

(Gambar diambil dari situs DayTipper)

Medhy Aginta Hidayat
Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan yang relevan dengan posting ini:
"Klik Klik Klik Dapat Duit?"
Harga Sebuah Ide: (1) Million Dollar Homepage
Mendaftar Google Adsense




 

10 Tips Menarik Lebih Banyak Komentar di Blog Anda


Salah satu kelebihan blog adalah sifatnya yang interaktif. Melalui kolom komentar, pembaca blog bisa berkomunikasi secara langsung dengan si pemilik blog ataupun dengan pembaca blog yang lain. Jumlah komentar di sebuah blog juga bisa menjadi ukuran kesuksesan seorang blogger. Semakin banyak jumlah komentar, maka semakin populer pula blog tersebut.

Sayangnya, tidak semua blog bisa mendapatkan banyak komentar. Hanya sedikit blog yang berhasil menarik pembacanya untuk meninggalkan komentar.

Adakah rahasianya?

Pertanyaan jamak yang kemudian seringkali hinggap di kepala setiap blogger adalah: "Bagaimana saya bisa mendapatkan 100 atau lebih komentar di blog saya?"

Dibawah ini adalah 10 tips untuk mendapatkan lebih banyak komentar yang saya sarikan dari pengalaman saya pribadi.

10 Tips Menarik Lebih Banyak Komentar di Blog Anda

1. Dorong Pembaca Blog Anda Untuk Berkomentar
Mintalah, dan Anda akan mendapatkan. Hukum ini juga berlaku di dunia blogging. Jika Anda ingin pembaca blog Anda memberikan komentar di blog Anda, jangan ragu-ragu untuk memintanya. Dorong pembaca blog Anda untuk berbagi komentar tentang topik tertentu yang Anda tulis di blog Anda. Jika Anda melakukannya dengan sopan, saya percaya pembaca blog Anda pasti akan tergerak untuk memberikan komentar di blog Anda.

Poin: Dalam beberapa artikel saya biasa mendorong pembaca blog ini untuk berbagi komentar dengan cara mengimbuhkan kalimat "dorongan" berkomentar sebagai berikut: "Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini. :)"

Contoh artikel: Make Money from Blog Itu Gampang?

2. Ajukan Pertanyaan Kepada Pembaca Blog Anda
Salah satu cara paling berhasil untuk mendapatkan komentar di blog Anda adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada pembaca blog Anda. Jangan takut apabila Anda tidak mendapatkan respon seperti yang Anda inginkan. Setidaknya, jika Anda mengajukan pertanyaan, pembaca blog Anda akan tahu bahwa Anda ingin berinteraksi lebih dekat lagi dengan pembaca blog Anda. Bertanyalah dengan sopan dan sesuaikan dengan topik blog Anda.

Poin: Dalam salah satu artikel saya sengaja mengajukan pertanyaan pendek kepada pembaca blog ini dengan pertanyaan berikut untuk menarik komentar: "Apa alasan Anda membaca Blogguebo.com?"

Contoh artikel: Birthday Present untuk Pembaca Blogguebo.com

3. Permudah Cara Berkomentar di Blog Anda
Bayangkan betapa repotnya pembaca blog Anda jika harus menuliskan capcha atau password atau malah harus log in terlebih dahulu untuk berkomentar di blog Anda. Jika Anda benar-benar ingin menumbuhkan budaya berkomentar di blog Anda, akan lebih baik apabila Anda mempermudah cara berkomentar di blog Anda. Hilangkan fitur moderasi, capcha, password atau apapun yang hanya akan membuat pembaca blog Anda malas berkomentar.

Poin: Di blog ini misalnya, setiap pembaca bisa meninggalkan komentar dengan mudah tanpa harus memasukkan kode huruf, capcha atau password apapun.

4. Balas Komentar Pembaca Blog Anda
Ketika pembaca blog Anda memberikan komentar di blog Anda, sejatinya ia ingin berinteraksi dengan Anda maupun dengan pembaca blog yang lain. Balaslah komentar-komentar di blog Anda (selagi jumlahnya belum banyak) dan suatu hari Anda akan terkejut mendapati semakin banyaknya komentar yang diberikan oleh pembaca blog Anda. Membalas komentar juga menjadi salah satu cara untuk menghargai pembaca blog Anda.

Poin: Saya selalu berusaha (selagi bisa) membalas komentar yang diberikan oleh pembaca blog ini. Dan hasilnya memang sangat positif. Blog ini menjadi (sedikit) berbeda dengan blog-blog lain karena saya berusaha selalu membalas setiap komentar di setiap artikel yang saya tulis. :)

Contoh artikel: Hampir di semua artikel.

5. Beri Insentif Untuk Komentar di Blog Anda
Memberikan insentif untuk berkomentar di blog Anda bisa menjadi salah satu cara tercepat untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda. Insentif tidak perlu mahal. Malah bisa gratis. Anda bisa sekedar memberikan do-follow backlink, komentar balik atau sekedar e-book gratis. Yang terpenting adalah itikad baik Anda untuk memberikan sekedar balas budi kepada pembaca blog Anda yang telah berkomentar.

Poin: Di blog ini saya memberikan do-follow backlink untuk setiap komentar yang ditinggalkan di blog ini (termasuk juga komentar "Pertamaxx". Hehehe).

6. Menulislah Dengan Santun
Meskipun nampaknya tidak berkaitan, namun sejatinya gaya menulis yang santun memiliki pengaruh terhadap sikap penerimaan pembaca blog Anda. Jika Anda menulis dengan santun, pembaca blog Anda akan merasa dihargai dan sebagai imbalannya akan lebih mudah memberikan komentar di blog Anda.

Poin: Saya selalu berusaha untuk menulis dengan santun, meskipun tentu tetap dengan gaya saya pribadi. Demikian halnya ketika membalas komentar pembaca.

Contoh artikel: Hampir di semua artikel. :)

7. Tulislah Artikel Yang Memancing Rasa Ingin Tahu
Tips lain untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda adalah dengan membuat tulisan "menggantung" alias open-ended yang memancing rasa ingin tahu pembaca. Buatlah pembaca blog Anda penasaran dan "terpaksa" bertanya di bagian kolom komentar. Namun demikian, ada baiknya jika tips ini tidak terus-menerus Anda pergunakan. Pembaca blog Anda pun suatu saat akan merasa jengah bila dipaksa untuk terus-menerus membaca artikel yang selalu "menggantung" tanpa kesimpulan.

Poin: Saya pernah mencoba menggunakan tips ini untuk memancing rasa ingin tahu pembaca blog ini tentang topik marketing revolution untuk blog (maaf, belum sempat menulis artikelnya).

Contoh artikel: Apa Itu Marketing Revolution?

8. Bangun Budaya Berkomentar Yang Positif
Anda adalah pencipta budaya berkomentar di blog Anda sendiri. Jika Anda terbiasa membalas komentar dengan negatif, kasar, acuh tak acuh dan sekedarnya, maka budaya itulah yang akan diikuti oleh pembaca blog Anda. Sebaliknya, jika Anda terbiasa membalas komentar dengan positif, respek, santun dan rendah hati, maka budaya itu pulalah yang akan menular kepada pembaca blog Anda.

Poin: Semampu saya, saya berusaha membangun budaya berkomentar yang positif di blog ini dengan selalu membalas komentar juga dengan cara yang positif, santun dan menghargai. :)

9. Buatlah Kontes Komentar Terbanyak
Tips ini bisa Anda lakukan jika cara-cara lain relatif kurang memberikan hasil. Dengan mengadakan kontes komentar terbanyak (tentu dengan hadiah yang cukup menarik), maka pembaca blog Anda pasti akan tergerak untuk sering meninggalkan komentar di blog Anda. Kerugian cara ini, Anda harus memiliki budget ekstra untuk sekedar memberikan hadiah bagi pemenang kontes yang Anda adakan.

Poin: Terus terang saya belum pernah menerapkan tips ini. Namun bukan tidak mungkin, suatu saat nanti saya akan mengadakan kontes komentar terbanyak di blog ini. Jadi, tetap stay tune disini ya. :)

10. Berkomentar di Blog Lain
Jika segala daya upaya di blog Anda sendiri tidak berhasil, Anda bisa mencoba menarik lebih banyak komentar di blog Anda dengan terlebih dahulu memberikan komentar di blog lain. Anda memberi, maka Anda akan menerima. Hukum yang sama juga berlaku di dunia blogging. Jadi, jika komentar di blog Anda masih relatif sedikit, cobalah keluar dan berikan komentar di blog-blog yang setopik dengan blog Anda.

Poin: Pada awal-awal menjalani aktivitas blogging, saya selalu menyempatkan diri berkomentar di setidaknya 10 blog yang berbeda setiap harinya.

----------------------------------

Ke-10 tips diatas hanyalah sekedar pengalaman pribadi saya mengenai bagaimana cara mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda.

Meskipun demikian, komentar hanyalah komentar. Tidak ada untungnya merasa patah semangat hanya karena masih sedikitnya jumlah komentar di blog Anda. Bahkan blog-blog paling populer pun sebenarnya hanya menarik paling banyak 1 persen dari seluruh pembacanya untuk berkomentar.

Jika Anda sabar serta persisten menerapkan tips-tips diatas, yakinlah bahwa Anda sebenarnya sedang menumbuhkan sebuah blog yang tidak hanya akan menarik lebih banyak komentar, namun juga akan menumbuhkan sebuah ikatan komunitas antara Anda dan pembaca blog Anda.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki tips-tips brillian yang lain untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda? Senang sekali jika Anda mau membagikannya dengan saya di disini.

Semoga bermanfaat.

(Gambar diambil dari PJLightHouse.com)

Medhy Aginta Hidaya

7 Cara Cerdas Meningkatkan Jumlah Pelanggan RSS


Kali ini saya ingin sekedar membagikan pengalaman saya tentang bagaimana cara meningkatkan jumlah pelanggan RSS blog ini dari 0 hingga 461 pelanggan dalam waktu 6 bulan.

Jujur saja, waktu 6 bulan adalah waktu yang lama. Ada banyak blogger yang mampu mendapatkan ratusan bahkan ribuan pelanggan RSS bahkan dalam waktu mingguan. Saya sekedar blogger biasa. Bukan blogger "istimewa". Jadi cara-cara yang saya pergunakan untuk meningkatkan jumlah pelanggan RSS di blog ini pun sekedar cara-cara biasa yang saya yakin Anda pun bisa melakukannya.

Saya pribadi terus terang memang cukup merasakan manfaat memberikan layanan berlangganan RSS Feed untuk pembaca blog ini. Meskipun traffic pengunjung dari search engine masih ngos-ngosan, hemat saya setidaknya blog ini telah memiliki pembaca setia yang selalu menyimak artikel-artikel blog ini melalui RSS Reader ataupun email mereka masing-masing (thanks a bunch untuk semua pelanggan RSS Feed blog ini).

Selain itu, dengan jumlah pelanggan RSS Feed yang semakin besar, manfaat lain yang bisa kita dapatkan diantaranya adalah memungkinkan terbangunnya komunitas pembaca setia yang semakin besar, bisa menjadi salah satu ukuran pencapaian kesuksesan blog Anda (selain traffic pengunjung, page views, jumlah komentar dan uang yang Anda hasilkan dari blog Anda), memungkinkan peluang monetisasi blog berdasarkan jumlah pelanggan RSS, dan ketika jumlah pelanggan sudah sangat besar akan menciptakan efek buzz marketing untuk blog Anda.

Berikut adalah 7 cara cerdas yang pasti juga bisa Anda coba untuk meningkatkan jumlah pelanggan RSS blog Anda.

1. Promosikan Fitur Berlangganan RSS Feed di Blog Anda
Jika Anda memang berniat memberikan pilihan kepada pengunjung blog Anda untuk mendapatkan updates artikel dari blog Anda melalui RSS Feed, jangan malu-malu untuk mempromosikan fitur RSS Feed Anda semenyolok mungkin. Pasang "tombol oranye" ikon RSS Feed (atau gambar gadis cantik di artikel ini) di bagian paling atas atau bagian blog Anda yang paling mudah dilihat.

Sebagai contoh, di blog ini saya menggunakan "tombol oranye" ikon RSS Feed yang cukup besar di bagian kanan atas blog ini.

Selain gambar, pergunakan juga berbagai variasi teks link yang intinya menjelaskan bahwa pengunjung blog Anda bisa berlangganan artikel-artikel dari blog Anda melalui RSS Feed. Sebagai contoh, di blog ini Anda pasti akan menjumpainya teks "Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo" di bagian footer setiap artikel di blog ini.

Selain itu saya juga memanfaatkan layanan FeedBurner untuk menampilkan fitur berlangganan RSS berupa teks yang bisa Anda temukan juga di bagian footer blog ini (silahkan cek teks link berbunyi "Subscribe to this Feed, Email this, View CC License").

2. Ajak Pengunjung Blog Anda Untuk Berlangganan RSS Feed Blog Anda
Ada satu trik sederhana untuk menciptakan kalimat ajakan berlangganan RSS yang terbukti lebih efektif meningkatkan jumlah pelanggan RSS blog Anda.

Apa yang terbersit di kepala Anda ketika mendengar kata "Berlangganan"? Biasanya, orang akan berpikir bahwa berlangganan pasti harus membayar. Berlangganan koran misalnya. Alih-alih mempergunakan ajakan umum "Subscribe to my feed" atau "Klik disini untuk Berlangganan RSS", saya memilih untuk mengajak pengunjung blog ini untuk "mendapatkan updates tips-tips menghasilkan uang melalui blog via RSS Feed".

Saya yakin, bahkan untuk pembaca yang awam dengan RSS Feed pun pasti akan tergoda dengan ajakan untuk mendapatkan updates tips-tips menghasilkan uang melalui blog, apalagi secara gratis. Dan dari hasil pengujian saya, jumlah pelanggan RSS blog ini memang meningkat cukup signifikan setelah saya menampilkan kalimat ajakan "Dapatkan updates via RSS" dan "Dapatkan updates via Email" di bagian kanan atas blog ini. Anda mungkin bisa menggunakan ajakan "Dapatkan info kesehatan terbaru via email" atau "Dapatkan motivasi harian via email".

3. Berikan Pilihan Pengunjung Blog Anda Untuk Berlangganan Lewat Email
Selain melalui RSS Reader, beri pilihan alternatif kepada pengunjung blog Anda untuk berlangganan RSS Feed blog Anda melalui email. Selain layanan FeedBurner, layanan lain yang memampukan Anda untuk mengirimkan RSS Feed melalui email diberikan oleh FeedBlitz. Di blog ini, saya memilih menggunakan layanan FeedBurner untuk email.

4. Didik Pengunjung Blog Anda Untuk Memanfaatkan RSS Feed
Bayangkan apa jadinya jika Anda ingin mendapatkan banyak pelanggan RSS Feed, sementara sebagian besar pengunjung blog Anda (bahkan mayoritas pengguna internet) ternyata belum paham benar mengenai apa itu RSS Feed dan bagaimana cara memanfaatkannya. Karenanya, berikanlah penjelasan ringkas kepada pengunjung blog Anda mengenai apa dan bagaimana RSS Feed bisa memberikan manfaat untuk mereka. Di blog ini, saya memberikan tautan link artikel "Apa Itu RSS?" tepat dibawah kalimat ajakan untuk berlangganan RSS Feed di bagian kanan atas blog ini. Dan memang, sebagian besar pelanggan RSS Feed blog ini biasanya membaca terlebih dahulu artikel melalui link tersebut sebelum memutuskan untuk berlangganan RSS Feed blog ini.

5. Berikan Full-Feed Untuk RSS Feed Blog Anda
Terlepas dari perdebatan yang terjadi di seputar masalah full-feed atau partial-feed, saya pribadi merasakan dampak luar biasa peningkatan jumlah pelanggan RSS Feed blog ini dengan memilih memberikan layanan full-feed.

Dengan mau tulus berbagi (tanpa RSS Feed yang disunat, hehehe), pengunjung blog Anda akan lebih menghargai Anda dan juga lebih nyaman membaca artikel blog Anda secara lengkap melalui RSS Feed. Dampaknya, pelanggan RSS Feed juga akan menjadi pembaca setia blog Anda.

6. Berikan Insentif Untuk Berlangganan RSS Feed Blog Anda
Salah satu cara cerdas untuk meningkatkan jumlah pelanggan RSS adalah dengan memberikan insentif atau bonus kepada calon pelanggan RSS Feed blog Anda. Saya sering melakukannya dengan memberikan insentif e-book eksklusif dan gratis untuk mereka yang mau berlangganan RSS Feed blog ini. Teknik memberikan insentif yang lain diantaranya adalah dengan mengadakan kontes atau undian berhadiah yang khusus hanya boleh diikuti oleh pelanggan RSS Feed blog Anda.

7. Berikan E-book Gratis Dengan Link Berlangganan RSS Feed Blog Anda
Salah satu cara lain yang kini populer dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan RSS Feed adalah dengan memberikan e-book gratis dengan link ajakan untuk berlangganan RSS Feed di dalamnya. Jika e-book tersebut bagus dan memberikan nilai manfaat yang tinggi, peluang seseorang untuk berlangganan RSS Feed Anda akan semakin besar.

Saya sendiri baru-baru ini telah mencoba teknik memberikan e-book gratis ini dan ternyata benar efeknya memberikan peningkatan jumlah pelanggan RSS Feed secara signifikan. Jika Anda belum mencoba cara ini (dan tentu saja siap menulis e-book), tidak ada salahnya mulai memberikan e-book gratis untuk pembaca blog Anda.

Beberapa teknik diatas adalah cara-cara sederhana yang telah saya pergunakan (dan terbukti berhasil) meningkatkan jumlah pelanggan RSS Feed blog ini dari 0 hingga mencapai 350 pelanggan.

Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pengalaman dengan saya disini.

P.S: Sudahkah Anda berlangganan RSS Feed blog ini? Jika belum, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan. :)

Semoga bermanfaat.

(Gambar diambil dari Womenize.net)

Medhy Aginta Hidayat

 

7 Tips Menjalankan Program Affiliasi Dengan Blog Pribadi


Bagaimana sebenarnya cara menjalankan program affiliasi? Ada banyak cara.

Namun secara sederhana, setidaknya ada dua cara untuk menjalankan program affiliasi.

Cara pertama, dengan teknik arbitrase. Gampangnya begini. Andaikan Anda ingin mempromosikan produk Nintendo Wii dari program affiliasi Amazon.com. Dengan teknik arbitrase, yang Anda lakukan adalah memanfaatkan pay per click ads campaign (bisa Google Adwords, Yahoo Search Marketing/YSM, atau Microsoft adCenter/MSN) tentang Nintendo Wii dengan menggunakan link affiliasi Amazon.com Anda. Setiap kali ads campaign Anda diklik, pencari informasi tentang Nintendo Wii akan dibawa ke landing page Amazon.com tentang Nintendo Wii product details. Setiap kali terjadi transaksi pembelian melalui iklan Adwords yang Anda pasang tersebut, Anda mendapatkan sejumlah komisi dari Amazon.com.

Kelebihan cara ini, Anda tidak perlu capek membuat blog. Kekurangannya (kalau boleh dikatakan demikian), Anda harus memiliki modal awal untuk mulai melakukan PPC campaign dan memiliki pengetahuan yang cukup tentang strategi affiliate arbitrage.

Cara kedua, dengan memanfaatkan blog atau situs pribadi yang telah Anda miliki atau membuat online shopping mall. Gampangnya, Anda menggunakan media blog (baik berupa posting, sidebar spot ataupun banner) untuk mempromosikan produk affiliasi yang Anda ikuti. Setiap kali terjadi transaksi pembelian melalui link produk affiliasi di blog Anda, Anda mendapatkan sejumlah komisi dari Amazon.com.

Kelebihan cara ini, Anda relatif tidak memerlukan modal awal untuk berinvestasi di program-program PPC. Cukup dengan blog pribadi Anda sendiri. Kekurangannya, Anda harus memiliki dan menulis di blog Anda secara rutin. :)

Karena keterbatasan saya (hehehe), artikel ini tidak akan membicarakan cara pertama yang memang terbilang level advanced dan sophisticated (silahkan belajar kepada Mas Pogung dan Mas Ronys untuk soal ini). Artikel ini hanya akan membahas tips-tips menjalankan program affiliasi dengan memanfaatkan media blog atau situs pribadi yang telah Anda miliki.

7 Tips Menjalankan Program Affiliasi Dengan Blog Pribadi

1. Fokus Pada Kebutuhan Pengunjung Blog Anda
Apa yang dicari pengunjung blog Anda? Informasi apa yang bisa Anda berikan kepada pengunjung blog Anda? Seringkali kita begitu tergoda untuk mempromosikan produk-produk berlabel "Best Seller" ataupun "Hot Deals" dari program affiliasi yang kita ikuti tanpa mempedulikan apakah pengunjung blog Anda membutuhkan produk tersebut atau tidak. Akibatnya, bukannya mau membeli, pengunjung blog Anda malah jengah dengan halaman sales pitch yang Anda buat. Cobalah memenuhi kebutuhan pengunjung blog Anda terlebih dahulu. Jika blog pribadi Anda lebih banyak berisi tentang "tips merangkai bunga", jangan memaksakan diri mempromosikan Nintendo Wii kepada pengunjung blog Anda. :)

2. Pilih Produk dan Program Affiliasi Terbaik
Setelah menentukan produk apa yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung blog Anda, langkah berikutnya adalah memilih produk dan program affiliasi terbaik yang bisa Anda promosikan. Ada ribuan produk yang bisa Anda promosikan melalui program affiliasi yang bisa Anda ikuti. Saya pribadi mengikuti beberapa program affiliasi (Amazon Associates, Commission Junction, ClickBank dan Linkshare), namun saya merasa lebih nyaman mempromosikan produk-produk Amazon ketimbang produk dari ketiga program yang lain. Barangkali karena branding Amazon yang sudah mapan membuatnya relatif lebih mudah diterima. Atau barangkali karena memang saya masih harus banyak belajar tentang ketiga program affiliasi yang lain. Yang pasti, pilihlah produk dan program affiliasi terbaik menurut Anda sehingga Anda merasa nyaman untuk mempromosikannya.

3. Pengalaman Pribadi Anda Adalah Rekomendasi Terbaik
Salah satu kelebihan blog pribadi adalah sifatnya yang personal. Hubungan pemilik dan pengunjung blog pribadi seringkali seperti hubungan antar teman akrab. Dengan memanfaatkan sifat hubungan personal ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk mempromosikan produk affiliasi kepada pengunjung blog Anda. Terlebih jika Anda telah membeli atau memakai produk affiliasi yang ingin Anda promosikan di blog Anda. Ken Evoy, pencetus Pilar CTPM (insyaallah topik Pilar CTPM ini akan saya tulis di lain waktu), menyebutnya sebagai pre-selling advantages. Ketika Anda memiliki hubungan yang akrab dan hangat, jujur, melayani dan menunjukkan kecakapan di bidang yang Anda kuasai kepada pengunjung blog Anda, akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk melakukan selling tanpa harus terkesan "menjual" sesuatu.

4. Teks Link Jauh Lebih Baik Ketimbang Banner Link
Memasang banner link affiliasi memang lebih mudah, namun efektivitasnya jauh lebih kecil dibanding menggunakan teks link yang ada di dalam bagian posting blog Anda. Konkretnya, cobalah memasukkan teks link produk affiliasi yang Anda ikuti di dalam posting artikel yang Anda tulis. Tentu saja topik artikel harus sesuai dengan produk yang hendak Anda promosikan. Saya pribadi lebih banyak memanfaatkan teks link untuk mempromosikan produk Amazon Associates yang saya ikuti. Dan hasilnya memang beda ketimbang sekedar memasang banner link Amazon Associates.

5. Jujurlah Kepada Pengunjung Blog Anda
Mempromosikan produk affiliasi di blog pribadi bukanlah sesuatu yang haram. Namun demikian, tidak ada salahnya juga untuk bersikap jujur kepada pengunjung Anda dengan menyampaikan bahwa link yang Anda sisipkan di posting artikel Anda adalah link affiliasi. Berilah tanda (Ref) atau (Aff) jika memang link yang Anda gunakan akan membawa pengunjung blog Anda ke landing page program affiliasi yang Anda ikuti. Kenapa saya harus jujur? Pertama, integritas Anda. Karena sifat blog yang personal, pengunjung blog Anda akan lebih menghargai jika Anda bersikap jujur kepada mereka. Kedua, menghargai waktu pengunjung Anda. Jika mereka ingin tahu lebih banyak, mereka pasti akan mengklik link produk affiliasi di blog Anda meskipun Anda telah memberi tanda (Ref) atau (Aff).

6. Memberikan Pilihan Lebih Kepada Pengunjung Blog Anda
Ungkapan bijak yang klise namun benar adanya: "Don't put all your eggs in one basket." Cobalah diversifikasikan arus pendapatan Anda dari bisnis online. Jangan terpaku pada satu program semata. Jika mungkin, gabungkan dengan program affiliasi yang lain atau bahkan dengan program bisnis online yang lain. Namun demikian, tetap penting dicatat agar blog pribadi Anda tidak terlalu banyak dijejali berbagai macam program. Bayangkan jika dalam setiap posting artikel Anda menyisipkan 10 link affiliasi dari 10 program yang berbeda. :) Pengunjung blog Anda pasti akan muak dan malah lari dari blog Anda. :)

7. Promosikan Bersama Waktu
Kuncinya adalah: jangan terlalu cepat berhenti mempromosikan produk affiliasi yang Anda ikuti meskipun nilai earnings yang Anda dapatkan saat ini masih kecil atau malah tidak ada sama sekali. Cobalah terus menulis dan menyisipkan link (tentu saja sekali lagi yang relevan dengan topik tulisan Anda) program affiliasi di blog Anda. Dengan berjalannya waktu, bukan tidak mungkin jika link produk affiliasi Anda baru banyak dicari sebulan, dua bulan atau bahkan setahun setelah Anda menuliskannya di blog Anda. Jika halaman posting Anda sudah terindeks mesin pencari, bukan tidak mungkin orang akan menemukan blog Anda, mengklik link affiliasi Anda dan melakukan transaksi pembelian. Jadi, sabar saja. Jangan putus asa. :)

Barangkali ketujuh tips sederhana diatas bisa menjadi awal untuk memulai menjalankan program affiliasi di blog pribadi Anda. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki tips-tips pribadi yang terbukti memberikan hasil positif untuk program affiliasi yang Anda jalankan? Atau justru tidak berhasil?

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. :)
E-book Affiliasi GRATIS:
Oh ya, kebetulan saya memiliki e-book bagus tentang teknik affiliate arbitrage, "Two Minutes Profit". Jika Anda tertarik membaca e-book padat setebal 14 halaman karya Alok Jain ini, caranya mudah. Cukup berlangganan Blogguebo disini dan kirimkan email kosong ke alamat email saya: medhy.aginta@gmail.com, dengan subjek "Berlangganan Blogguebo - TMP". Saya akan mengirimkan e-book tersebut secara GRATIS untuk Anda. Jangan khawatir, email Anda aman. I hate spams too. :)


(Gambar diambil dari Amazon.com)

Medhy Aginta Hidayat
Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Monetisasi Blog Anda: (3) Program Paid-to-Affiliate
Triggit: Sahabat Baru Program Affiliasi Anda
Seri Tutorial: Panduan Mendaftar Amazon Associates




 

Traffic Juga Manusia: 5 Tips Memikat Pengunjung Blog Anda


"Trafficku bulan ini drop. Kenapa ya?" "Ah, yang penting traffic banyak. Duit pasti ngalir." "Trafficku biasanya 10.000 per hari, gara-gara kena sandbox jadi tinggal 5.000."

Sadar atau tidak, kita seringkali memandang "traffic" blog kita semata-mata sebagai kata benda. Sekedar angka-angka. Tanpa nyawa. Tanpa perasaan. Padahal sejatinya traffic blog kita adalah manusia.

Ya, traffic juga manusia. Bukan sekedar angka-angka. Bukan sekedar data stats counter. Bukan sekedar grafik yang membuat Anda selalu ingin mengeceknya 5 kali sehari. :)

Traffic dan "manusia" (yang mengunjungi blog Anda) adalah dua hal yang berbeda. Anda bisa membeli traffic, tapi Anda tidak bisa membeli kesetiaan pengunjung blog Anda. Traffic akan datang cukup jika Anda jago optimasi search engine, pengunjung blog Anda datang karena merasa mendapatkan manfaat dan kehangatan pribadi Anda. Traffic tidak memberi link ke blog Anda, pengunjung blog Anda dengan sukarela menautkan link ke blog Anda. Traffic tidak memiliki rasa, pengunjung blog Anda tersenyum, mengangguk, bersedih, atau marah membaca tulisan di blog Anda. Traffic tidak mendaftar RSS, pengunjung blog Anda merasa perlu mendaftar RSS blog Anda. Traffic tidak berkomentar, pengunjung blog Anda berkomentar.

Pengunjung blog Anda adalah nadi yang menghidupkan blog Anda.

Jika pengunjung blog Anda begitu penting, apakah yang bisa Anda lakukan untuk memikat hatinya agar selalu kembali mengunjungi blog Anda?

Berikut ini adalah 5 tips sederhana tentang bagaimana memikat hati pengunjung blog Anda.

5 Tips Memikat Pengunjung Blog Anda

1. Hargai Pengunjung Blog AndaJika Anda ingin memikat hati pengunjung blog Anda, tidak ada cara lain kecuali menghargai pengunjung blog Anda. Jika blog Anda adalah rumah, maka pengunjung blog Anda adalah tamu. Hormatilah tamu Anda. Bersikaplah rendah hati. Santunlah berbahasa. Santun bukan berarti identik dengan "EYD", yang kadang malah terlalu formal dan kaku. Menulislah dengan gaya Anda sendiri, meskipun itu dengan gaya bahasa gaul sekalipun, namun usahakanlah untuk selalu santun. Terakhir, jangan pernah menyombongkan diri kepada pengunjung blog Anda. Memberikan informasi earnings bisnis online secara terbuka di blog Anda sama sekali bukan hal yang salah. Namun sampaikanlah informasi tersebut dengan cara yang elegan. Jangan membuat pengunjung Anda berpikir bahwa Anda sedang "pamer kekayaan." :)

Check Poin:

- Bersikaplah rendah hati
- Pergunakanlah bahasa yang santun
- Jangan pernah menyombongkan diri

2. Berilah Lebih
Ya, berilah lebih. Tentu tidak berarti harus berupa uang. Memberi lebih bisa berupa memberikan konten blog yang benar-benar bermanfaat. Sesuatu yang tidak bisa ditemukan di blog yang lain. Memberi lebih juga bisa berupa memiliki desain blog yang bagus dengan navigasi yang memudahkan dan link-link yang dibutuhkan pengunjung blog Anda. Memberi lebih bisa pula dengan sekedar mengubah kode no-follow blog Anda menjadi do-follow. Berilah "love link" kepada pengunjung blog Anda. Dan jika mungkin, berikanlah insentif gratis (misalnya berupa e-book) kepada pengunjung blog Anda.

Check Poin:
- Tulislah konten yang benar-benar bermanfaat
- Buatlah desain blog Anda "berbeda" diantara blog-blog yang lain
- Berikanlah rujukan link yang dibutuhkan pengunjung blog Anda
- Berikanlah "love link" untuk setiap komentar di blog Anda
- Berikanlah e-book gratis
3. Jadilah Teman Yang Baik
Ketika memutuskan untuk membuat blog, sebenarnya Anda telah memutuskan untuk berteman meskipun hanya lewat dunia maya. Bertemanlah melalui kolom komentar di blog Anda. Sebisa mungkin (setidaknya mumpung blog Anda belum seramai blog Oom Priyadi atau Mas Cosa yang selalu penuh komentar), balaslah komentar di blog Anda. Saya seringkali heran menemukan blog dengan 1 komentar dan itupun tanpa ada balasan. Jika memang Anda ingin pengunjung blog Anda kembali, balaslah setiap komentar, bantulah pengunjung Anda jika memiliki pertanyaan, atau bahkan balaslah meskipun hanya dengan memberikan ucapan terima kasih. Jika Anda menjadi member social media (misalnya MyBlogLog), jadilah "Contact" dan tinggalkan pesan pribadi kepada pengunjung blog Anda.

Check Poin:
- Usahakan sebisa mungkin membalas komentar di blog Anda
- Bantu pengunjung blog Anda jika memiliki pertanyaan
- Jadilah "Contact" pengunjung blog Anda di MyBlogLog
- Tinggalkan pesan personal di social media pengunjung blog Anda

4. Inilah Rahasianya: Sebut Namanya
Salah satu ungkapan bijak yang saya sukai adalah ini: suara paling merdu yang ingin didengar setiap orang adalah panggilan nama mereka. Dan itupun berlaku bagi pengunjung blog Anda. Jika Anda membalas komentar di blog Anda, pastikanlah untuk menuliskan nama pengunjung yang meninggalkan pesan di blog Anda. Jangan hanya dengan sapaan "Mas, Mbak, Oom atau Bro." Tulislah namanya dengan benar (ejaannya, red). Jika Anda menghargai nama pengunjung blog Anda, sebagai imbalannya pengunjung blog Anda pun akan menghargai Anda.

Check Poin:
- Tulis nama pengunjung blog Anda yang memberikan komentar
- Tulis namanya dengan benar

5. Kunjungi Teman Baru Anda
Menjalin hubungan pertemanan di dunia online (maya) tidak berbeda dengan di dunia offline (nyata). Saling memberi, saling berbagi dan saling menghargai adalah mata uang yang berlaku di kedua dunia tersebut. Jika ada yang mengunjungi blog Anda dan memberikan komentar, meskipun hanya seorang, usahakanlah untuk mengunjungi dan memberi komentar balik di blognya. Berilah hanya komentar positif
(ya, tidak ada gunanya memberikan komentar negatif untuk alasan apapun jika Anda benar-benar tulus ingin berteman). Terakhir, usahakanlah mengunjunginya secara berkala sesuai waktu yang Anda miliki.

Check Poin:
- Usahakan mengunjungi blog yang memberikan komentar di blog Anda
- Berilah komentar positif
- Kunjungilah secara berkala

Sekali lagi blogging bukanlah sekedar data dan angka. Blogging is really about people. Jika Anda ingin memikat hati pengunjung blog Anda, tidak ada pilihan lain kecuali memperlakukannya sebagai manusia. Bukan sekedar "traffic". Semakin Anda memahami dan menghargai pengunjung blog Anda, semakin besar pula penghargaan pengunjung blog Anda kepada Anda.

Jadi, mari kita mulai memperlakukan "traffic" sebagai manusia. Bukan sekedar angka-angka.

Bagaimana menurut Anda?

(Gambar diambil dari Britannica.com)

Medhy Aginta Hidayat
Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
17 Blog Pilihan: Blogging dan Make Money from Blog
13 Forum Pilihan: Blogging dan Make Money from Blog
Blogguebo.com Untuk Anda




 5 Tips Mudah Melipatgandakan Penghasilan Dari PPC Lokal


"Bagaimana cara meningkatkan penghasilan dari PPC lokal?"

Hampir setiap blogger kini bisa menampilkan iklan PPC lokal dan mendapatkan penghasilan ekstra dari blog berbahasa Indonesia. Sayangnya, tidak semua blogger bisa mendapatkan penghasilan besar dari PPC lokal. Sebagian besar blogger bahkan hanya mendapatkan beberapa ribu rupiah dari PPC lokal. Padahal, jika tahu caranya, penghasilan PPC lokal bisa juga mencapai angka yang lumayan besar.

Lalu bagaimana caranya meningkatkan penghasilan dari PPC lokal?

Adakah tips-tips rahasianya?

Berikut adalah tips-tips sederhana dan mudah mengenai bagaimana Anda bisa melipatgandakan penghasilan dari PPC lokal di blog berbahasa Indonesia Anda.

5 Tips Mudah Melipatgandakan Penghasilan Dari PPC Lokal
1. Pilihlah PPC Lokal Yang Memberikan Harga Per Klik Tertinggi
Hingga artikel ini ditulis, setidaknya telah ada 10 PPC lokal di Indonesia. Nah, jika Anda ingin melipatgandakan penghasilan dari PPC lokal, cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan HANYA menampilkan iklan PPC lokal yang memberikan harga per klik tertinggi. Ibarat perlombaan lari, dengan menampilkan iklan PPC lokal dengan harga per klik tertinggi, maka sejak awal Anda telah berada selangkah di depan pesaing-pesaing Anda. Saya pribadi memanfaatkan KumpulBlogger dan KlikSaya yang masing-masing memberikan harga minimal per klik sebesar Rp. 400 dan Rp. 350. Tertinggi diantara PPC lokal yang lain.

2. Tampilkan Iklan PPC Lokal Tepat di Bawah Judul Artikel
Kenapa di bawah judul artikel? Karena nyaris semua publisher program PPC (baik lokal maupun asing) telah membuktikan bahwa iklan PPC yang ditampilkan tepat di bawah judul artikel memiliki nilai CTR (Click Through Rate) tertinggi dibanding yang lain. Artinya, iklan di bawah judul artikel memiliki peluang lebih besar untuk mendapat klik dari pengunjung blog. Jadi, jika Anda ingin melipatgandakan penghasilan dari PPC lokal, pastikan bahwa salah satu iklan PPC lokal tersebut berada tepat di bawah judul artikel di blog Anda.

3. Pilihlah Format Iklan Terbesar dan Bukan Iklan Banner
Selain lokasi yang tepat, pilihan format iklan yang tepat juga sangat mempengaruhi besar kecilnya penghasilan dari program PPC. Apa format iklan yang paling tepat? Penelitian resmi yang dilakukan Google (Google Adsense) menunjukkan bahwa format iklan terbesar dan berupa teks (bukan banner) memiliki nilai CTR tertinggi. Artinya, semakin besar ukuran iklan teks yang Anda pilih, semakin besar peluang iklan tersebut mendapatkan klik dari pengunjung blog Anda. Untuk KumpulBlogger, Anda bisa memilih format iklan "JavaScript Horizontal" (baik yang disertai uraian ataupun yang hanya menampilkan judul iklan). Untuk PPC lokal yang lain, Anda bisa memilih format iklan Persegi - 300 x 250 (KlikSaya) atau Medium Rectangle - 300 x 250 (Biindit, Adbide, AdsenseCamp, dan lain-lain).

4. Pilihlah Warna dan Font Iklan Yang Mirip Dengan Warna dan Font Blog Anda
Salah satu tips rahasia optimasi iklan PPC adalah dengan menampilkan iklan sedemikian rupa sehingga terlihat seolah-olah bukan sebagai iklan. Jadi, usahakan agar warna dan font iklan PPC yang Anda tampilkan sama dengan warna dan font huruf di blog Anda. Untuk KumpulBlogger, karena keterbatasan format iklan yang tidak bisa diubah, Anda bisa menyamarkannya dengan menampilkan iklan KumpulBlogger seolah-olah sebagai bagian dari konten utama blog Anda. Untuk PPC lokal yang lain, Anda bisa mengubah warna dan pilihan font sesuai warna dan font huruf blog Anda.

5. Tampilkan Maksimal Hanya 3 Unit Iklan PPC di Setiap Halaman
Pernahkah Anda mengunjungi blog yang nyaris seluruh halamannya dipenuhi iklan PPC? Apa yang Anda rasakan? Sebal? Ya, hal yang sama juga berlaku untuk blog Anda. Jangan memaksakan diri untuk menampilkan terlalu banyak iklan PPC di blog Anda. Hemat saya, 3 unit iklan PPC sudah lebih dari cukup. Yang lebih penting adalah mengatur penempatan ke-3 unit iklan tersebut agar memberikan hasil yang optimal. Penempatan unit iklan bisa mengacu pada diagram yang diberikan oleh salah satu penyelenggara program PPC lokal terpopuler di dunia, Google Adsense. Perhatikan kotak berwarna merah sebagai lokasi penempatan iklan PPC lokal.



Dengan membatasi jumlah iklan PPC yang tampil di blog Anda, maka semakin besar nilai CTR total yang Anda dapatkan. Artinya, semakin besar pula peluang melipatgandakan penghasilan dari PPC lokal.

Bonus Tips:
Jangan terlalu khawatir jika niche blog Anda tidak berhubungan dengan topik "make money from blogging". Penelitian kecil-kecilan yang saya lakukan untuk PPC lokal membuktikan bahwa blog dengan niche umum (general) ternyata justru memiliki nilai CTR yang lebih tinggi ketimbang blog dengan niche "make money from blogging." Penyebabnya adalah karena blog dengan niche umum (general) mendapatkan mayoritas pengunjung dari search engine (mesin pencari, misalnya Google) yang notabene masih awam dengan iklan-iklan PPC lokal. Sebaliknya, pengunjung blog bertopik "make money from blogging" adalah mereka yang sudah cukup paham dengan iklan-iklan PPC lokal sehingga malas meng-klik iklan PPC. Jadi, jangan takut bereksperimen menampilkan iklan PPC lokal meskipun topik blog Anda adalah tentang info dan gosip selebritis, misalnya.

---------------------------------------------------------

Ke-5 tips diatas hanyalah sekedar pengalaman pribadi saya mengenai bagaimana cara melipatgandakan penghasilan dari PPC lokal. Bisa jadi kondisinya berbeda dengan pengalaman Anda. :)

Namun saya pribadi percaya, jika Anda sabar serta persisten menerapkan tips-tips diatas, yakinlah bahwa penghasilan Anda dari PPC lokal akan meningkat seiring meningkatnya jumlah pengunjung blog Anda.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki tips-tips brillian yang lain untuk melipatgandakan penghasilan dari PPC lokal? Senang sekali jika Anda mau membagikannya dengan para pembaca Blogguebo.com.

Semoga bermanfaat. :)

(Gambar diambil dari Biindit.com)

Medhy Aginta
 

Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog


Monetisasi blog saat ini bukan lagi sesuatu yang aneh untuk dilakukan. Blog bukan lagi sekedar ruang personal semata. Blog adalah media baru dan unik yang menawarkan berbagai peluang eksplorasi dan potensi mendulang uang melalui internet.

Sayangnya, informasi tentang bagaimana sebenarnya cara yang tepat untuk melakukan monetisasi blog masih sangat terbatas. Tidak sedikit blogger yang terburu nafsu melakukan monetisasi blog sesaat setelah memutuskan untuk make money from blog dan malah hanya mendapatkan kegagalan.

Pilar CTPM adalah kunci sukses yang bisa Anda ikuti dengan mudah untuk melakukan monetisasi blog. Teori monetisasi blog yang digagas oleh Ken Evoy, pendiri SiteSell.com dan SiteBuildIt ini bisa Anda terapkan baik bagi Anda yang baru mulai merencanakan membuat blog, ataupun bagi Anda yang telah memiliki blog dan berniat melakukan monetisasi dari blog Anda.

Pilar CTPM terdiri dari 4 tiang penyangga yang terdiri dari Content, Traffic, Pre-selling dan Monetize. Masing-masing pilar saling bertautan dan berurutan. Anda tidak bisa melakukan monetisasi blog dengan urutan berbeda, misalnya Traffic, Content, Pre-selling, Monetize atau Monetize, Content, Pre-selling, Traffic.

Dengan memahami dan menerapkan teori Pilar CTPM, Anda bisa melakukan monetisasi blog dengan hasil yang lebih baik dan terukur.

Apa dan bagaimana sebenarnya Pilar CTPM?

Selama beberapa hari ke depan, Blogguebo akan menampilkan artikel berseri tentang Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog. Berikut adalah 4 seri artikel Pilar CTPM:

Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog (Bagian 1: Content)
Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog (Bagian 2: Traffic)
Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog (Bagian 3: Pre-selling)
Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog (Bagian 4: Monetization)

Silahkan klik disini untuk berlangganan Blogguebo agar Anda tidak terlewat update artikel berikutnya.

Tunggu ya. Please stay tune. :)

(Gambar diambil dari SuccesswithAdam.com)

Medhy Aginta Hidayat
Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-WriteKlik Klik Klik Dapat Duit?
Memulai Bisnis Online?




 

13 Cara Mendulang Uang Dengan Blog Berbahasa Indonesia


Salah satu pertanyaan yang paling sering saya terima adalah:"Gimana sih caranya dapet duit dari ngeblog? Blog gue pake bahasa Indonesia, bisa nggak dapet dollar?"

Pertanyaan pertama agak panjang jawabannya. Ada banyak cara mendapatkan uang melalui aktivitas blogging. Tentu saja dengan cara yang halal dan benar. Beberapa artikel Blogguebo barangkali bisa menjadi awal untuk belajar bagaimana caranya mendulang uang melalui blog Anda.

Silahkan membuka-buka arsip lama
Tips Monetisasi Blog dan Seri Monetisasi Blog Anda.

Pertanyaan kedua lebih singkat jawabannya: BISA.

Ya, Anda bisa mendapatkan uang (baik dollar ataupun rupiah) dengan blog berbahasa Indonesia.

Berikut adalah 13 Cara Mendulang Uang Dengan Blog Berbahasa Indonesia yang barangkali bisa Anda pertimbangkan.

13 Cara Mendulang Uang Dengan Blog Berbahasa Indonesia
1. Menampilkan Iklan PPC (Pay-Per-Click) Domestik
Saat ini setidaknya sudah ada 5 pelaku bisnis PPC domestik di Indonesia, yaitu
KlikSaya.com, KumpulBlogger, PPCIndo, IndoFad dan AdOnBanner. Dengan menjadi publisher program-program PPC domestik, Anda bisa menampilkan iklan berbahasa Indonesia dan mendapatkan komisi (tentu dalam rupiah) jika iklan tersebut di-klik oleh pengunjung blog Anda. Anda bisa menggunakan link-link dibawah ini jika ingin mendaftar program-program PPC domestik tersebut (jangan khawatir, tidak ada link affiliasi saya di link tersebut).Klik disini untuk mendaftar KumpulBloggerKlik disini untuk mendaftar KlikSaya
Klik disini untuk mendaftar PPCIndo
Klik disini untuk mendaftar IndoFad
Klik disini untuk mendaftar AdOnBanner
Klik disini untuk mendaftar Biindit

2. Menampilkan Iklan PPC Asing (hanya yang berbasis CPM)
Pilihan kedua adalah menampilkan iklan PPC asing yang berbasis impresi.
Dengan menampilkan iklan PPC berbasis impresi di blog Anda (ya, blog berbahasa Indonesia pun bisa), Anda akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah impresi iklan yang dilihat oleh pengunjung Anda (bukan berdasarkan klik pengunjung). Semakin banyak pengunjung blog Anda, tentu semakin besar pula impresi iklan yang Anda dapatkan. Program PPC asing berbasis CPM atau impresi bisa Anda dapatkan informasinya melalui link AdTalks.com ini.

3. Menampilkan Banner Program Affiliasi Asing
Ada banyak sekali program affiliasi yang bisa Anda ikuti. Untuk lebih lengkapnya, silahkan buka link Monetisasi Blog Anda: (3) Program Paid-to-Affiliate. Meskipun bukan cara terbaik, menampilkan banner link affiliasi berukuran 125X125 di bagian Sponsor blog Anda bisa menjadi pilihan monetisasi blog berbahasa Indonesia. Jika pengunjung blog Anda melakukan pembelian melalui banner link affiliasi tersebut, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

4. Menampilkan Banner Program Affiliasi Domestik
Selain program affiliasi asing, saat ini juga sudah banyak program-program affiliasi domestik yang bisa Anda manfaatkan sebagai sarana monetisasi blog Anda. Dengan cara yang sama - menampilkan banner link affiliasi domestik - Anda memiliki peluang untuk mendulang uang melalui blog Anda. Sejumlah pengelola web hosting lokal memiliki program affiliasi yang bisa Anda ikuti dan promosikan di blog Anda.

5. Menulis Review Produk Affiliasi (dengan text link affiliasi Anda)
Salah satu cara menjalankan program affiliasi (baik asing maupun domestik) melalui blog yang paling efektif adalah dengan menulis review tentang produk affiliasi yang hendak Anda promosikan di blog Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah menggunakan dan merasakan manfaat produk yang Anda promosikan. Program affiliasi Amazon.com dan Commission Junction memiliki banyak sekali produk yang bisa Anda review. Pilih produk yang sesuai dengan niche dan kebutuhan pembaca blog Anda, tulis reviewnya dan jika pembaca blog Anda melakukan pembelian produk yang Anda rekomendasikan, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

6. Mengikuti Program Paid Review
Program paid review adalah cara lain monetisasi blog berbahasa Indonesia. Seperti namanya, sebagai publisher program ini Anda diminta untuk menulis review produk atau jasa tertentu (dalam bahasa Inggris) dan akan mendapatkan komisi atas review yang Anda tulis di blog Anda. Ya, blog berbahasa Indonesia (untuk beberapa program paid review seperti SponsoredReviews.com, ReviewMe, Blogsvertise, BuyBlogReviews.com) pun bisa mendaftar sebagai publisher program-program paid review. Bahkan jika blog Anda memiliki link ranking, Alexa, Technorati dan PR (Page Rank) yang cukup tinggi, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan komisi yang cukup besar untuk satu artikel review. Saat ini Anda juga bisa mendaftar program paid review lokal pertama di Indonesia, ReviewMu.com. Untuk informasi program paid review yang lain silahkan klik Monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-Review.

7. Menampilkan Google Adsense for Search
Kendala blog berbahasa Indonesia untuk menampilkan program Google Adsense adalah adanya larangan Terms and Services Adsense untuk menampilkan Unit Ads, Link Ads serta Referral Ads di blog berbahasa selain Inggris. Meskipun demikian, Anda masih bisa menampilkan unit Adsense for Search di blog Anda. Pergunakanlah layanan Google Custom Search Engine (seperti yang ada di blog ini) untuk mendapatkan hasil pencarian sesuai kata kunci dan alamat situs yang Anda inginkan. Silahkan membaca juga Seri Tutorial Panduan Mendaftar Google Adsense.

Klik disini untuk mendaftar Google Adsense.

8. Menjual Text Link Ads
Pilihan monetisasi blog berbahasa Indonesia yang lain adalah dengan menjual link di blog Anda. Dengan menjual link, yang Anda lakukan adalah menyediakan spot text link situs-situs yang ingin beriklan dan sekaligus mendapatkan link back dari blog Anda. Semakin tinggi
link ranking, Alexa, Technorati dan PR blog Anda, semakin mahal harga link yang bisa Anda tawarkan. Saat ini banyak program text link ads yang bisa Anda ikuti. Beberapa diantaranya adalah Text-Link-Ads.com, TNX.net, LinkWorth.com dan TextLinkBrokers.com.

9. Menjual Spot Iklan Mandiri
Menjual spot iklan secara langsung kepada mereka yang tertarik memasang iklan di blog Anda adalah pilihan lain monetisasi blog berbahasa Indonesia yang saat ini semakin populer. Meskipun cara seperti ini memerlukan strategi khusus (misalnya bagaimana cara mendapatkan pemasang iklan), namun jika niche blog Anda cukup menarik dengan pengunjung yang cukup banyak, pendapatan iklan mandiri tidak bisa dibilang kecil. Saya sendiri mendapatkan hasil yang cukup lumayan dari menjual spot iklan mandiri di blog saya.

10. Menjual Jasa Keahlian Anda
Jika Anda memiliki keahlian tertentu (misalnya web design, web programming, logo design, copy writing, atau bahkan keahlian-keahlian lain seperti memasak, menulis, menerjemahkan), tidak ada salahnya mempromosikan keahlian Anda melalui blog Anda. Selain sebagai ruang pribadi untuk menuangkan ide dan tulisan, blog Anda juga bisa berperan sebagai sarana public relation yang cukup efektif untuk memperkenalkan keahlian Anda. Jadi silahkan mencari keahlian apa yang kira-kira bisa Anda jual melalui blog Anda.

11. Menjual Produk Digital Karya Anda Sendiri
Saat ini menulis dan membuat e-book bukan lagi sesuatu yang sulit. Jika Anda memiliki keahlian tertentu yang bisa Anda jual, menuliskannya menjadi sebuah e-book dan mempromosikannya melalui blog Anda adalah sebuah pilihan yang brilian. Selain mendapatkan keuntungan penjualan e-book, melalui blog yang sama Anda juga bisa mengembangkan sistem affiliasi sehingga pengunjung blog Anda bisa mempromosikan kembali e-book Anda dengan memberikan imbalan tertentu.

12. Menjual Produk Fisik Karya Anda Sendiri
Selain produk digital berupa e-book, produk-produk fisik (misalnya CD, buku, kaos, cenderamata, kado/gift ulang tahun, bahkan kue ulang tahun) juga bisa Anda promosikan dengan memanfaatkan blog Anda. Jika saat ini Anda telah memiliki bisnis offline, tidak ada salahnya mencoba menjangkau pasar yang lebih luas dengan promosi secara online melalui blog Anda.

13. Menjadi Perantara/Broker Jasa Orang Lain
Menjadi perantara atau broker jasa orang lain juga bisa menjadi pilihan monetisasi blog Anda. Sekedar misal, jika Anda kebetulan tinggal di daerah wisata (Bali atau Yogyakarta misalnya), Anda bisa menawarkan kerjasama dengan biro travel atau hotel-hotel kecil sekelas Melati untuk mempromosikan jasa mereka melalui blog Anda dengan imbalan komisi tertentu. Akan lebih baik lagi apabila niche blog Anda sesuai dengan jasa yang hendak Anda promosikan. Jika pengunjung blog Anda melakukan booking hotel atau jasa biro travel tersebut, Anda mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu.


Nah, sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan uang dengan blog berbahasa Indonesia bukan?

Jadi tidak ada alasan untuk berkecil hati dan beralasan bahwa Anda tidak bisa mendulang uang melalui blog Anda hanya karena blog Anda berbahasa Indonesia.


Selamat mencoba! :) Wish you all the best.

Berlangganan Blogguebo.com secara GRATIS:
Jika ini adalah kunjungan pertama Anda di Blogguebo.com dan Anda ingin mendapatkan update tips-tips menghasilkan uang lewat blog secara gratis setiap minggunya, silahkan berlangganan artikel-artikel Blogguebo.com melalui email Anda hanya dengan mengisi form berlangganan dibawah ini. Good luck and happy blogging!

(Gambar diambil dari Blaugh.com)

Medhy Aginta Hidayat


Menjadi Blogger Produktif: 12 Tips Praktis


Pernahkah Anda merasa tidak punya waktu lagi untuk menulis di blog Anda? Pernahkah Anda merasa kesulitan mengatur waktu diantara aktivitas blogging dan kesibukan yang lain? Pernahkah Anda merasa terganggu dan terpecah konsentrasi ketika asyik menulis untuk blog Anda? Dan pernahkah Anda merasa tidak produktif (dan tidak menghasilkan apa-apa) setelah selama berbulan-bulan menggeluti dunia blogging?

Ya, salah satu tantangan terbesar jika Anda ingin serius menekuni dunia blogging dan make money from blog adalah kemampuan untuk mengatur waktu dengan efektif dan efisien. Banyak blogger yang akhirnya berhenti menulis di blognya beberapa bulan setelah ia mengenal dunia blogging hanya karena gagal mengatur waktu dengan baik (tentu juga selain karena faktor tidak adanya motivasi yang cukup jelas untuk menekuni dunia blogging).

Jujur saja, saya pun masih harus berjuang mengelola waktu dengan lebih baik. Namun dengan berjalannya waktu, perlahan saya semakin mampu mengatur waktu dengan lebih baik. Caranya? Dengan melakukan beberapa hal praktis dan sederhana (ya, benar-benar praktis dan sederhana kok) yang ternyata terbukti meningkatkan produktivitas saya, setidaknya jika diukur dari keajegan dan jumlah posting di blog ini.

Di bawah ini adalah 12 tips praktis dan sederhana yang terbukti meningkatkan produktivitas saya sebagai blogger.

12 Tips Praktis Menjadi Blogger Yang Produktif

1. Buat jadwal posting harian dan mingguan.
2. Posting yang pertama, komentar yang kedua, dan blog walking yang ketiga.
3. Fokus terutama pada niche dan minat Anda.
4. Membaca email HANYA di pagi hari dan sebelum mematikan komputer.
5. Hanya membaca dan membalas email yang benar-benar perlu.
6. Cek semua stats dan earnings HANYA sekali sehari.
7. Mulailah membaca blog favorit Anda HANYA melalui RSS.
8. Bawa buku catatan kecil dan pena kemanapun Anda pergi.
9. Buat tenggat waktu maksimal 2 jam untuk menulis satu posting.
10. Gunakan sebagian besar waktu untuk BERPIKIR tentang ide-ide blogging.
11. Tetap berpikiran positif apapun yang terjadi.
12. Lakukan semuanya dengan gembira!

Menjadi blogger yang produktif adalah pilihan. Namun jika Anda benar-benar ingin serius menekuni dunia blogging dan make money from blog, pilihan itu menjadi sesuatu yang tidak bisa Anda elakkan. Dengan menjadi produktif (serta tentu saja efektif dan efisien), jalan untuk mewujudkan tujuan Anda mendulang uang melalui internet akan semakin terbuka lebar.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki tips-tips lain yang terbukti mampu meningkatkan produktivitas Anda? Senang sekali kalau saya boleh mendengarnya. :)

Have a nice productive day!

(Gambar diambil dari VirtualAssistant.cc)

Medhy Aginta Hidayat
Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
5 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu
Skribit: Topik Apa Yang Anda Inginkan?
Traffic Juga Manusia: 5 Tips Memikat Pengunjung Blog Anda

 


Virtual Credit Card: Cara Cerdas Verifikasi Paypal Anda


Seberapa pentingkah Paypal bagi seorang blogger?

Jika Anda ngeblog sebatas sebagai hobi, Paypal TIDAK penting bagi Anda.

Buat apa punya Paypal, kalau toh Anda tidak berniat mendapatkan uang dari aktivitas blogging.

Namun jika Anda ngeblog karena ingin menghasilkan uang (dan semoga untuk alasan itulah Anda mengunjungi Blogguebo.com), maka Paypal SANGAT PENTING bagi Anda.

Mari kita lihat fakta-fakta sederhana berikut.

Nyaris 80% transaksi online saat ini memanfaatkan layanan Paypal. Lebih dari 50% pebisnis online saat ini telah memiliki akun Paypal. Lebih dari 50% situs e-commerce telah didukung layanan Paypal. Lebih khusus lagi, nyaris semua program make money from blogging, semisal pay per click, paid to read, paid review atau affiliate program, saat ini telah mengintegrasikan sistem pembayaran komisi melalui Paypal. Artinya, bayangkan jika Anda tidak memiliki akun Paypal. Tentu akan sulit bagi Anda untuk mewujudkan impian mendapatkan uang melalui aktivitas blogging.

Sebentar, sepertinya ada yang masih bertanya-tanya: "Apa itu Paypal?"

Merujuk Wikipedia, Paypal adalah sebuah layanan online-banking yang menyediakan jasa transfer uang melalui email, menggantikan metode lama yang menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal menyediakan jasa untuk para pemilik situs, e-commerce, lelang online, dan jenis usaha online lainnya. Gampangnya, sebagai blogger, dengan memiliki akun Paypal, maka Anda bisa membayar dan menerima uang komisi secara elektronik melalui alamat email Anda sendiri. Mudah, praktis, dan cepat.

Sayangnya, tidak semua orang bisa memiliki akun Paypal. Paypal memiliki kebijakan ketat bahwa setiap akun Paypal HARUS diverifikasi sebelum bisa digunakan secara maksimal. Misalnya, sebelum terverifikasi, meskipun sudah memiliki akun Paypal yang bisa diperoleh secara GRATIS, Anda tetap TIDAK BISA menarik dana Paypal Anda ke bank-bank lokal di Indonesia. Selain itu, Anda juga tidak bisa melakukan pembayaran melalui Paypal.

Baru setelah terverifikasi, Anda bisa melakukan pembayaran dan menarik dana Paypal ke rekening Anda sendiri di bank-bank lokal di Indonesia. Jadi, verifikasi akun Paypal memang menjadi SANGAT PENTING bagi Anda yang benar-benar ingin mengalami bagaimana rasanya menghasilkan uang melalui blog Anda.

"Lalu adakah cara alternatif untuk menverifikasi akun Paypal jika tidak memiliki kartu kredit?"

Untungnya ada.

"Bagaimana caranya?"

Anda bisa memanfaatkan virtual credit card atau yang lebih dikenal dengan VCC untuk menverifikasi akun Paypal Anda. Apa itu VCC? Gampangnya, VCC adalah nomor kartu kredit virtual dengan data-data penting layaknya sebuah kartu kredit berupa 16 digit nomor kartu, expiry date serta 3 digit kode keamanan kartu. Dengan memiliki VCC, Anda bisa menverifikasi akun Paypal Anda secara mudah, aman dan terjamin, meskipun tidak memiliki kartu kredit.

Untuk mendapatkan VCC, Anda bisa membelinya melalui VCC-Indonesia, sebuah layanan pembelian VCC dengan harga yang sangat terjangkau. Hanya dengan biaya Rp.175.000, Anda bisa menverifikasi akun Paypal Anda hanya dalam hitungan menit. Mahal? Menurut saya, sama sekali tidak. Jika dibandingkan dengan manfaat yang bisa Anda peroleh, harga VCC justru sangat murah. Dengan akun Paypal yang telah terverifikasi, sejatinya Anda telah memiliki "kunci emas" untuk mewujudkan impian menghasilkan uang melalui blog.

Jadi, jika sampai hari ini Anda tidak memiliki kartu kredit atau memiliki akun Paypal yang belum terverifikasi, saya sangat merekomendasikan layanan VCC-Indonesia untuk membantu Anda menverifikasi akun Paypal Anda. Tidak akan rugi kok.

Atau masih berpikir-pikir?

Saran saya, jangan menimbang-nimbang terlalu lama. Take action now. Saya pun pernah memanfaatkan layanan VCC-Indonesia untuk menverifikasi akun Paypal saya dan merasa sangat puas dengan layanan mereka.

Sekarang giliran Anda membuktikannya.

Klik disini untuk membeli VCC sekarang juga.

Semoga bermanfaat.

(Gambar diambil dari Paypal.com)

Medhy Aginta

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Blogguebo.com secara gratis melalui email:


Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
11 Parameter Blog dan Blogger Sukses
5 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu
Menjadi Blogger Produktif: 12 Tips Praktis
 

5 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu


Berapa banyak blogger Indonesia yang benar-benar hidup dari aktivitas blogging? Dengan kata lain, berapa banyak full-time blogger Indonesia yang tidak bekerja kecuali hanya mengandalkan penghasilan dari "bekerja" di dunia blogging?

Saya hampir yakin jawabannya tidak banyak. Barangkali hanya berkisar 1 sampai 5 persen dari seluruh jumlah blogger Indonesia. Kebanyakan blogger Indonesia yang menekuni aktivitas make money from blogging adalah blogger-blogger paruh waktu. Artinya, selain mendapatkan penghasilan dari blog, sebagian besar blogger di Indonesia masih mendapatkan penghasilan dari pekerjaan di dunia off-line.

Menjadi blogger paruh waktu, terlepas dari keterbatasannya, sebenarnya memiliki nilai lebih tersendiri. Pertama, keamanan finansial. Dengan menjadi blogger paruh waktu, kita bisa mulai membangun arus penghasilan baru melalui media blog dengan tetap memiliki sumber penghasilan dari pekerjaan utama kita. Kedua, peluang mendapatkan tambahan penghasilan ekstra yang berawal dari hobi beraktivitas blogging. Ketiga, tekanan yang tidak terlalu besar ketimbang jika Anda langsung memutuskan untuk menceburkan diri sepenuhnya hidup dari aktivitas make money from blogging. Keempat, kesempatan belajar sambil melakukan (learning by doing) bagaimana make money from blogging dengan benar dan menguntungkan.

Jika Anda kebetulan adalah seorang blogger paruh waktu, lalu apa saja yang harus Anda lakukan untuk menjadi blogger paruh waktu yang sukses?

Berikut adalah 5 tips sederhana yang barangkali bermanfaat bagi Anda blogger paruh waktu.

5 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu:

1. Tentukan Tujuan Anda Sebagai Blogger Paruh Waktu
Apakah Anda benar-benar ingin sukses mendapatkan penghasilan tambahan dari aktivitas make money from blogging? Apakah Anda ingin mendapatkan penghasilan $1000 dari aktivitas blogging? Atau apakah Anda membuat dan mengelola blog sekedar sebagai hobi dan kesempatan mengisi waktu terluang? Sesederhana apapun itu, tentukanlah tujuan Anda sendiri. Dengan mengetahui tujuan pribadi Anda sendiri, Anda bisa menentukan apa yang Anda butuhkan dan langkah-langkah apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda. Hanya Anda yang tahu ukuran sukses Anda sendiri.

2. Tentukan Target Monetisasi Anda
Berapa target monetisasi yang Anda rencanakan? $1000 per bulan? $500 per bulan? Atau cukup $100 per bulan? Kapan target monetisasi tersebut ingin Anda capai? Tahun ini? Tahun depan? Dengan menentukan target penghasilan yang Anda dapatkan melalui aktivitas blogging, Anda bisa mengurangi tekanan berlebihan karena godaan ingin seperti si blogger A atau blogger B yang memiliki penghasilan jauh lebih besar dari Anda. Berapa pun besarnya penghasilan yang Anda dapatkan, hanya Anda yang tahu batas besar kecilnya kebutuhan Anda.

3. Fokuslah Pada Minat Terbesar Anda
Barangkali klise, namun demikianlah kebenarannya. Apapun yang Anda targetkan dengan aktivitas make money from blogging, tetaplah berusaha fokus pada apa yang Anda sukai dan ingin Anda lakukan. Anda tidak akan mendapatkan kebahagiaan dengan melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai.

4. Menulislah Berdasarkan Rencana Posting Terjadwal
Dengan memilih menjadi blogger paruh waktu, Anda memiliki keterbatasan waktu. Solusinya, buatlah jadwal terencana untuk menulis berdasarkan posting terjadwal. Panduan ini barangkali bermanfaat. Pertama, buatlah jadwal rencana artikel yang akan Anda tulis untuk 1 minggu ke depan. Kedua, manfaatkan waktu akhir pekan untuk membaca dan mencari sumber-sumber rujukan artikel yang hendak Anda tulis. Ketiga, pergunakanlah waktu 1-2 jam sebelum tidur untuk menulis 1 atau 2 artikel untuk 1 atau 2 hari ke depan. Dengan membuat rencana posting terjadwal, Anda bisa mengurangi tekanan deadline untuk harus meng-update tulisan setiap hari di blog Anda.

5. Evaluasi Aktivitas dan Target Anda
Bersama berkembangnya aktivitas blogging dan make money from blogging yang Anda lakukan secara paruh waktu, lakukanlah evaluasi atas aktivitas dan target yang telah Anda tentukan sebelumnya. Sebagai patokan, barangkali Anda bisa melakukan evaluasi tiga bulanan untuk menilai sejauh mana pencapaian target Anda. Siapa tahu dengan evaluasi tersebut tujuan awal Anda perlu diubah atau disesuaikan dengan kondisi terkini Anda.

Bagaimana menurut Anda? Saya yakin Anda pun memiliki tips-tips tersendiri untuk menyiasati keterbatasan menjadi blogger paruh waktu. Saya senang sekali jika Anda mau menambahkan tips-tips diatas berdasarkan pengalaman Anda pribadi.

Semoga bermanfaat.

(Gambar diambil dari YourSuccess.com)

Medhy Aginta Hidayat
Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo.

Tulisan lain yang relevan dengan posting ini:
Blogguebo: Berbagi Tips Seputar Blogging dan Bisnis Online
17 Blog Pilihan: Blogging dan Make Money from Blog
13 Forum Pilihan: Blogging dan Make Money from Blog


Wah tadinya sih halaman ini sengaja saya buat untuk jaga-jaga klo ada masalah dengan blog mp3abis ku ini tapi ga ada salahnya jika rekan-rekan mau copast isi halaman ini gratis ko li,ayan buat tambah-tambah ilmu, kayanya seru deh klokamu juga punya blog sendiri kaya saya.hahahahah jadi promosi....
ok deh mendingan kalian baca dulu ni isi halaman, klo merasa ada yang perlu di copast, copast deh klo perlu copast aja sekalian...... selamat mengcopast heheheeh